July 29, 2014 — 928 views

Manga Shingeki no Kyojin Sudah Tercetak Sebanyak 40 Juta Eksemplar, Berapa Pendapatan Hajime Isayama?

Pada bulan Desember 2013 lalu diumumkan kalau manga Shingeki no Kyojin sudah dicetak sebanyak 30 Juta eksemplar, dan hanya dalam 8 bulan angka tersebut bertambah 10 juta eksemplar, karena sudah diumumkan secara resmi per tanggal 29 Juli ini manga Shingeki no Kyojin telah dicetak sebanyak 40 Juta eksemplar, angka yang luar biasa, tapi pernah gak sih kalian penasaran… Sebenarnya berapa banyak pendapatan mangaka seri ini, Hajime Isayama dari Shingeki no Kyojin?

Memang belum ada informasi resmi, dan saya ragu bakal diinformasikan secara resmi, mengenai seberapa banyak Isayama mendapatkan keuntungan dari manga besutannya ini. Tapi kita bisa sedikit menebak-nebak namun sebelumnya harap diingat angka-angka dibawah hanyalah asumsi saya belaka, pastinya tidak sesuai dengan angka aslinya.

Menurut mangaka Satou Shuuhou yang merupakan mangaka dari Black Jack ni Yoroshiku, rata-rata mangaka di Jepang mendapatkan royalti sebesar 10% dari harga manga karyanya, mengingat rata-rata harga manga di Jepang sekitar 400 Yen, maka setiap eksemplarnya Isayama akan mendapatkan 40 Yen.

Saat ini Shingeki no Kyojin sudah dicetak sebanyak 40 juta eksemplar, dan dengan asumsi bahwa semua manga itu telah (atau akan) terjual, bisa diperkirakan bahwa Isayama bisa mendapatkan pendapatan sebesar 1,6 Milyar yen atau sekitar 190 Milyar rupiah.

Tentunya asumsi pendapatan tersebut hanya berasal dari royalti manga Shingeki no Kyojin di Jepang, belum termasuk royalti dari manganya di luar Jepang serta pendapatan yang ia peroleh dari lisensi anime dan merchandisenya. Merasa angka ini luar biasa? Mangaka One Piece Eiichiro Oda dikabarkan mendapatkan lebih dari 2 Milyar yen setiap tahunnya dari One Piece, yah sekitar 230 Milyar Rupiah…

sumber: Crunchyroll, hubpages, tokyohive

In Case You Missed It...