July 23, 2014 — 269 views

AFAID 2014, Konser Anisong Ditukar Acara Panggung?

Ketika daftar Konser I <3 Anisong Anime Festival Indonesia 2014 diumumkan timeline fb saya (dan kalau saya lihat juga di timeline facebook fanpage AFAID) dipenuhi oleh komentar-komentar yang menandakan ketidakpuasaan mereka akan pilihan lini penyanyi yang akan tampil tahun ini, kalah seru dibandingkan AFAID 2012 dan 2013.

Saya sendiri menebak ada (banyak?) yang kurang puas karena penyanyi yang manggung tahun ini kebanyakan adalah penyanyi baru dan juga DJ, hanya ada dua penyanyi yang bisa dibilang ‘mahal’ yang satu adalah T.M.Revolution, siapa sih yang gak kenal penyanyi satu ini? Saya yakin banyak diantara pembaca artikel ini juga masih ingat dengan lagu Heart of Sword-nya.

Sedangkan yang satu lagi adalah EGOIST, kenapa mahal? Karena EGOIST dijanjikan akan tampil dalam bentuk hologram dan live motion capture, mirip-mirip konser Hatsune Miku, hanya saja Chelly akan menggunakan semacam motion capture suit sehingga hologram yang akan ditampilkan adalah perform dia secara live, bukan seperti miku yang ‘cuma’ rekaman.

Mungkin cuman SOZO yang tahu alasannya kenapa lini penyanyi I <3 ANISONG menjadi seperti tahun ini, tapi kalau saya diperbolehkan menebak-nebak saya pasang tarohan di, ‘sepi’nya JMF dan Miku Expo. Mungkin setelah melihat dua konser tersebut tahun ini SOZO menjadi sedikit ‘takut’ untuk bawa artis yang mahal, karena toh belum pasti rame. Gak salah juga sih.


kasihan mbak May’n

Hanya saja melihat pengumuman yang mereka sampaikan melalui laman facebook fanpagenya beberapa hari ini, saya kepikiran satu alasan lain, budget acara AFAID 2014 dialihkan ke acara panggung.

Saya datang di AFAID 2012 di JI Expo Kemayoran dan juga di AFAID 2013 di JCC tahun lalu, dari dua acara tersebut jujur saja keluhan saya cuman satu, acara panggungnya gak seru. Saya lebih memilih datang sore-sore aja ketika konser sudah mau mulai toh gak ada yang menarik perhatian saya. Tapi tahun ini berbeda.

Sudah jadi kebiasaan bahwa AFAID akan menghadirkan featured anime, setelah tahun lalu Madoka Magica, Gundam Unicorn dan LoveLive! (saya lupa apalagi, maaf) Tahun ini kita kedatangan anime-anime yang kayaknya kalian sudah gak asing lagi: No Game No Life, Sword Art Online II, Black Bullet, K: Missing King, Gundam Unicorn dan mungkin masih nambah lagi, dan gak cuman itu mungkin ini untuk pertama kalinya (cmiiw?) AFAID akan menghadirkan tokoh dibalik anime-anime tersebut.

Setidaknya sudah ada 3 seri yang diumumkan yang juga akan mendatangkan orang-orang penting dibelakangnya, Sword Art Online II, No Game No Life dan Black Bullet.

Jujur saja tahun ini saya jauh lebih menunggu acara panggung ketimbang konser Anisongnya (walaupun saya pasti ikut jingkrak-jingkrakkan karena GARNiDELiA datang) Karena apa? Karena saya senang orang-orang dibalik serial yang saya suka, No Game No Life dan Black Bullet akan datang ke Indonesia dan mereka akan bisa ngelihat secara langsung sebenarnya seberapa tinggi animo penggemar anime di Indonesia akan serial yang mereka tangani… yang harusnya bisa digarap dengan lebih baik.

Kalau diberi kesempatan saya juga ingin menanyakan ini dan itu, seperti misalnya “Kenapa Black Bullet di episode-episode akhir pacingnya udah kayak metromini yang ngetem tapi abis itu ngegaspol dengan kondisi rem-nya blong?”

Gimana dengan kalian? Lebih nunggu I <3 ANISONG atau acara-acara lainnya di AFAID 2014 ini?

In Case You Missed It...