July 23, 2014 — 1232 views

5 Anime Yang Sebenarnya Iklan Kendaraan

86

Sudah jadi hal umum sih ketika iklan dibuat dalam gaya animasi. Dan anime yang tujuan aslinya untuk mengiklankan sebuah produk itu bukan hal yang jarang. Biasanya sih untuk mainan. Tapi ada juga yang mempromosikan produk lain, seperti kendaraan misalnya.

Berikut adalah 5 anime yang dibuat sebagai ajang promosi mobil dan motor.

Houkago no Pleiades

pleiades

Produksi: Gainax, Fuji Heavy Industries
Genre: Mahou Shoujo
Panjang: ONA 4 episode, film & serial TV TBA
Channel YouTube Resmi: sbrxgx (Subtitle Inggris)

Subaru (Takamori Natsumi) adalah anggota baru dari kelompok mahou shoujo yang beranggotakan Aoi (Ohashi Ayuru), Itsuki (Tateno Kanako), Hikaru (Makino Yui) dan Nanako (Fujita Saki). Misi mereka adalah menolong makhluk Pleiadian (Fujita Saki) pulang ke planet asalnya dengan mengumpulkan “Engine Fragment”. Tetapi mereka dihadang oleh musuh misterius (Kuwashima Houko) yang ternyata begitu familiar bagi Subaru.

Anime tentang mobil yang bahkan mobilnya saja tidak pernah muncul – inilah Houkago no Pleiades yang dianimasikan Gainax bersama dengan Fuji Heavy Industries. Tak kenal? Coba lihat nama tokoh utamanya.

1

Yep, Ganiax memutuskan untuk mengubah mobil-mobil Subaru menjadi alat terbang para mahou shoujo ini. Ya, saya gak bercanda kok. Tongkat yang mereka pakai ke luar angkasa itu sebenarnya adalah komponen transmisi, lalu bagian depannya adalah lampu dan bemper. Ketika diaktifkan tongkat itu mengeluarkan suara mesin.

Anyway, Houkago no Pleiades ternyata memiliki animasi yang cukup bagus dan cerita yang mudah dicerna. Peringatan saja, endingnya khas Gainax loh meskipun nggak bikin rage.

Ada kabar jika Houkago no Pleiades juga akan dibuat versi film dan serial TV tapi hingga saat ini belum ada informasi lebih lanjut.

PES: Peace Eco Smile

pes

Produksi: Studio 4°C, Toyota
Genre: SciFi, Slice of Life
Panjang: ONA 7 episode
Channel YouTube Resmi: Na•Su•Bi -PES (Peace Eco Smile)- (Subtitle Inggris, Perancis, Belanda)

Pes (Kokubun Masato) adalah alien yang datang ke bumi karena kecantikan planet biru ini. Dia datang bersama alien kecil NaSuBi (Yajima Akiko). Tak disangka kapal Pes karam dan menghantam kolam di sebuah taman. Seorang gadis bernama Kurumi (Uchiyama Yumi) hampir saja jatuh akibat goncangan itu, jika saja Pes tak menyelamatkannya.

Pes pun akhirnya tinggal bersama keluarga Kurumi. Ken (Kako Lion), adiknya Kurumi, adalah seorang pecinta okultis dan bersikeras bahwa Pes adalah alien (yang tentu saja benar). Kehidupan Pes membantu di toko bunga Kurumi selalu ramai. Pelan-pelan, Pes pun menaruh rasa pada Kurumi dan bersiap menyatakan perasaannya.

2

Keputusan Toyota memilih Studio 4°C untuk membuat anime PES (bukan Pro Evolution Soccer ya) saya rasa tepat. Studio 4°C memiliki sense yang bagus dalam menganimasikan konsep yang cerah dan cukup psychedelic. Cocok sekali menganimasikan visi Toyota yang sudah mengarahkan produknya menggunakan sumber energi yang lebih ramah lingkungan.

doraemon

Toyota masih punya lagi iklan yang menampilkan karakter Doraemon di umur 30 tahun (dengan Jean Reno sebagai Doraemon!). Iklan pertama adalah untuk campaign ReBORN Toyota, sementara kilan kedua adalah campaign Toyotown bersamaan dengan promosi film Stand By Me: Doraemon. Tapi iklan yang satu ini yang menurut saya cukup manis karena Shizuka membuka perasaannya kepada Nobita.

Selain Jean Reno, tampil pula Tsumabuki Satoshi sebagai Nobita, Mizukawa Asami sebagai Shizuka, Ogawa Naoya sebagai Jaian, Yamashita Tomohisa sebagai Suneo serta Maeda Atsuko sebagai Jaiko.

One Off

oneoff

Produksi: TYO Animations, Honda
Genre: Slice of Life, Iyashi-kei
Panjang: OVA 2 episode

Shiozaki Haruno (Goto Saori) tinggal di sebuah guest house di pegunungan. Dulu, untuk pergi sekolah Haruno harus capek-capek mengayuh sepeda ke kota. Untung setelah naik kelas 2 Haruno sudah memiliki SIM dan bisa pergi naik motor bersama kedua temannya, Bessho Anri (Yahagi Sayuri) dan Kaburagi Sayo (Hayami Saori). Ada satu lagi teman mereka, yaitu Maezono Rie (Kitamura Eri) yang masih kelas 1.

Suatu hari sepulang sekolah, Haruno dkk bertemu dengan seorang pemotor yang menyalip skutik yang mereka kendarai. Rupanya pengendara CBR itu adalah seorang pegawai baru guest house keluarga Haruno, Cynthia B. Rogers (Kobayashi Yuu). Cynthia dengan cepat akrab dengan teman-teman Haruno, sementara dia sendiri seakan menutup diri. Namun pelan-pelan, Haruno mulai bisa menerima kehadiran Cynthia.

3

Dari TYO Animations yang menganimasikan Tamayura, hadir One Off yang merupakan kerja sama dengan Honda. One Off menyajikan nuansa healing lewat cerita yang damai serta soundtrack yang teduh. Tentu beda jika memikirkan tema otomotif yang didominasi balapan. Karena kadang seseorang tidak disebut motorhead karena dia cinta kecepatan, tetapi lewat kehidupannya bersama tunggangan yang ia cintai.

Next A-Class

aclass

Produksi: Production IG, Mercedes-Benz Japan
Genre: Action
Panjang: ONA 1 episode
Channel YouTube Resmi: mercedesbenzjapan (Subtitle Inggris)

Di masa depan, solusi kemacetan dan pertumbuhan penduduk di kota Tokyo adalah konsep city sharing. Struktur kota berubah secara konstan untuk memenuhi kebutuhan penduduk.

Kai Kuniko (Sawashiro Miyuki) baru saja pulang menonton bioskop di hari liburnya. Hari itu rupanya hari sial bagi Nico karena sepedanya ditahan polisi karena parkir sembarangan. Belum lagi Nico melewatkan kesempatan untuk mencoba ramen spesial yang dijual di truk super jreng. Setidaknya sampai Nico bertemu dengan Ganaha Koku (Tsuda Kenjiro) dan Kasuya Makito (Suzumura Kenichi). Ketiga orang yang mencari ramen ini pun mengejar truk itu melintasi kota yang mulai bergerak secara harfiah.

4

Kalau ada anime yang benar-benar mirip iklan, Next A-Class adalah anime itu. Next A-Class dibuat dengan konsep yang sama dengan iklan-iklan Mercedes-Benz. Biasanya merupakan sebuah film pendek berdurasi tak lebih dari 10-15 menit dengan genre bervariasi, dan menghadirkan aktor-aktris terkenal.

Iklan-iklan MB mampu menangkap keindahan mobil mewah produksinya dengan elegan, begitu pula didalam Next A-Class. Detail setiap mobil MB ditampilkan lewat animasi CG yang saya rasa adalah CG mobil terbaik dalam anime hingga saat ini.

Master of Torque

mot

Produksi: Simogumi Inc., Yamaha
Genre: Action
Panjang: ONA 4 episode, season 2 @ Winter 2014
Channel YouTube Resmi: ヤマハ発動機公式チャンネル (Subtitle Inggris)

Tahun 2017, Tokyo sedang membenahi sistem lalu lintasnya untuk persiapan olimpiade tahun 2020. Hyuga Corporation juga turut serta dalam euforia olimpiade dengan mengembangkan sebuah exoskeleton secara diam-diam. Mereka mengklaim bahwa exoskeleton ini bisa mengubah seseorang yang kurang bugar menjadi sekuat atlit profesional. Hyuga Corp. berambisi untuk memonopoli pasar ini.

Master of Torque mengisahkan tentang tiga orang pengendara motor. Amo Dan (Nojima Hirofumi), pegawai kerah putih dari Hyuga Corp. selalu pergi mengendarai motornya di malam hari. Dia dijuluki Zebra dan memiliki keahlian riding yang baik. Akhir-akhir ini ketika melawati jalur 246, Dan selalu dikejar oleh sekelompok rider dengan exoskeleton yang dipimpin Hyuga Kotaro (Ogino Seiro), penerus dari Hyuga Corp. Lalu kisah keduanya diburu oleh Mikage Makina (Enomoto Atsuko), reporter freelance yang juga memiliki motor. Kisah mereka bertiga kemudian menyatu dalam sebuah plot tak terduga.

5

Dianimasikan oleh Simogumi Inc. yang sepertinya relatif baru, Master of Torque sebenarnya memiliki adegan-adegan yang bagus. CG nya juga lumayan, mampu menangkap sense of speed ketika mengendarai motor.

Sayangnya anime yang diprakarsai Yamaha ini terlihat berbudget rendah. Beberapa animasi kurang konsisten antara animasi cel 2D biasa dengan CG (belakangan episode 2 keatas menjadi full CG seperti Arpeggio). Plotnya juga kurang begitu masuk akal dan meninggalkan banyak lubang. Tapi jika hanya menonton untuk motor dan aksinya saya rasa tak ada masalah. Setidaknya Master of Torque akan memiliki season 2 yang akan tayang di season winter tahun ini. Mudah-mudahan ada penjelasan yang konrit untuk plothole ini.


Referensi

  • AMH Magz
  • ANN

In Case You Missed It...

safe_image

[Trending] Fenomena #Illyadance

aaa40

[Review] Kantoku Fuyukitodoki – Suka Duka Menjadi Istri Sutradara Evangelion

HorribleSubs-Gin-no-Saji-S2-03-480p.mkv_snapshot_22.17_2014.01.25_20.36.08

Ketika Seorang Fan Memiliki OTP

tumblr_nb8mgiq49h1tl0wlco1_500

Invasi rakun di cafe Gekkan Shoujo Nozaki-Kun

10641277_811039502282173_7775528796546114108_n-1

[Event Report] Comic Frontier 4

God-eater-2

Upcoming game for Gamer!