July 21, 2014 — 884 views

[3 Episode Review] Barakamon

Terkadang hal bagus itu memang kita temukan dengan tidak sengaja. Contohnya adalah anime berjudul Barakamon ini. Awalnya, Barakamon tidak masuk ke dalam watch list saya untuk musim ini. Namun akhirnya saya memutuskan untuk mencoba karena kekurangan genre comedy. Saya tertarik setelah membaca sinopsis ceritanya, dan yang saya dapatkan benar-benar jauh dari kata kecewa.

STORY SUMMARY

Episode 1

Seorang ahli kaligrafi bernama Handa Seishuu adalah sosok yang memiliki harga diri tinggi dan menganggap hasil karyanya sudah bagus. Namun, seorang ahli kaligrafi senior mengatakan bahwa karya kaligrafi Handa terlalu kaku dan membosankan. Tak terima dengan perkataan si kakek, Handa langsung melayangkan bogem mentah dan sepatunya.

Akibat dari perbuatannya, Handa disarankan untuk hidup di kampung yang terletak di sebuah pulau kecil agar dia bisa introspeksi diri dan meningkatkan kemampuan kaligrafinya.

Bukannya ketenangan yang Handa dapat, ia malah bertemu seorang bocah nakal bernama Kotoishi Naru yang senantiasa mengacau di tempat tinggalnya. Tak hanya Naru, penduduk-penduduk desa yang lain juga turut meramaikan kehidupan Handa disana.

Episode 2

2 cewek SMP bernama Miwa dan Tamako ikut-ikutan Naru untuk mengusik ketenangan Handa. Nampaknya rumah yang ditinggali Handa saat ini merupakan markas mereka sebelum kedatangannya. Tokoh lain yang akan sering mampir ke rumah Handa adalah anak kepala desa bernama Hiroshi. Kemunculan Hiroshi dinilai oleh kaum fujoshi wanita dapat menambahkan bumbu-bumbu romantis bagi mereka. Handa yang terus begadang untuk latihan kaligrafi, kekurangan makanan, ditambah gangguan warga sekitar akhirnya jatuh sakit.

Episode 3

Handa yang kehabisan tinta hitam untuk menulis kaligrafi memutuskan untuk pergi mencari toko yang menjual tinta. Di toko, Handa bertemu Tamako yang ternyata juga sedang mencari tinta hitam. Tamako berkata bahwa ia membutuhkan tinta untuk menulis manga dan meminta pendapat Handa tentang manga hasil karyanya. Disinilah Handa menemukan sisi lain dari Tamako.

Di kemudian hari, Handa kembali diterpa nasib buruk setelah kaligrafi karyanya gagal untuk menjuarai sebuah kompetisi. Untuk menghibur Handa, Naru mengajaknya untuk ikut sebuah acara menangkap kue mochi.

PROS AND CONS

(+) Comedy

Saya sampe capek setelah menonton episode ke-3 dari Barakamon karena terlalu banyak ketawa. Tak salah saya mengambil anime ini sebagai satu-satunya anime komedi untuk musim panas 2014. Mulai dari tingkah kocak Naru, reaksi-reaksi Handa akan keunikan disekitarnya, sampai hal-hal tidak terduga yang selalu berhasil memicu gelak tawa saya.

(+) Slice of Life

Barakamon tak hanya menyuguhkan komedi, tetapi juga memasukkan unsur-unsur konflik yang dihadapi oleh Handa. Ia selalu merasa bahwa karyanya belum sesuai harapan dan akhirnya mendapat pukulan berat setelah gagal menjuarai sebuah kompetisi. Namun orang-orang disekitarnya selalu siap untuk membantu dan memberi pelajaran-pelajaran berharga.

(+) Characters

Karakter-karakter di Barakamon ini unik-unik. Selain beberapa yang sudah saya sebutkan di atas, karakter-karakter lain yang meramaikan kehidupan Handa semua berpotensi untuk menarik perhatian penonton. Sebut saja Hina-chan, gadis cilik seusia Naru yang menangis saat sedih dan menangis lebih keras saat senang. Bingung? Handa juga kok.

(+) Hara Suzuko

Siapa tuh? Dia adalah seiyuu dibalik suara kekanak-kanakan Naru. Dan ternyata memang anak-anak beneran. Seorang anak kecil yang memerankan karakter anak kecil. Hal ini membuat suara Naru terasa alami karena bukan suara orang dewasa yang dibuat-buat seperti anak kecil. Saya berharap Jepang dapat menemukan lebih banyak seiyuu-seiyuu cilik berbakat seperti Hara Suzuko. Great job kid!

(-) Background

Mungkin ini satu-satunya yang saya rasa agak kurang dari animasi Barakamon. Gambar background untuk saya terasa terlalu simpel dan kurang men-detail. Saya tidak minta background yang secemerlang buatan P.A.Works (Angel Beats, Nagi no Asukara, Glasslip) atau CoMix Wave (Makoto Shinkai coy), tapi tetap merasa bahwa background di Barakamon perlu ditingkatkan kualitasnya.

Kesimpulan : Kandidat anime terfavorit saya season ini. L A N J U T!

Temuan Menarik :