September 27, 2014 — 318 views

[Review] Tales of Xillia 2

 photo TOX2-Group-1.jpg

Tales of Xillia 2 adalah sekuel dari Mothership Title (seri utama) yang ke-13, Tales of Xillia. Dibandingkan dengan game terakhirnya, Tales of Xillia 2 merupakan tanggapan dari feedback prekuelnya, dan berhasil menyampaikannya secara baik.

Sinopsis:


 photo tox2_06212012_14.jpg
Cerita ini terjadi satu tahun setelah peristiwa-peristiwa di Tales of Xillia. Tokoh utama baru, Ludger Will Kresnik adalah seorang agen di Spirius Corporation, diterima setelah peristiwa yang terjadi dalam salah satu kereta api yang dibajak. Pada saat itu, ia bertemu dengan seorang gadis kecil bernama Elle Mel Marta, mengajak Ludger dalam perjalanan ke Land of Canaan, dan Jude Mathis, tokoh utama dari prequelnya.

Selama perjalanan ke Canaan, Ludger diperintahkan oleh Spirius Corp. untuk mencari catalyst dalam fractured dimension (ke Alternate Universe). Dengan bantuan Alvin, Leia, Rowen, Elize, Milla, jugapun Gaius dan Muzet, yang pernah berperan sebagai antagonis utama di TOX1.

Gameplay:


 photo tales-of-xillia-2-screenshot-03a-ps3-us-05jun14.jpg

TOX2 merubah beberapa mekanisme dari game seri Tales sebelumnya. Salah satunya adalah sistem Debt, untuk setiap menagih utang yang dicantumkan, ceritanya akan berprogres. Gald di game ini lebih mudah dan lebih banyak didapatkan dibandingkan dengan Tales yang lain, yaitu melalui “Job Board” yang bersifat sebagai side-quest jadi tidak usah bolak-balik cari NPC, jugapun Elite Monster, untuk mencari Monster yang berada di field.

Battle gameplay lebih improved, tetap mantap dan fluid. Dengan adanya linked system untuk sinkronisasi dengan party member. Ada beberapa elemen di battle yang dihilangkan dari TOX1, seperti party member switch.

System level-up diubah, yang sebelumnya Lilium Orb, diganti dengan Allium Orb, menjadi lebih simple untuk mengupgrade atau menambah skill dan artes baru.

Story:



Sampai sekarang, game ini dianggap yang paling “darker and edgier” daripada Tales sebelumnya. Walaupun ada Character Episode dari masing-masing character, Main Chapter ini lebih terfokus di Ludger dan karakter-karakter baru yang ada di TOX2.

Visuals:


 photo Tales-of-Xillia-2.png
Secara grafis, animasi cutscene fast-paced action sangat menarik, . Isu in-game merupai framerate menurun jika di dalam suatu kota yang ramai atau pada saat battle, jugapun elemen-elemen recycled dari TOX.

Anime FMV cutscenes oleh ufotable jugapun menarik dari segi visualnya.

Sound:



Karena English version, voice acting ada sedikit improvement, tetapi masih saja tetap cheesy dan sedikit off, dan ada beberapa yang kurang pas dengan Japanese voice counterpart. Soundtrack di game ini cukup menarik, tetapi hanya sedikit tambahan

Replayability:



Tidak mengikuti tradisi linear dari Tales lain, TOX2 menyediakan 5 ending. Karena Ludger diperankan sebagai semi-silent protagonist, ada banyak pilihan dialog dalam cutscene, yang mengafeksi salah satu party member atau dalam alur ceritanya. Full voicenya bisa diunlock pada saat New Game+. Side quest/Job disediakan banyak hingga hampir tidak terbatas, untuk melunaskan Debt di game ini secara cepat.

Final Verdict:



+Sistem side-quest yang baru

+Fluid combat

-Beberapa elemen yang direcycle

-Sistem debt, walaupun lebih mudah dapat gald

Score: 8/10