July 19, 2014 — 1272 views

Bikin Figure Pose Gimana Lagi Hari Ini?

Ada di antara kalian yang ngoleksi perangko? Pengen tau gimana cara ngerawat koleksi kalian biar awet? Pengen liat perangko-perangko langka dari seluruh dunia? Kalo begitu maaf karena artikel ini bukan buat kalian, jelas-jelas dari judulnya udah ketauan ini artikel tentang action figure /dikeplak

OK, jadi ini artikel buat kalian yang ngoleksi action figure, suka pose-posein figure kalian, suka foto-fotoin figure kalian, tapi lagi bingung kenapa kalian belum punya pac— eh maksudnya lagi bingung mau posein figure kalian kayak gimana lagi. Di artikel ini saya akan mencoba memberi sugesti (tenang, anda gak perlu natap mata saya, karena saya juga males natap mata anda) untuk memaksimalkan poseability figure kalian dengan tema-tema posing yang semoga bisa membantu kalian mendapat inspirasi, bukan mendapat nomor togel. Sayang kan produsen-produsen figure sekarang udah bikin joint engineering yang makin bagus dan aksesori yang menarik di tiap figure mereka tapi gak kita gunain semaksimal mungkin? So, langsung aja nyok lanjut ke tema pertama~

1. Signature Pose

Pertama-tama kita mulai dari yang basic dulu. Hampir kebanyakan dari kita beli figure karena suka dengan karakternya dan udah tau signature pose/pose khas mereka, sehingga pose itulah yang dijadikan pilihan buat pertama kali foto atau display figure bersangkutan. Kebanyakan signature pose ini dijadikan sebagai promotional image yang bisa dilihat di box figure, memudahkan buat jadi acuan kita dalam memposekan figure. Pun jika si karakter punya signature pose lain, buat fans yang udah nonton/baca serialnya akan mudah untuk mereka ulang pose tersebut.

Meski tema ini ‘biasa banget’, kadang ada signature pose yang cukup sulit dibuat, atau seenggaknya sulit keliatan dibuat sekeren yang kita liat di tayangannya, yang biasanya memang karena engineering figure tersebut kurang memungkinkan buat nge-reenact signature pose secara sempurna.

2. Original Pose

Tapi ada kalanya figure yang kita beli itu kita gak kenal karakternya, entah dibeli karena suka desainnya, ada aksesori/part menarik yang akan kalian pakaikan ke figure karakter favorit kalian, atau kalian cuman kebanyakan duit jadi gak tau mau dibeliin apa lagi. Karena gak kenal karakternya inilah kita gak tau kepribadian si karakter atau signature pose-nya selain dari yang ada di box, jadi kita pun seenak udel aja moseinnya. Atau si karakter memang gak punya signature pose khas, di mana umumnya ini terjadi untuk karakter dari serial genre slice-of-life.

Tapi di satu sisi ini bisa membuat kita lebih bebas dan kreatif dalam membuat pose dan menggunakan aksesori/gimmick yang disertakan karena gak terpaku dengan image kita akan si karakter.

3. Reenact Memorable Scene

Mirip-mirip sama tema pertama, tapi untuk yang kali ini lebih ke scene tertentu yang saking epiknya, scene itu ngegelotok di otak kalian dan melibatkan lebih dari 1 karakter, walau kadang ada juga scene memorable yang cuma ngelibatin 1 karakter.

Terkadang kalau memang sangat memorable, biasanya si produsen memberi aksesori dan/atau part agar kita bisa melakukan reka ulang scene itu, atau malah membuat fixed/non-articulated figure (PVC, prize figure, trading figure, resin, etc) dari scene tersebut. Buat saya pribadi jadi tantangan untuk melakukan reenactment dari suatu scene dengan action figure daripada beli fixed figure yang langsung jadi <– bilang aja kere!

4. Pose Out-of-Character

Bosan terpaku dengan pose-pose yang ada di acara si karakter? Nah saatnya kita matiin akal sehat kita dan mulai thinking out of the box dengan ngerusak image si karakter. Buat karakter hero ngelakuin aksi banyol, si penjahat bergaya unyu, si cewek moe ngedarin ganja, pokoknya seajaib mungkin yang bisa kalian pikirkan. Cuman hati-hati kalau kemudian kalian posting foto pose OOC ini di forum komunitas atau blog kalian, karena ada kemungkinan kalian bakal dicela para hardcore fans karakter tersebut <– pengalaman pribadi

5. Pose Sehari-hari

Pose sehari-hari? Maksudnya kayak lagi nelpon, ngepel, makan, ato kegiatan boring lainnya itu? Yes.

Kalau dilakukan ‘karakter normal’ mungkin jadinya biasa-biasa aja, tapi gimana kalau kegiatan ini dilakukan oleh para superhero, kaijuu, atau entitas fiksi lainnya? Para Ultraman lagi tumpengan atau para Avengers lagi selfie contohnya? Menarik kan? Please bilang iya biar saya seneng.

Tapi tentu buat kalian yang cuman ngoleksi figure superhero atau supervillain harus mengeluarkan kocek lebih buat beli figure yang menyertakan aksesori alat sehari-hari tersebut, atau membeli miniatur yang punya skala sama dengan figure yang kalian miliki, karena biasanya figure superhero/supervillain amat sangat jarang memberikan aksesori peralatan sehari-hari.

6. Parodi

Menyadari ada kecocokan/kesamaan antara figure yang kalian miliki dengan karakter lain dari anime, manga, video game, tv show, atau media lainnya? Kenapa gak dibuat parodi aja masbro-mbaksis?

Mungkin perlu sedikit editing dengan Photoshop atau software lain seperti contoh di bawah, tapi kalian juga bisa memakai app gretongan ataupun yang berbayar di smartphone kalian untuk proses editing yang lebih mudah dan cepat bila tidak dibutuhkan editing yang terlalu advance.

7. OTP & Romance

Tema ini juga sebenarnya bisa dimasukin ke nomor 5, tapi berhubung saya cowok galer– err, maksudnya cowok galau, tema romance ini jadi salah satu tema foto yang saya sukai ketika melakukan posing figure.

Kalian juga toh pasti punya OTP masing-masing dari suatu serial kan? Baik yang berakhir bahagia, tragis, ato cuman ngegantung gajebo (coughharemanimecough); nah kalian bisa bikin kelanjutan cerita cinta pertama kurasa, jangan pernah akhir cerita cinta kita OTP favorit kalian lewat figure, atau mungkin ada yang mau nge-NTR official pair dengan OTP kalian saking dendamnya ending suatu serial gak berjalan sesuai harapan kalian? Bisaa~

8. Part Swap/Kit Bash

Bosan dengan penampilan figure kalian yang begitu-begitu aja? Saatnya part swap dengan figure lain!

Lini action figure yang menonjolkan gimmick part swapping sebagai main selling point-nya yang paling populer adalah Nendoroid, tapi ada juga lini lain yang bisa melakukan part-swapping ini seperti contohnya lini Super Robot Chogokin dari Bandai yang belakangan menonjolkan gimmick Infinity Joint-nya. Tapi part swapping ini juga bisa dilakukan antar lini yang berlainan lho. Contohnya antara figma, SHFiguarts, dan Revoltech yang umumnya memiliki skala yang sama dan joint yang sedikit mirip. Kalaupun memang tidak terlalu pas, kalian bisa memakai blu-tack untuk membantu merekatkan part tersebut.

Tapi jangan lupa hati-hati ketika melepas part tertentu figure kalian, karena ada beberapa part yang dibuat tidak untuk dilepas pasang, jadi tolong jangan tuntut saya kalau figure kalian kenapa-kenapa, mending tuntut saja ilmu meski ilmu itu juga tidak bersalah.

9. Crossover

Salah satu yang bikin ngoleksi figure itu asik, terutama antar lini/seri, adalah kita bisa bikin crossover impian kita yang mustahil terjadi (karena masalah lisensi terutama) menjadi nyata.

Pernah mimpi melihat Gipsy Danger-nya Pacific Rim melawan Godzilla, para Pretty Cure team-up dengan Sailor Senshi, Deadpool ngerusuh bareng para Imajin-nya Den-O, atau lainnya? Kalau pake figure udah jelas gak perlu mimpi lagi! Tapi ya selama itu tadi, kalian sanggup nyewa tuyul buat beli banyak figure karakter beda seri/lini.

10. Interaksi Dengan Benda Lain

Tema yang ini jadi salah satu yang menurut saya paling bagus untuk membuat figure kalian seolah-olah hidup. Posekan figure kalian dengan benda lain, seperti makanan atau televisi, atau bahkan mahluk hidup seperti binatang piaraan kalian atau malah kalian sendiri. Tapi hati-hati kalau beneran mau diposein dengan binatang peliharaan atau makanan kalian, salah-salah pose nanti figure kalian hilang keseimbangan dan nyemplung ke makanan, atau malah dijadiin mainan oleh binatang peliharaan kalian.

11. Meme/Reaction Images

Sering posting meme atau reaction image ketika menulis komentar di image board, forum, atau Facebook? Nah biar sedikit beda dengan orang lain, kalian bisa bikin ulang reaction image yang sudah ada, atau malah bikin reaction image yang benar-benar baru, dengan figure kalian. Cukup banyak figure yang punya facial expression nggilani yang bisa kalian jadikan reaction image dalam komentar kalian.

12. Komik

Pasti banyak juga di antara kalian yang punya ide bikin komik atau joke untuk dijadikan 4koma, tapi karena gak bisa gambar (pengalaman pribadi banget) jadilah ide itu terpaksa dipendam, layaknya cinta kalian kepada cem-ceman kalian waktu itu (ini pengalaman pribadi juga bukan yaa…). Lagi-lagi solusinya adalah, bikin aja pake figure! Ya jelas pake figure, karena artikel ini kan lagi ngomongin figure.

13. Augmented-Reality App

Tema yang ini baru kepikiran beberapa hari yang lalu ketika saya mencoba app “Mikuture”. Ternyata asik juga lho mengkombinasikan app ini dengan figure photography, walau memang cukup makan waktu juga untuk bikin yang pas. Ada yang mau ikut nyoba, atau mungkin mau rekomendasi app AR lain?

Yak, itu dia tema-tema yang bisa saya kumpulkan sejauh ini sebagai bahan ide dan inspirasi untuk teman-teman kolektor yang senang memfoto koleksi-koleksinya. Tentu masih ada tema-tema lain yang bisa kita eksplorasi seperti bikin hentai kayak Monster Hunter no Kamasutra Hon berikut misalnya, atau kalian bisa menggabungkan beberapa tema di atas dalam satu foto, jadi yang terpenting tetap berimajinasi dan kreatif, dan terutama have fun!

Anki, over and out~!!

In Case You Missed It...

10522106_1518825281663097_3524084083691231352_n

[Circle Spot] crafTUNER

end

Bikin Figure Pose Gimana Lagi Hari Ini?

aldnoahz

[First Impression] Aldnoah. Zero

HorribleSubs-Mekakucity-Actors-06-1080p.mkv_snapshot_20.48_2014.05.18_04.07.32

HaruTaka, dan kenapa mereka OTP saya.

Untitled-1

[Review] route0: Painting – Nostalgia Idol Anak Tahun 2003

cover

The Power of Emak-Emak is REAL!