December 28, 2017 — 900 views

[Prof Review] Blend S

SMILE

SWEET

SISTER

SADISTIC

SURPRISE

SERVICE

SEASONAL ANIME THAT YOU WILL FORGOT IN NEXT SEASON

image

Blend S adalah meme.
Meme anime yang mewarnai awal season fall 2017 kemarin
Meme yang membuat anime ini menjadi dikenal oleh banyak kalangan, baik di Jepang maupun penonton di luar Jepang.
Bahkan youtuber sekelas pewdiepie pun ikut bergabung dalam trend ini.
Tapi apakah anime ini populer hanya karena meme nya saja, atau memang menarik untuk diikuti.
Saya Prof, dan ini adalah review saya untuk anime Blend S.

BLEND S?

image

Blend S bercerita tentang Maika, seorang gadis SMA yang memeiliki sebuah ketertarikan unik kepada hal hal yang berbau luar negeri.Hal ini membuatnya ingin berangkat ke luar negeri dan belajar disana dengan uang yang ia dapat dengan hasil kerja sendiri. Namun, sangat disayangkan setiap permintan kerja paruh waktu dan wawancara yang ia ikutin selalu gagal dan ditolak.Hal ini dikarenakan Maika memiliki mata yang menyeramkan, membuat hal-hal yang ia lakukan sering disalah artikan oleh orang lain.

Sedih karena hal ini Maika mencoba untuk terakhir kalinya melakukan wawancara pekerjaan. Dan seperti takdir itu sendiri, ia tidak sengaja bertemu dengan Dino, seorang Italia yang sudah lama tinggal di Jepang dan membuka cafe bernama Stile. Cafe dimana setiap pelayannya memiliki karakter masing masing yang didasarkan dengan karakter anime. Jatuh hati ke Maika, Dino pun menawarkan Maika untuk bekerja di cafenya. Menggunakan kelebihan (/kekurangan) mata Maika yang menyeramkan ia menjadikan Maika pelayan baru di cafe tersebut sebagai karakter sadist.

EKSEKUSI

Blend-S terasa hambar. Iya, Blend-S adalah salah satu dari working genre anime, genre anime yang menceritakan tentang kehidupan dan romansa di tempat kerja. Genre yang sudah seri ng digunakan beberapa kali dalam anime, menghasilkan beberapa anime hit yang menarik untuk diikuti. Dan disinilah Blend-S kalah. Blend S hampir tidak menarik bahkan membosankan untuk ditonton dalam 12 episode nya. Setiap karakter yang ada di Blend S hampir semua dapat ditemui di anime lain bahkan sampai ke sifat sifatnya. Hal hal yang terjadi dan interaksi antar karakter semuanya dapat ditemukan dalam anime slice-of-life lain j. Ini membuat Blend-S seperti kumpulan dari tropes anime.

image
Blend-S seperti kumpulan dari tropes anime

Blend-S memainkan hal bahwa para pekerja di cafe tersebut memiliki karakter yang berkebalikan dari karakter asli mereka. Kaho yang pemalu, memainkan karakter Tsundere. Mafuyu yang sadist memainkan karakter Imouto, Maika yang baik hati memainkan karakter Sadist dsb.

image
Mafuyu yang sadist memainkan karakter Imouto

Hal ini menarik untuk di eksplorasi, bagaimana mereka membagi dua antara acting dan karakter asli mereka. Sayangnya, anime ini seperti membuang potensinya sendiri. Dalam perjalanan saya menonton anime ini hanya beberapa kali saja hal ini digunakan, lalu dilupakan. Interaksi yang lebih banyak terjadi diluar jam kerja membuat karakter Blend-S lebih sering menggunakan karakter aslinya menjadikan anime ini jatuh seperti anime generik lainnya.

image
karakter Blend-S lebih sering menggunakan karakter aslinya

Satu satunya humor yang mereka pertahankan adalah bagaimana Maika dengan mata seramnya membuat orang salah mengira ia Sadist. Iya, humor ini bekerja untuk awal-awal episode tapi mereka terus mengulangi hal ini. Mereka mengulangi lelucon yang sama tentang Maika, berulang-ulang dalam 12 episode hingga lelucon ini mulai terasa mengganggu dan tidak lucu lagi. Terasa seperti sang penulis tidak tahu bagaimana membuat membuat Maika menarik dalam hal lain.

image
Mereka mengulangi lelucon yang sama tentang Maika, berulang-ulang

Dan jangan membuatku memulai dalam obsesi Maika untuk luar negeri. Obsesi, karena menontonnya benar benar membuat saya geli terhadap Maika. Maika, yang saat kecil jatuh cinta dengan tamu dari luar negeri menjadi terobsesi. Dia memandangi patung KFC selama berjam-jam dan ingin menyemir rambutnya saat kecil. Hal ini terbawa sampai ia bertemu dengan Dino. Dan disinilah kesukaan Maika mulai terasa menggelikan. Maika yang mendambakan hal ini menjelaskan karakter fisik Dino seperti hal yang luar biasa. Mereka menganggap ini seperti lelucon lain. Tapi tidak. Itu tidak lucu. Obsesi terhadap fisik orang lain bukanlah hal yang lucu.

Obsesi maika terhadap hal ini berasa menggelikan bahkan menjijikkan. Membuat sangat sulit untuk ditonton. Hal ini tidak terasa seperti humor dan aneh.

Eksekusi Blend-S berakhir cukup buruk.

OUR LORD AND SAVIOR HIDERI-CHAN

image

Berusaha menonton anime ini dan hampir merasa bosan, anime ini seperti diselamatkan oleh hadirnya karakter baru Hideri Kanzaki. Hideri adalah seorang trap, yang baru bergabung dengan Stile di episode 8. Tapi ini adalah perbedaan Hideri dengan karakter lainnya. Dia terasa original dan fresh.

Penggambaran trap dalam anime sering ditunjukkan dalam bentuk laki laki feminim yang membuat penonton mempertanyakan seksualitasnya. Tapi Hideri berbeda. Hideri bertingkah dan berperilaku seperti layaknya laki-laki pada umumnya. Dan inilah yang menarik dari Hideri. Selama episode berjalan Hideri lebih dekat dan sering berinteraksi dengan cast laki -laki di Stile, dia memberikan tips percintaan yang payah seperti laki-laki, ia sering berbicara dengan suara aslinya. Dan ini yang membuat karakternya begitu menarik.

Hideri menggambarkan dengan tepat bagaimana karakter Blend-S seharusnya. Dua karakter yang bertolak belakang dalam Hideri sering dimainkan. Bagaimana Hideri yang menggunakan karakter idol-nya sering lepas kendali dan memecahkan karakternya menunjukkan sifat aslinya ketika bereaksi dengan karakter lain. Dia terasa seperti penggambaran baru dalam karakter trap, dia seperti laki-laki yang hanya hobi untuk crossdress dan bertingkah imut.

image
Dia juga menjadi meme baru

Dia seperti sangat berbeda daripada karakter lain yang terasa seperti template karakter anime pada umumnya.

END RESULT

Blend S adalah anime generik. Ini adalah anime yang kamu tonton di akhir pekan untuk bersantai dan menghabiskan waktu. Tidak banyak karakter yang menarik,cerita yang tidak jauh berbeda. Nikmati jika tertarik dengan genre yang sama, atau lewati jika tidak terlalu tertarik.

Blend S adalah anime seasonal yang ketika lewat akan dilupakan saat penontonnya move on ke anime season berikutnya.
Pada akhirnya Blend S is Bland.

Untuk rekomendasi saya merekomendasikan Working!! Seluruh 3 seasonnya. Menceritakan komedi romansa di restoran seperti Blend S dan dengan humor yang lebih menarik dan lucu. Dan juga Denki gai no honya san. Menceritakan pegawai toko buku otaku di akihabara walau juga memiliki kelemahan pada karakter sama seperti Blend S, serial ini memiliki vibe otaku ish yang sama.

In Case You Missed It...