December 10, 2017 — 529 views

Review : Net-Juu no Susume (Recovery of an MMO Junkie)

Haiii…!!!

Udah agak lama gak ngepost disini, yah karena berbagai alasan dan juga belum ada seri yang bener-bener bisa bikin gw sendiri dapetin “Alasan” untuk menulis reviewnya.
Namun kali ini sih, kebetulan ada sebuah anime yang berjudul [Net-Juu no Susume], yang memberikan gw alasan cukup kuat untuk menulis reviewnya.

Deskripsi singkat tentang anime ini :
“Seorang wanita berumur 30 tahun,Morika Moriko yang keluar dari kantornya menjadi seorang NEET, demi memuaskan hastratnya untuk bermain MMO. Ketika dia sedang mencoba bermain sebuah game yang bernama “Fruit de meire”, dia bermain sebagai karakter laki-laki tampan yang bernama Hayashi, dan bertemu dengan seorang karakter cantik bernama Lily.”

Storyline :
Storyline disini dikemas dalam bentuk yang cukup sederhana namun tetap memiliki kesan klasik, terutama untuk para gamer yang udah berumur sekarang ini.
Di anime ini sendiri lebih banyak porsinya berada diIRL dari pada digamenya sendiri, dan menjelasan siapa sih Morika Moriko ini, dan sedikit tentang masa lalunya sendiri.

A Fate Encounter

Bagian yang menjadikan anime ini menarik adalah ketika Morioka masih beginner digame tersebut dan bertemu dengan seorang karakter cantik yang bernama Lily.
Mulai dari sini developing cerita menjadi semakin intense yang dilengkapi dengan berbagai kejadian lucu di IRL sampai dengan akhirnya Morioka sendiri bertemu dengan the real Lily, di IRL.

Hode meets Hode, but in the end their swapping gender in game

Setelah fate encounter, ternyata persahabatannya dengan Lily membuat Morioka merasa sangat nyaman, bahkan dia tidak peduli kalau dibalik lily itu siapa. Sampai dengan kejadian yang paling ngebuat gw merasakan feel, Hode meet hode in the end their swapping gender in game.


Morioka in real life


Morioka as Hayashi in game


Sakurai Yuta in Real Life


Sakurai Yuta in MMO

The Red Line has meeting them in unexceptional situation

Kalian masih percaya dengan “Benang Merah ?”,
disini bisa dikatakan bahwa pembawaan ceritanya sangat erat berkaitan dengan “Benang Merah” yang dipercaya oleh banyak orang Asia sebagai takdir, Bermula dari rebutan potongan ayam goreng disalah satu combini, sampai dengan Sakurai tanpa sengaja Elbow kepala si Morioka, yang membuat dia pingsan.

Music :
OP : Saturday Night Question (サタデー・ナイト・クエスチョン)” by Megumi Nakajima

Sebuah opening yang sangat bersemagat, namun walau begitu terdapat keraguan yang selalu menghantui, sangat cocok sebagai lagu pembuka dari anime ini sendiri, karena Morioka sendiri sangat meragukan dirinya sendiri dan akhirnya mencoba lari dari kenyataan dan menjadi seorang neet, yang akhirnya dia menemukan sesuatu yang tidak pernah ia rasakan di dunia real, walau pada akhirnya dia merasakan itu semua di real lifenya juga.

ED :Hikari, Hikari (ひかり、ひかり)” by Yuuka Aisaka

Ending song yang masih terus menyisakan keraguan dihati, namun ketika cahaya harapan datang maka jangan takut untuk mengambil 1 langkah maju.
sebuah ending yang bisa menceritakan tentang kehidupan Morioka setelah dia bertemu dengan lily digame maupun didunia nyata, Sakurai Yuuto.

Summary :

Sebuah anime yang awalnya gw jadikan filler, ternyata memiliki sebuah arti yang cukup dalam bagi gw sendiri,
setiap orang yang terpuruk itu membutuhkan bantuan dari sekitarnya, namun ketika sekitarnya tak bisa memberikan bantuan, maka kita bisa berlari kedunia maya, namun manner dan etitute mesti terus diperhatikan juga lhoo…
tidak asal sembarangan ngepost atau curhat gitu juga ahaha…
Morioka sendiri pun mengalami hal yang sama, namun ketika teman online terasa lebih dekat dari tetangga rumah, pada akhirnya kita juga akan menceritakan masalah kita kepada mereka yang kita tidak pernah ketahui siapa dibalik karakter tersebut.
Namun itu lebih baik dari pada berfikir untuk bunuh diri, sayangnya dunia pergamean lokal sedang tidak bagus, ufufufufuf….
akhir kata gw mau quote kata-kata dari seseorang :

“Love is just a word, until someone come and giving it a meaning”

  • http://www.beritainfo.web.id/ Olivia

    ceritanya agak kayak re life, tapi cukup menarik untuk di tonton. thanks reviewnya

In Case You Missed It...