April 14, 2017 — 49 views

Review J-Mobage :BanG Dream! :Girls Band Party (BANDORI)

Yo… ketemu lagi dengan saya, HimeNaa~

kali ini bukan ngebahas tutorial lagi walau part 2 dari tutorial reverse translating masih dalam tahap pembuatan juga.

Kali ini sih mau ngereview sebuah game mobile bergenre rythem, BanG Dream! : Girls Band Party. Sebuah mobage yang sudah bisa ditebak hanya dengan melihat judulnya saja,sebuah game dengan musik sebagai unsur utamanya, yup rythem game.

Bagi kalian yang belum tahu, game ini juga sudah ada anime dengan judul yang sama lhoo…, Bang Dream!, yang masih tayang sampai saat ini.
Didalam animenya sendiri bercerita tentang seorang gadis SMA yang bernama Toyama Kasumi yang cukup essentrik, dimana ia memiliki gaya rambut yang cukup membuat saya diawal serinya merasa skeptis, apakah anime ini cukup bagus untuk ditonton sampai akhir?. Namun semua itu terbayarkan sudah, setelah melihat progress yang cukup bagus dalam beberapa episode kedepannya, seorang gadis SMA biasa yang tertarik dengan bintang-bintang, setelah ia melihat pemandangan bintang dilangit malam yang cukup indah dan berhasil membuat hatinya merasa deg-degan, dan cahaya berkialuan dilangit menjadikannya sebuah tata cahaya yang berbeda sendiri.
Singkat cerita sih, Kasumi tanpa sengaja menemukan gitar yang berbentuk bintang dan mulai bermain musik dengan keempat anggota yang lainnya.
Dan juga yang menarik adalah sebuah project lintas dimensi, dimana band 2D dan band Real dijadikan satu~

Tapi didalam mobage ini sendiri, ceritanya mengambil latar yang lebih jauh dari animenya sendiri,
didalam mobage ini kita (player) akan menjadi seorang staff disebuah live studio yang bernama “circle”, dan disana juga kita akan menghandel sebuah event live yang akan diadakan disana, tugas player dalam game ini sendiri adalah mengumpulkan girls band yang ingin tampil didalam festival tersebut.

score yang saya berikan kepada game tersebut, dari sudut pandang saya sebagai seorang gamer.

Enjoyment : 7.5/10

Dalam bermain game ini player bisa sangat enjoy dikarenakan interaksi player dengan characters in game juga cukup besar,walau begitu waktu bermain game ini sendiri 80% dihabiskan untuk mendengarkan percakpan antar characters, dan 20% bermain rythem gamenya sendiri.
Dan juga game ini tidak memiliki system stamina, yang ada hanyalah sebuah torch(?), yang dimana jika kita memilikinya maka semua reward dari live stage akan dikalikan 5, termasuk exp karakternya juga lhooo.

Gameplay :8.3/10



Screen shoot yang berhasil saya temukan digoogle, karena saya sendiri belum mengimport seluruh screen shoot game ini ke pc saya, dengan layout seperti digambar bisa dipastikan game ini memiliki tantangan tersendiri yang sebenarnya cukup membuat saya frustasi,namun dibalik itu dengan layout horizontal seperti ini, kita bisa bebas memainkannya dalam posisi bagaimanapun. Tapi dalam tingkatan expertnya cukup gila, dimana kita harus drag dari satu sisi kesisi lainnya
bagi yang pensaran bisa menuju video yang diposting oleh Shandy Simantha
【バンドリ!ガルパ】 Poppin’ Party – 前へススメ!/ Mae e Susume! [Expert]

Sound :8/10

Full voiced game by the VA from the anime too, kurang enak apa?, percakapan tiap karakter disini sudah dibuat full voice, tidak hanya 5 orang saja, tapi 25 orang karakter yang bisa didapatkan via gacha ini semua sudah difull voicekan, termasuk beberapa diantaranya seperti kepala staff circle live studio. bagi kalian mau tes-tes suaranya mereka bisa Disini. ps : suara yang bisa tes hanyalah member Poppin party saja yang dimana mereka semua adalah main karakter di animenya sendiri.

Story :7.5/10

Story disini terbagi menjadi 3 rasanya, yang pertama adalah main story, dimana player akan bertindak menjadi seorang staff dari circle live studio dan mencari partisipan untuk event yang akan dilangsungkan di circle live studio.
Yang kedua adalah band story, band story bisa dikatakan sebagai side story, namun jangan salah sangka dengan band story ini, band story ini memuat senjumlah informasi penting Terlepas dari bisa atau tidaknya kita mendengarkan percakapan atau membaca kanji jepang tentang bagaimana suatu band bisa terbentuk. Dan yang terakhir adalah sebuah side story yang sejalan dengan sebuah event, dan disini juga kita bisa mendapatkan character dengan mencapai poin tertentu.

Event :7.5/10

Event yang cukup menarik terlihat disini, karena ternyata event disini memiliki alur cerita tersendiri yang menjadi side story dari band yang mendapatkan jatah event, contohnya saat ini event yang sedang berjalan adalah “Kaito Hallo Happy and Luxury Passanger Ship”, dimana menceritakan tentang kaito kid (kalian taulah siapa kaito kid), yang menculik drummber mereka, Matsubara Kanon (Va : Toyota Moe).
Cara menyelesaikan event ini juga cukup mudah, hanya dengan perform dengan band yang sedang memiliki jatah event dan dapatkan point sebesar-besarnya untuk mendapatkan hadiahnya, dan ketika pointnya mencapai 30000, maka kalian akan mendapatkan free *2 karakter Kitazawa Hagumi (Va : Yoshida Yuri), Bassist dari Hello Happy world (yang baru saja saya dapatkan :p).

Characters :8/10

Characters yang berjumlah 25 rasanya cukup sedikit, yah mungkin karena ini game baru dan lintas dimensi juga sih.. jadi wajar aja kalo masih sedikit, tapi semuanya sudah full voice kok, jadi tenang aja walau sedikit tapi dengan full voice rasanya barter yang cukup bagus untuk saya sendiri.
Poppin party(dari kiri kekanan :Ushigomi Rimi(Ba),Yamabuki saya(Dr),Toyama Kasumi(Gr&Voc),Ichigaya Arisa(key),Hanazono Tae(lead guitar)

AfterGlow(dari kiri kekanan :Uehara Himari(Ba),Hanazawa Tsugumi(key),Mitake Ran(Voc&Gt),Udagawa Tomoe(Dr),Aoba Moca(Gt)

Roselia(dari kiri kekanan :Hikawa Sayo(Gt),Udagawa Ako(Dr),Minato Yukina(Voc),Shirokane Rinko(Key),Imai Lisa(ba)

Pastel *palettes (dari kiri kekanan :Shirasagi Chisato(Ba),Wakamiya Eve(key),Maruyama Aya(Voc),Yamato Maya(Dr),Hikawa Hina(Gt).

Sebenarnya masih ada 1 grup band lagi, namun informasinya sampai saat ini belum ada, tapi kemungkinan sih Glitter*Green dari animenya sendiri.

Gacha :5/10

Gacha price yang cukup mahal 2500 * (mata uang untuk gacha in game),untuk 10 kali gacha dengan 1x 100% chance mendapatkan karakter 2 dari salah satu grup band.
dan juga disini ke-25 character akan digacha bersamaan, so jadi siap-siap tergarami jika teman kalian bermain game ini dan gachanya luck dengan Waifu yang dia mau.
walau saya memberikan score yang cukup rendah, namun hal unique disini adalah, setiap karakter tidak bisa double, dengan element (saya menyebutnya seperti itu agar lebih mudah diingat) yang sama pula. dan juga setiap karakter memiliki semua element, diantaranya Smile (orange), Cool (blue),Star (green, sebut saja begitu saya belum memiliki sebutannya), dan yang terakhir adalah, Fire (red,sebut saja begitu saya belum punya sebutannya).
Setiap karakter yang double akan bisa ditukarkan dengan shop keeper star (sebut saja begitu, saya gak tau mau nyebutnya gimana), dan karakter tersebut akan digantikan dengan shop keeper star, saya belum tau ratenya seberapa karena untuk mendapatkan star untuk gacha cukup sulit, karena jumlahnya cukup besar 2500 *, tapi yang saya dapatkan sendiri itu sebanyak 5 karakter *
dan mendapatkan 25 * shop keeper star.

Song :8/10

Selain original song, mereka juga mengcoverkan beberapa lagu dari artis ternama, sebut saja, lagu butterfly digimon yang dibawakan oleh (alm.) Wada Kouji, atau Sobakatsu oleh Judy n Marry, dan Alchemy dari Angel beats! dan lain-lainnya, selengkapnya kalian bisa lihat diwebsite mereka :
Bandori Song

Tentunya lagu-lagu dalam game ini juga sudah dipotong tidak seperti aslinya, (sungguh terlalu.. tapi kalo 1x puter game 6 menit pegel juga jempol saya mencet-mencet)

Special :
2nd Live Stage Bandori

ALL INFORMATION PROVIED BY GOOGLE, and Bandori website

In Case You Missed It...