March 28, 2017 — 689 views

[Tutorial]Reverse Translating

Sebenarnya sih bingung mau kasih judul apa, tapi yah kasih judul ini aja deh…,
yup disini gw mau bagi-bagi sedikit tutorial menggunakan machine translate atau translator.

Kok tiba-tiba jadi ada tutorial disini?

Alasan gw menulis hal ini tidak lain dan tidak bukan adalah untuk membantu sesama yang memiliki kendala akan bahasa jepang sendiri.

Kita semua tahu, bahwa ada beberapa game yang hanya dirilis untuk region jepang, ataupun game-game global yang dirilis dijepang dengan tambahan-tambahan tertentu, mulai dari penambahan Seiyuu yang dimana tidak ada di negara lain, sebagai contohnya Fate Grand Order ataupun Chain chronicle yang server globalnya sudah mati, namun server JPnya masih hidup sampai saat ini. ataupun berbagai alasan lainnya yang biasa kita gunakan sebagai “Alasan” untuk bermain game di region Jp sendiri.

Dan disaat itulah dimana kita akan sangat menggunakan translator dan biasanya hasil translate akan sangat kaku bahkan sampai-sampai tidak bisa kita cerna dengan baik, dan ujung2annya kita hanya menunggu sampai ada translate englishnya dengan emulator ataupun website lainnya yang memberikan terjemahan disana.

Beberapa diantara kita juga mungkin beruntung memiliki mata pelajaran Bahasa jepang dikelasnya, namun ada juga yang sengaja mengambil les bahasa jepang demi keinginan mereka sendiri, lalu bagaimana dengan yang tidak mengambil kedua hal tersebut?, yah ujung-ujungnya sih kita bakalan menggunakan translator yang tentunya membutuhkan waktu yang cukup lama bahkan terkadang miss leading maksud dari kalimat dijepang sendiri, apa lagi dijepang sana ada 3 macam tulisan, Kanji,katakana,Hiragana yang tentunya memiliki ciri khas tersendiri dan juga memiliki persamaan arti,persamaan bunyi,dan persamaan penulisan yang pada akhirnya membuat kita semakin pusing dan menyerah bermain game tersebut, atau hanya menggunakan insting kita sendiri.

Dan disini gw akan bagi-bagi sebuah trik menggunakan translator free, yaitu Google transalte. Kok google translate?, yah karena free dan mudah diaksess serta bisa menscan gambar (jika menggunakan app di Android).
Dari pada panjang-panjang alasannya mari kita lanjut aja ke tutorialnya.

Hal-hal yang perlu dipersiapkan :

1.Kemampuan berbahasa inggris atau berbahasa indonesia yang baik dan benar

2.Hp berbasis android (disarankan), atau yang lainnya yang bisa mendownload google translate ke device kalian.

3.Secangkir kopi/teh atau cemilan lainnya

4.Kemampuan menalar sebuah kalimat dalam waktu singkat

5.Subjek ataupun Objek yang akan ditranslate

6.(tidak wajib) mendownload offline transalting Japanese di google translate kalian supaya gak boros quota internet,serta screen shoot dari kalimat yang ingin kalian translate.

Tata Cara (dari cara menggunakan image scanning dari google translate):

1.Ambil Screen shoot gambar yang ingin kalian translate

2. Lalu buka google transalte didevice kalian dan tap gambar kamera yang berada seperti digambar yang dilingkari merah

3.Setelah itu tekan gambar picture (perhatikan yang dilingkari merah) dan pilih gambar yang akan kalian scan (seperti pada gambar nomor 1) nanti google translate akan melakukan scanning secara otomatis terhadap gambar tersebut.

abaikan gambar keyboard yang tercapture

4.Setelah prosess scanning selesai maka akan muncul seperti ini :

Setelah itu kelentikan jari-jari kalian akan sangat diperhitungkan, maksudnya gunakan jari kalian dan geser kekalimat yang ingin kalian translate, nanti google translate akan otomatis menghighlight gambar tersebut secara otomatis dan kalian akan dikembalikan ke window sebelumnya dan sebuah tulisan kanji akan muncul pada bagian atas, seperti gambar ini

Dari sini kalian pasti sudah bisa menembak arti dari kalimat ini, namun jika yang muncul seperti ini :

ketika kalian ingin mengerjakan sebuah quest didalam game, padahal game tersebut bukanlah sebuah game rythem, melainkan game tps, kalian pasti akan merasa sangat bingung, untuk hal itu mari kita lihat pelan-pelan dulu.

Ingat nomor 4, dalam hal-hal yang perlu dipersiapkan?,
4.Kemampuan menalar sebuah kalimat dalam waktu singkat

Disini waktunya kita menggunakan nalar kita,
dalam kalimat ini terdapat beberapa clue, diantaranya
three times, multi battle, dan lets

Sudah ketemu apa maksud dari quest tersebut?
jika belum baca lagi dibawah ini.

1.Kita tahu bahwa objek kita disini adalah Quest didalam mobage

2.Kita tahu ada 3 clue, multi battle,lets dan three times

3.Kita tahu bahwa genre mobage yang kita mainkan adalah sebuah game TPS.

mari kita bedah 3 clue diatas.
Three times (3X) adalah jumlah yang dibutuhkan untuk quest tersebut clear.

Lets adalah sebuah kata kerja yang berarti Ayo atau kerjakan

dan yang terakhir adalah multi battle, disini insting kita akan digunakan secara total, multi battle, apa yang tersebit didalam pikiran kalian ketika mendengar multi battle?, PVP?, Co-op?, dua hal tersebut pasti akan muncul pertama kali didalam pikiran kita, jadi mari kita melihat ke menu sortie pada game tersebut,

Sudah bisa menebak yang mana, menu multi battle yang dimaksudkan didalam kalimat yang kita translate?

Jika belum berarti kalian masih kurang menalar mana menu yang multi battle, ingat kata multi dan battle saja kalian pasti sudah bisa menembaknya yang mana ta-da quest kalian digame tersebut selesai :)

Sekian dan terima kasih.

Dengan begini kalian bisa melakukan translating suatu bahasa (disini terutama jepang) ke bahasa sehari-hari kita sendiri tanpa harus dipusingkan dengan auto translate yang terlalu baku, kaku, bahkan miss meaning karena persamaan bunyi dan tulisan.
NB :
Mohon maaf jika tulisan dalam tutorial ini acak-acakan ,serta penjelasanya kurang begitu detail sehingga membuat kalian pusing.
Dan teknik ini juga bisa diaplikasikan kesemua bahasa selama kalian mengetahui bagaimana bahasa tersebut digunakan.

Dan jawaban yang benar adalah yang dilingkari merah

  • Macan Ketawa

    bingung gw

  • Megmica

    OCR namanya ini.

  • koi seo

    that’s nice!

    ผลบอล

In Case You Missed It...