February 8, 2017 — 178 views

Sports anime trend : Jitensha

Haloo semua… sesuai judul kali ini saya gak mau review atau ngasih impressi tentang anime-anime yang baru tayang atau pun sedang on-going saat ini. Tapi saya lebih ingin menarik sebuah trend yang sedang coba diciptakan dari genre anime sports yang terkesan monoton dan begitu-begitu saja.

Sebenarnya apa sih yang bisa ditarik dari anime sports?,
kekuataan main character yang macam ilmu hitam?, atau teman setim yang punya semagat membara bagai lava yang baru keluar dari gunung merapi?.

Tapi sebelum kesana saya mau ngajak anda untuk melihat kebeberapa tahun belakangan (mungkin tepatnya masa-masa lawas?), ketika dunia sepak bola menjadi trending yang cukup besar pada waktu itu, sebut saja berbagai judul seperti :
– Captain Tsubasa

yang terkenal pada era 90an sampai dengan 2000an ini
pasti sudah sangat melekat dihati dan tak terlupakan dengan berbagai jurus yang terkadang ngebuat kita berfikir ini diluar akal sehat.

  • Aoki densetsu shoot

    yang saya juga sudah bahas di artikel sebelumnya.
    Cerita tentang 3 orang sahabat dari SMP yang bermain sepak bola bersama dan tentunya dengan iconicnya, Captain Kubo.

lalu judul lain seperti, Off side!, hingga inazuma eleven yang ngebuat dunia sepak bola anime menjadi semakin menggila karena disana sepak bola menjadi memilik jurus-jurus yang aneh-aneh namun tetap menarik untuk disimak.

Dari semua seri tersebut memiliki kesamaan yang terus memberikan semagat bagi kita (penontonnya) untuk terus berusaha sampai titik darah penghabisan (dikata lagi perang kali), dan tidak mudah putus asa, karena kerja keras selalu terbayarkan sesuai.

Lalu dari sana perjalanan anime dengan genre sports mulai bergerak terus menerus keberbagai cabang, sebut saja prince of tennis, eyeshield 21,dll.
Terakhir yang muncul dari genre sepak bola untuk saat ini adalah DAYS!, tapi anime juga masih memiliki unsur yang sama dengan anime-anime sports yang lainnya.
Tidak mudah putus asa, kerja keras, dll. Namun yang menariknya adalah DAYS! memiliki perjalanan karater utama yang cukup panjang dan terkesan karakter utamanya outstanding dari karakter lainnya yang tidak memiliki ciri khas, setidaknya sampai dengan episode mereka kalah difinal winter cup (kalau tidak salah ingat), dan bangkit kembali sehingga bisa membuat sesuatu kejutan yang sudah bisa kita tebak lanjutannya.
Namun baru didays ini sendiri saya merasakan penggambaran perjalanan karakter utama yang cukup mendetil, dari awalnya bermain futsal karena kecelakaan sampai dengan menjadi ujung tombak tidak resmi dari teamnya.

Diatas saya sempat menyebutkan, kekuataan karakter yang seperti menggunakan ilmu hitam, ini terjadi pada salah satu anime yang mencoba menghidupkan kembali trend bola basket, namun sayangnya trend yang coba dihidupkan ini tidak diikuti oleh Creator-creator yang lainnya dan mengakibatkan anime ini memiliki tempat dihati masing-masing para penikmatnya,setidaknya untuk genre sport bola basket.

Lalu trend apa yang sekarang sedang digencar-gencarkan?
BERSEPEDA.

Kenapa kok bersepeda?, saya juga tidak mengetahui alasan sebenarnya mengapa, namun saya sendiri memiliki sedikit teori tentang mengapa bersepeda…

1.Bersepeda adalah hobby bagi para warga jepang.

2.Bersepeda lebih menyehatkan dibandingkan menggunakan kendaraan umum atau pribadi.

3.Banyaknya peminat sepeda serta jalur-jalur khusus pesepeda yang ada dijepang.

Mungkin 3 alasan general diatas bisa menjawab kenapa sih, trend anime sports yang sekarang lebih mengarah bersepeda.

Pada musim 2016-2017 ini sendiri saya sendiri sudah menemukan 3 anime dengan genre sport bersepeda yang tayang, sebut saja seperti, Yowamushi pedal, Long Riders!, dan yang terakhir adalah Minami Kamakura Koukou Joshi Jitensha-bu.

Yowamushi pedal sendiri menceritakan tentang seorang otaku yang bersepeda setiap minggu sejauh 90km untuk menuju ke akihabara dari kelas 4 SD, pada awalnya sendiri dia mencoba mencari anime club disekolahnya namun apa daya club tersebut sudah dibubarkan, dan pada akhirnya ia mencoba menghidupkan kembali club tersebut namun yang dia dapatkan bukannya teman untuk membangun club tersebut namun… ia menemukan sesuatu yang baru, yaitu bersepeda, dan mulai dari sanalah perjalanan panjang ononda menjadi pesepeda. dan seri ini sendiri sudah berjalan sepanjang 3 season, 2 season telah selesai dengan kemenangan teamnya onoda, dan season 3 ini mungkin merupakan climax dari 2 season sebelumnya, dimana pertarungan sebenarnya antara Mantan Raja vs Raja baru.

Lalu setelah Yowamushi pedal yang sangat memiliki aura shonennya, kini kita disuguhkan oleh mahasiswa yang menemukan bahwa bersepeda itu sangat menyenangkan… (mungkin ini sebagai pembalik dari aura pertarungan diarena balap yang disuguhkan oleh Yowamushi pedal sendiri yang memiliki intensitas yang cukup dalam apa lagi dalam season 2nya, dimana mereka lebih fokus pada turnament.).

Dalam seri ini sendiri lebih ditampilkan kepada keasikan bersepeda, mulai dari jalan-jalan disekitaran kota, hingga mengikuti lomba sepeda jarak jauh yang santai.

Long Riders!, judul anime ini. Banyak yang mengatakan bahwa anime ini cocok untuk ditonton sebelum tidur, dimana sisi feminim dari cewe ditampilkan begitu legit namun tidak menghilangkan essensi dari olahraga sendiri.
Namun yang menarik disini adalah semua karakternya cewek-cewek yang bisa kalian jadikan waifuu…(ingat mereka hanya 2D), dan kekonyolan dari setiap karakter terus ditampilkan dalam keseharian mereka, sayangnya anime ini hanya memiliki 12 episode yang terasa sangat pendek, karena ketika kalian menonton anime ini durasi 30 menit ini tidak akan terasa sama sekali.

dan yang terakhir adalah Minami Kamakura Koukou Joshi Jitensha-bu (klub bersepeda wanita Minami kamakura).
Yang terakhir ini masih on-going seriesnya, namun sudah memberikan berbagai potongan pada bagian OP nya yang bisa saja menjadi kenyataan dalam beberapa episode kedepannya.

Dimulai dari Maiharu Hiromi, yang baru saja pindah ke perfektur kamakura di nagasaki yang bersepeda menuju sekolahnya, Minami kamakura. Namun apa daya Hiromi yang sudah lama tidak bersepeda ternyata kehilangan kemampuannya bersepeda dan kalian tahu apa yang terjadi?, yak dia belajar bersepeda lagi di SMA, setelah diajari oleh Tomoe. Awalnya saya pikir anime ini akan seperti Long Riders!, dimana lebih mengarah ke slice of life dan asiknya bersepeda, namun saya salah kira.
Ternyata anime ini juga memiliki unsur balapan yang sudah ditayangkan pada bagian Openingnya, dan pada episode-episode sekarang (saya lupa episode berapa sekarang) sudah mulai tercium aroma pertandingan yang sepertinya tidak akan seintense seri Yowamushi pedal, Tujuan dari mereka mengikuti lomba ini adalah agar club bersepedanya bisa menjadi club resmi tidak hanya menjadi circle disekolahnya, serta dengan sejarah bersepeda yang tersembunyi dibalik sekolah tersebut. Serta informasi menarik bagi kalian yang ingin belajar bersepeda dengan menggunakan road bike pada setiap akhir episodenya.

Akhirkata, mungkin sebagian dari kalian tidak menyadari tentang sebuah trend dari anime sport yang coba dikembangkan dan dibuat hypenya, namun kini ada beberapa creator anime sendiri yang mencoba membuat hal ini menjadi kenyataan, jadi apa menurut kalian ini sudah bisa dibilang bahwa apa yang dilakukan oleh creator ini sudah cukup bagus?, dengan mencoba menambahkan berbagai unsur dari genre lainnya, yang tidak berkutat pada bagian turnament saja serta tentang adanya karakter yang sangat gila dengan olahraga tersebut dan karakter utamanya adalah orang yang biasa-biasa saja namun bisa melewati karakter yang sangat gila dengan olahraga tersebut.

In Case You Missed It...