July 17, 2014 — 3234 views

Ketika Seorang Fan Memiliki OTP

Di setiap fandom pasti ada saja penggemar (fangirl or fanboy) yang menyukai sebuah pasangan yang muncul dalam fandom mereka. Biasanya pasangan itu disebut-sebut sebagai OTP.

Apa sih OTP?

OTP atau singkatan dari One True Pairing, adalah istilah untuk pasangan yang kita sukai dalam suatu fandom. Istilahnya, pasangan yang paling top bagi kita. Kadang OTP bisa juga dibilang shipping dan untuk para pelakunya disebut shipper.

Masih bingung? Nih saya kasih contohnya:

“Eh nonton Sengoku Basara nggak?”

“Iya, kenapa?”

“Itu lho.. Masamune sama Yukimura so sweet gitu ya~”

“Itu sih OTP gue! Mereka emang cocok banget <3″

(uhuk itu OTP saya juga uhuk)

Nah, sudah mengerti kan? Oke mari kita lanjut~

Mungkin untuk fans yang terjun ke berbagai fandom pasti ada OTP yang setidaknya nyangkut di hati. Baik itu straight/normal, shounen-ai, shoujo-ai, incest, harem, dll. “Yang penting ada hint” kalau kata para shipper.

Apalagi itu hint?

Hint disini semacam clue atau momen langka (halah) yang bisa jadi alasan kenapa kita shipping pasangan tersebut. Hint bisa bermacam-macam bentuknya, contohnya…

  • Melalui kata-kata


Bisa tersurat atau tersirat. Kalau frontal, mayoritas biasanya ada di cerita ala shoujo manga (tapi gak juga sih). Ada juga pernyataan yang gak sengaja keceplosan, pernyataan dalam bentuk flirting, dalam bentuk perhatian, dan macam-macam deh!


Kangen ya, mas? :P

  • Melalui aksi

Nah ini yang paling bikin gregetan, karena dengan ini kita bisa tahu seberapa kuat chemistry OTP yang kita suka (atau mungkin bikin kita ngeship). Pernah dengar istilah “Talk Less Do More” kan? Ya kira-kira mirip dengan ini lah. Aksi bisa jadi bukti, jangan cuma ngomong doang :3

Apalagi aksi plus kata-kata, mantap!

Yep, sebenarnya masih banyak lagi bentuk-bentuknya, tapi yang bisa saya definisikan hanya ini. Kenapa? Karena hint itu dapatnya tergantung pandangan masing-masing setiap orang, ohoho~

Sudah dapat hint? Oke~ sekarang tinggal cari teman fangirling/fanboying yang OTP-nya sama :P

Sepertinya sudah menjadi kebiasaan ya kalau OTP sama pasti hebohnya bukan main. Mau itu OTP-nya mainstream atau non-mainstream, kalau ada sesama shipper ya gak mungkin gak fangirling kan?

Jujur, saya sebagai shipper merasakan kalau fangirling OTP itu seru banget. Apalagi kalau hint-nya sering keluar, meskipun genre fandom aslinya tidak sesuai dengan pair yang saya ship (uhuk if you know what I mean uhuk).

Oke, udah asyik-asyik fangirling, diabetes karena hint, kemudian datanglah…

“Ih slow aja dong, heboh banget sih. NOtp dibesar-besarin.”

Barangkali ada yang nyeletuk begini (semoga gak ada ya) dan itu bikin kita jengkel, karena yang bersangkutan tidak suka dengan OTP yang kita suka atau bagi dia disebut NOtp.

Apa itu NOtp?

NOtp itu kebalikan dari OTP. Kalau OTP itu yang paling disuka, sedangkan NOtp yang paling tidak disuka. Diambil dari kata “NO” yang berarti tidak, maka jadilah istilah NOtp.

Wajar saja kalau ada orang yang berbeda OTP dengan kita, mungkin baginya OTP kita gak cocok atau memang gak dapat hint-nya. Tapi sebaik-baiknya orang yang menganggap OTP kita itu NOtp, jangan sampai ada adu mulut apalagi fanwar. Gak banget kan fanwar gara-gara OTP doang? :(

Kesimpulan:

Setiap orang memiliki OTP dan NOtp masing-masing dan itu hak bagi semua orang. Kuncinya, kita saling respek dan menghormati saja. Kalau merasa tersindir, jangan mudah tersulut. Lagipula pair yang kita ship belum tentu jadi pair canon di fandomnya (syukur-syukur kalau udah dari sananya canon).

Ya… daripada kita adu-aduan soal OTP yang imajiner, lebih baik menengok real life dan mencari pasangan buat diri sendiri. Setuju tidak? :P

In Case You Missed It...