September 21, 2016 — 921 views

REVIEW : Kimi no na wa.

Hay…hay….. ketemu lagi dengan gw, Naa xD.
kali ini gw mau ngereview tentang Kimi no na wa…, dan tentunya setelah kemunculan berita diawalnya anime ini udah gw targetin untuk gw tonton dalam waktu dekat, walau begitu gw sendiri sebenarnya cukup kaget akan angka penjualaannya yang sangat tinggi ketika cek-cek di JOI
Kimi no na wa.
Karena gak tanggung-tanggung jumlahnya 6.2 Miliyar YEN dan terus bertambah, tapi setelah nonton animenya sih gw merasakan bahwa mencapai taget 10 Miliyar YEN bukanlah yang mustahil untuk film ini jika terus ditayangkan dibanyak tempat didunia ini, terutama para penggemar Makoto Shinkai.
Your Name.

Sinopsis :
The story is set one month after a comet has fallen for the first time in a thousand years in Japan. Mitsuha, a high school girl living in the countryside, wants to live in the city because she is tired of life in the country. Then, there’s Taki. He’s a high school student living in Tokyo with his friends while working as a part-timer at an Italian restaurant. He also has a strong interest in fine arts involving architecture. One day, Mitsuha dreams of herself as a young man. On the other hand, Taki also has a dream where he is a female student attending high school in the countryside. What’s the secret behind their dreams?

ART :

Tidak perlu diragukan lagi tentang anime ini, jika kalian sudah pernah melihat PVnya diberbagai situs berbagi video maka kalian pasti akan takjub akan artnya yang benar-benar sangat bagus, sampai-sampai gw hanya bisa membisu sambil menatap langit.
Detail yang sangat tajam menghasilkan penggambaran yang nyaris terlihat realistis, bahkan untuk “MOB” saja sampai dibuat cukup detail dibeberapa bagian.
Namun bagian yang benar-benar sangat bagus adalah pemandangan ketika
relfeksi yang ada didalam mata heroine sangat detail terutama dibagian komet yang terbelah menjadi dua.
sudah cukup untuk mengambarkan sebarapa bagusnya art yang disajikan oleh Makoto Shinkai disini. Score : 9/10

Storyline :

Jujur saat ngeliat gambar itu gw gak terpikirkan apapun lho… gw pikir malah storysetnya setelah apocalypse ternyata yang diberikan disini ternyata adalah sebelum,ketika dan sesudah apocalypse yang terjadi benar-benar diluar dugaan gw.
Walau gw bisa menembak plot yang akan berjalan bagaimana dalam cerita ini, namun error margin selalu muncul, entah karena memang disengaja oleh mereka untuk memberikan kesan cerita yang biasa-biasa saja namun dibalut dengan art yang berkualitas tinggi atau memang ceritanya memiliki banyak jebakan plot yang cukup banyak sehingga bisa mengacaukan sedikit konsentrasi dari para penontonnya?

Jawabannya adalah cerita tersebut adalah cerita yang mengalir sesuai hembusan angin… ? bingungkan maksudnya, ceritanya itu ternyata memang memiliki banyak kemungkinan plot yang akan terjadi dalam satu event secara bersamaan hal ini juga yang mengakibatkan error margin dalam prediksi ketika kita menonton, kita tidak bisa memikirkan jalur cerita yang cukup dalam, ataupun jalur cerita yang sangat singkat, kita harus menonton anime ini dari sisi sudut pandang orang pertama, memlilih pilihan yang absurd namun ternyata memang hal itu cukup berharga untuk dilakukan walaupun sulit sekalipun.
Plot yang banyak namun simple ini menjadikan cerita dan art menjadi lebih mengena, bahkan ketika mereka berdua (Main chracter dan heroine) dianggap seperti orang gila oleh orang-orang disekitarnya dan pada akhirnya menemukan titik terang yang menjadi plot utama di film ini sendiri.
Jokes ringan diawal-awal sepertinya berlaku seperti pengalihan saja,karena jika fokus kita terbuang oleh adengan ‘self service’ yang ada maka bisa dikatakan kalian telah masuk kedalam perangkap cerita yang memang sudah ada dan mengharapkan terjadinya bad ending.
Story : 9.2/10

Characters :

Tachibana Taki(VA :Kamiki, Ryunosuke)
Taki sebenarnya dikenal sebagai anak yang memiliki tempramen cukup tinggi terlihat dari adanya bekas luka ketika scene cerita dari Mitsuha ke Taki.Walau begitu ternyata Taki sendiri bisa luluh oleh senpainya, Okudera dan juga tentunya Mitsuha.
Taki

Miyamizu Mitsuha(VA :Kamishiraishi, Mone)
Mitsuha anak dari seorang pejabat lokal didesanya. sebagai gadis desa gw akuin Mitsuha adalah tipikal gadis umumnya ditambah dengan cantiknya dia sendiri ketika berambut panjang, dan menggunakan pakaian miko serta setelah ia memotong rambutnya menjadi pendek, menjadikan Mitsuha lebih terlihat tomboy dan lovely~.
Mitsuha with long hair

Mitsuha with short hair (back)

Miyamizu Hitoha (VA :Ichihara, Etsuko)
Nenek dari Mitsuha ini benar-benar penyelamat untuk Taki dan Mitsuha mungkin juga untuk beberapa dari kita yang tidak fokus ketika menontonya, dalam beberapa scene terlihat ia menjelaskan barbagai macam hal yang sebenarnya adalah apa yang akan terjadi difilm ini nantinya, dan juga dialah orang pertama yang menyadari bahwa Taki dan Mitsuha bertukar tubuh menjadikan nenek ini sangat berperan penuh dalam perkembangan kedua karakter utama disini.

Okudera Miki (VA : Nagasawa, Masami)
Teman sepekerjaan taki disebuah restoran italy tempat dia bekerja paruh waktu, awalnya gw berfikir kalau dia bakalan menjadi batu penghalang yang cukup besar bagi Mitsuha namun sayangnya, tebakan gw salah besar ini, ternyata dia adalah orang membantu Taki untuk menemukan desa tempat tinggal Mitsuha bersama dengan kedua orang teman disekolahnya.
Okudera disini terlihat lebih dewasa dibandingkan Taki, mungkin sekitar pertengahan 20an umurnya dan bodynya yang cukup bagus menjadikan dia sebagai target Taki tapi sayangnya itu tidak terjadi lebih jauh lagi karena, Okudera menyadari bahwa Taki memikirkan orang lain ketika pergi dengannya.

Characters : 8.9/10

BGM :

Melody ketika OP dan ED yang dibawakan oleh RADWIMPS, menjadikan atmosfer yang berada didalam film ini menjadi lebih terasa namun tetap “menhangkatkan”,sudah sangat cocok dengan art yang cukup legit serta melody yang terasa berat namun tetap heart warming.

Score :8.8/10

Total score untuk anime movie ini adalah :8.9/10
Cukup rekomended, dan cocok untuk dinonton berdua dengan pasangan kalian, namun jika kalian jomblo ajaklah teman dekat kalian untuk menonton ini bersama, dan kalau bisa tonton dengan resoulsi yang tinggi agar kalian bisa puas melihat art yang diberikan dengan detail.

In Case You Missed It...