August 16, 2016 — 1466 views

[Midseason Review] Amaama to Inazuma

Salah satu serial anime yang menurut saya merupakan anime healing pada season ini adalah amama to inazuma.

Setelah “menemukannya” pada salah satu channel tv anime berlangganan, dan menontonnya, anime ini langsung naik dari yang sebelumnya tidak masuk watchlist menjadi salah satu anime favorit yang saya ikuti setiap minggunya.

Amaama to Inazuma merupakan anime bergenre slice of life yang menceritakan tentang Inuzuka sensei, seorang guru SMA yang menjadi seorang single parent setelah istrinya meninggal. Tidak memiliki kemampuan apapun dalam memasak membuat Ia dan putrinya yang masih TK, Tsumugi terus menerus makan makanan yang dibeli di luar.

Hal ini mulai berubah ketika mereka bertemu Kotori Ida, seorang anak didik Inuzuka-sensei yang mencintai makanan namun tidak dapat memasak, Kotori menawarkan melakukan kegiatan memasak bersama di restoran lama orang tua nya agar Tsumugi dapat makan makanan yang layak dan tidak sering makan di luar.

Barakamon 2.0 (?)

Salah satu cerita yang saya sukai merupakan cerita bagaimana seorang anak mempu membuat orang dewasa disekitarnya mengingat kembali keceriaan sekaligus membuat mereka berkembang menjadi lebih dewasa.

Dan amaama merupakan salah satu anime tersebut. Tsumugi, yang merupakan seorang anak tk yang ceria dan banyak tingkah. Namun, tingkah dan kepolosannya inilah yang mampu membuat Inuzuka-sensei dan Kotori bersemangat untuk belajar memasak bersama untuk Tsumugi.

Setengah Slice of Life dan Setengah Acara Memasak

Hal yang spesial dari amaama to inazuma adalah, memasak menjadi bagian penting dari cerita. Setiap episode anime ini memiliki satu menu makanan yang dimasak pada episode tersebut.

Proses memasak makanan-makanan tersebut pun perlahan dan tidak langsung jadi. Setiap tahap dilakukan secara satu demi satu dan mudah dimengerti, karena kemampuan Inuzuka dan Kotori yang merupakan pemula dalam hal memasak. Memposisikan penonton seolah olah melihat sebuah acara memasak di televisi.

Proses memasak yang penuh keceriaan inilah yang menurut saya merupakan bagian yang paling berkesan di anime ini. Setiap masalah dan drama yang dihadapi oleh karakter pada bagian awal episode akan berakhir dengan ”sesi memasak” yang penuh kebahagiaan dan membuat saya pun ikut merasa bahagia saat menontonnya.

Conclusion

Amaama to Inazuma merupakan salah satu anime drama ringan yang sangat saya rekomendasikan bagi orang yang menyukai genre slice of life.
Ringan, Sedikit menyentuh, dan penuh kebahagian. Amaama Inazuma mungkin cocok untuk anda.

Protect that Egao / 10

In Case You Missed It...