June 26, 2016 — 44523 views

Penjelasan Mengenai Status Anime “Relife” Yang ‘Finished Airing’

Setelah Anime musim ‘Spring’ selesai, sekarang sudah mulai menyambut datangnya Anime musim ‘Summer’.
Beberapa Anime musim summer sudah masuk kategori Tamat / Ending.

Beberapa Anime musim Summer mulai dari yang popular sampai yang biasa, sudah mulai ditampilkan.
Seperti beberapa halnya di Website yang menampilkan Jadwal / Schedule dari Anime musim summer ini. Salah satu yang menarik perhatian saya adalah Anime “ReLife”.

Ini adalah PV kedua Anime Re-LIFE.
Manga ‘Re LIFE’ atau ‘リライフ’ ini adalah manga yang paling laris terjual di Comico.
Dan Re-LIFE mendapatkan sekuel untuk Anime. Diantara para penikmat manga/anime dan otaku, beberapa diantara mereka sangat menunggu Anime ReLife ini.

Ada yang mengatakan: wah, akhirnya keluar juga animenya. Wah, ini wajib masuk list tontonan dan lain sebagainya.
Setelah menunggu, akhirnya Pre-Aired Relife akhirnya tayang juga. Dari segi alur cerita dan komedinya, sangat pas untuk ditonton kalangan muda.

Namun, diantara beberapa Fans ada yang melihat informasi yang sedikit membingunkan. Seperti informasi yang dilansirkan oleh myanimelist atau yang dikenal dengan MAL, bahwa Status dari Anime ini adalah ‘ Finished Airing’ atau telah selesai. Wah, apa yang terjadi?. Maksudnya apa? respon dari beberapa Fans yang melihat info ini dari myanimelist.net.
Dan lebih kurang, penjelasannya sebagai berikut. Anime Re LIFE sebelumnya telah ditayangkan secara ‘web-streaming’ dari aplikasi Comico.


Padahal sebelum dirubah, informasi di MAL menyatakan bahwa Anime ReLife akan tayang per 1 Juli 2016, namun beberapa hari ini informasti tersebut sudah dirubah. Regulernya, Anime ReLife akan tayang tanggal 1 Juli 2016, pukul 00:00 JST (Japan Standard Time) atau Waktu Standar Jepang. Hari ini tanggal 26 Juni 2016, saya melihat sudah ada beberapa yang merlisi Episode Pre-Aired dari Relife, mulai dari RAW sampai dengan yang sudah di Sub.


Setelah mencari kesana-kemari, akhirnya alasan yang ‘logis’ dari semua ini adalah Yang memproduseri anime ReLife ‘Comico’ mengatakan bahwa Animenya akan tayang sesuai dengan jadwal yang ditentukan, namun ‘Comico’ telah memutuskan untuk lebih duluan membuat Streamingnya sebelum airing/tayang di TV. Hanya pre-air ini saja, dan nantinya dikemudian hari (Jumat depan) akan tayang dan resolusi tampilan dari anime ini akan kembali ke mode HD (High Defenition).

Gimana tertarik nonton Anime ReLIFE?

  • Bobby Yudhistira Hendana

    dear admin, ap gk kebalik tuh. yang dah lwat mah musim spring, bukan summer. juli ampe september itu masuk summer

    • rezkysaragih

      Wah…, aku salah ketik berarti, Iya, makasih ya sudah dibantu @bobbyyudhistirahendana:disqus :)

  • Syoryuken

    ty infonya mimin

    • rezkysaragih

      wah, sama-sama. senang dah mampir kesini :) @satriacaizerz:disqus

  • Maikaze

    jadi pre-air sama yg ongoing itu ceritanya sama aja?

    apa beda?

    • rezkysaragih

      bukan, jadi saya coba jelaskan singkat aja
      misalkan anime musim ini (summer) ada yang bagus. katakan saja anime “X”. jadi di database informasin (seperti MAL) dibuat tayang/Airing tanggal 10 Juli 2016. Terus tiba-tiba di Internet sudah ada Episode 1 nya, dan besoknya Episode 2 namun kualitasnya antara 240 sampai 360p <<—- ini yang disebut "Pre-Aired". Dengan kata lain, sudah tayang duluan 3-4 hari sebelum jadwal sebenarnya. Kebijakan itu biasanya dilakukan oleh sang produces anime tersebit.
      Kalau On-going, setelah anime "X" tersebut sudah Airing atau Tayang. Kalau belum tayang sama sekali "Not airing" , sudah selesai tayang "Finished Airing", sedang jalan tayang "On-Going".
      Semoga membantu ya :) @disqus_7upXNi5LEX:disqus

  • Hendrik Prajatama Sagala

    Min saya baru nonton anime,kadang-kadang baperan.Menurut Mimin Romance di Relife Bikin cemburu gak ? Seperti bahwa si laki-lakinya cuman hoki aja dapetin si perempuan atau si perempuannya terlalu tergila-gila sama si laki-laki.Menurut mimin gimana ?

    • rezkysaragih

      Iya, secara pribadi, saya jujur Cemburu. Kenapa??
      Karena di ReLIFE ini sebenarnya mengajarkan untuk menghargai dan menikmati waktu hidu[ yang sedang kita jalani. Saya aja belum pernah pacaran dan merasakan rasa ‘sayang’ itu . Kalau dikasih kesempatan oleh Ryo kepada saya, maka saya pun pasti menerima Program ReLIFE. Bikin cemburu, YES! Sangat!, saya pribadi pengen mengulangi hidup saya, kalau dikasih kesempatan :D :v :v /

      Bukan, Hoki sih. kehidupan Arata sebelumnya, sangat menderita , penuh beban hidup (katakan demikian). Di ReLIFE dia mendapat kesempatan untuk mengulangi hidupnya lagi 1 Tahun. dari situ dia belajar, bahwa punya teman banyak itu sangat berguna. Kalau engga, suatu saat pasti menyesal.
      Antara Oga dan Kariu << sudah dari kelas 1 saling suka, cuman ga bisa diungkapin, akhirnya saat pertunjukan kembang api (saat2 mau tamat) diungkapkan Kariu sama Oga, ternyata Oga sama terkejutnya dengan kariu. Berarti bukan Hoki (Kariu merupakan subject penelitian ReLIFE).
      Antara Kaizaki dan Hishiro << Tidak terjadi apa2, karena Kaizaki sadar bahwa semua kenangan bersama Hishiro dan teman2 lain di Masa itu akan hilang dan terhapus. Namun Kaizaki tidak menyadari bahwa Hishiro juga Subject dari Program ReLIFE
      Kalau An dengan Yoake Ryo itu merupakan Support (Pembantu) dalam menyukseskan Program ReLIFE. kalau An waktu mendekati Kaizaki, itu hanya mengemban tugas saja, karena An juga yang mendapatkan targe Kaizaki, namun dikasih tugas ke Yoake Ryo, jadi wajar aja. Antara An dan Yoake hanya sebagai Senpai dan Kouhai.

      itu aja pendapat saya :) . semoga memuaskan:
      ~Rezky Junandi Saragih~
      FB: https://www.facebook.com/RezkyTheAlmighty
      Twitter: http://www.twitter.com/RezkySaragih

  • Ahmad Maulana

    Jadi ini anime udh gak ada lanjutanny lagi ya min minggu depan?Maaf kurang paham : ]

    • rezkysaragih

      Wah…., iya. Pada Dasarnya Anime ReLIFE ini agak spesial menurut saya. Karena sudah duluan Streaming / dipublish di Aplikasi Comico. jadi orang sudah nonton duluan, meski waktu itu belum ada yang nge-sub. Sekarang ini, 13 Episode sudah di sub dan sudah diupload oleh beberapa Fansubber Indonesia, seperti Nekonime, Oploverz, Wardhanime, 98subs dll. Sebelumnya, yang pertama kali meng-upload semua (13) episode adalah crunchyroll.
      Kelanjutannya ada lah tetap. Seperti di jelaskan di http://myanimelist.net/anime/30015/ReLIFe yakni:
      Status: Finished Airing
      Aired (Tayang): Jul 1, 2016. Artinya tetap tayang tapi minggu ini Episode 2, minggu depan episode 3 dan selanjutnya, tapi versi TV atau dikenal dengan HD-Version. Saya sendiri sudah nonton ke-13 episode nya tadi. Jika memang mau menonton ke-semua-nya episode ReLIFE bisa dilihat di Fansubber Indonesia yang sudah saya sebutkan diatas :)
      @disqus_1PMR9TklYH:disqus

  • Roiduz Zumar

    Min mau tnya. bakalan ada gak ReLife season 2?
    menurut ane yang season 1 endingnya kurang kelar, msih ada ganjal.
    contohnya latar belakang Chizuru sbg subjek ReLife 001 yang masih menjadi misteri.
    jika memang ada, kemngkinan kapan akan rilis season 2?

    • rezkysaragih

      Hmmm…, secara pribadi saya suka Anime ini. Namun setelah saya lihat respon dari mereka yang sudah baca Manga ReLIFe ini , banyak adegan atau moment2 yang dilewatkan gitu, jadi agak gak seru rasa mereka. Kemungkinan sih dan memang harusnya (menurut saya) ada season 2 nya. Karena di episode 13 nya, belum jelas endingnya. Maksudnya, gimana kelanjutan dari kisah Kaizaki Arata dan Hishiro. Btw, mereka berdua adalah subject dari Program ReLIFE selain Kariu (MENGANDUNG SPOILER) :)

      Nah, kita satu pendapat. Latar belakang Chizuru, Hishiro juga ga ada ditayangkan :)
      Kalau dapat season 2 , kalau saja manga atau anime ReLIFE ini sukses di Pasaran, artinya laku keras gitu. kemungkinan akan mendapatkan season 2 . tapi tidak menutup kemungkinan, tidak mendapatkan season 2 . :)

      • Alexander Yosua Adiguna

        Selain Kariu? Memangnya Kariu termasuk subjek Relife, toh kan cuma 2 orang doang yang jadi subjek relife. Btw ane udah baca manganya sampe 133, cuman belum tamat nonton animenya.

        • rezkysaragih

          Kariu merupakan subject Relife nomor 2 dan yang bertanggungjawab atas dia si Yoake Ryo. aku juga dah baca manganya, Kalau ga salah, Hishiro adalah subject ReLIFE yang tanggungjawab atas dia si Yoake Ryo juga, namun gagal bertanggungjawab (?) <<— statement ini ada di episode anime, cuman ga dinampakkan wajah si Hishiro (Menurut saya) , tanggapan kamu gimana? @alexndeysonelovfrchelsea:disqus

          • Khasanah Ayu Chan

            setau saya kariu bukan subjek reLife, karena subjek reLife cuma dua Hishiro dan Arata aja. Mereka berdua jadi tanggung jawabnya Yoake, tapi setelah itu Hishiro jadi tanggung jawabnya Onoya An.

          • rezkysaragih

            Hmmmm…, karena kariu juga bagian dari ReLIFE , tapi dia nomor 2 , tapi tidak disinggung. yoake gagal membina subject nomor 1, yakni hishiro. maka yoake dimundurkan dan yoake merasa putus asa, An mendapatkan email dari perusahaan relife dan memberitahukan kepada yoake bahwa dia mengurus kaizaki arata (27) . Kariu hanya sebagai pelengkap dari subject itu saja.

          • Alexander Yosua Adiguna

            Yang jadi subject no 2 itu si Kaizaki Arata bukan Kariu. Ane juga udah baca manganya.

          • rezkysaragih

            hmmmmm….. apa aku yang salah kali ya??? hmmmm…, iya kalau kaizaki nomor 2 , jadi kenapa kariu dibuat dibawah kaizaki ya??? hmmmm *Misteri*

      • Akbar Achmad

        Ada bakal seas 2 karena sang suporeter mengatakan satu thun
        menjadi percobaan Relife, Satu tahun nya aja belum Lewat Kok Apa Lagi
        Ujian Akhir Sekolah, Jadi Jangn kawatir semnya,
        Dtambah Ada kmungkinan suporeter nya juga dibahas tentang cintanya.
        Dan ada kemungkinan seas2 ada di ditengah tahun depan/aKhir Puasa :)
        Jadi Yg sabarue.

  • Haviedzz Qasthalaniy

    Ini Anime Paling Cepat Tamat Nya Dan paling Cepat Rilis Semua Eps Nya :3

    • rezkysaragih

      Iya…, benar. Di musim Summer ini, ini ANime paling cepat. Udah streaming di APlikasi Comico, terus pas keluar HD-VERSION nya langsung digarap ke 13 episodenya, dan langsung upload. :3 , :D @haviedzzqasthalaniy:disqus

    • Munir Misbachul

      + ending songnya yg beda setiap episodenya ADa TMR ma laruku fav ane :)

      • rezkysaragih

        iya, setiap episode berbeda Ending, 13 episode ending. kalau mau albumnya, boleh saya beri linknya :D. yang saya suka Lar en ciel sama ending tentang matsuri :_ @mun@munirmisbachul:disqus

  • Moch Akbar Ilham

    hooooo… i see… nice info bang…

    • rezkysaragih

      sama -sama :) @mochakbarilham:disqus

  • Dita Putri

    dear admin.. kalo mau baca manga nya dimana ya? sekalian link kalo boleh. arigatou^^

    • rezkysaragih

      Bahasa inggris ada di http://www.mangareader.net/relife/114. << Terakhir chapter 114.
      Kalau bahasa indonesia, lihat di pecintakomik, atau web manga bahasa indonesia lainnya . Douitashimashite ^^ @dita_putri:disqus

  • Jipage

    ty ty min….
    klw boleh niih masalah S2 nya ada g ?
    soalnya masih kurang paham T-T
    masih newbe di dunia anime :D

    • rezkysaragih

      Kemungkinan iya atau parahnya TIDAK SAMA SEKALI. :). Bergantung kepada bagaimana respon fans jepang sendiri dengan Anime ini dan juga di luar jepang. Jika ratingnya bagus dan respon para penikmat anime ingin ada season 2 nya, ditambah Endingnya yang bahagia (Namun belum jelas antara Kaizaki dan Hishiro). kemungkinan bisa ada season 2 nya. kemungkinan buruk, tidak mendapatkan sama sekali. :)

      pendatang baru di dunia Anime?? pas sekali, berarti ReLIFE adalah anime yg bagus untuk ditonton kalangan remaja dan muda :)
      @jipage:disqus

      • Jipage

        ty ty buat penjelasannya mastah >.<
        sangant membantu T-T
        iyah baru lahir and tercerahkan hihihihihi

  • Noufal Luthfi

    Pertanyaannya ada season 2 nya gak?

    • rezkysaragih

      @noufalluthfi:disqus : Jawabannya antara 2: Kemungkinan iya atau parahnya TIDAK SAMA SEKALI. :). Bergantung kepada bagaimana respon fans jepang sendiri dengan Anime ini dan juga di luar jepang. Jika ratingnya bagus dan respon para penikmat anime ingin ada season 2 nya, ditambah Endingnya yang bahagia (Namun belum jelas antara Kaizaki dan Hishiro). kemungkinan bisa ada season 2 nya. kemungkinan buruk, tidak mendapatkan sama sekali. :)

  • Dicky Namikaze

    Arigato Gozaimas info menarik

    • rezkysaragih

      @dickynamikaze:disqus iya. sama-sama. terimakasih telah membaca artikel ini :)

  • agung biantoro

    Jadi season 2nya ada min?belom setaun kan

    • rezkysaragih

      wah, kalau bertanya tentang season 2, animenya aja belum klo satu bulan sudah selesai airing. Hmmm…, tergantung sama Studio dan producernya lah, mau dilanjutin atau engga :) . @agungbiantoro:disqus

    • rezkysaragih

      wah, kalau bertanya tentang season 2, animenya aja belum klo satu bulan sudah selesai airing. Hmmm…, tergantung sama Studio dan producernya lah, mau dilanjutin atau engga :) @agungbiantoro:disqus

  • MidoraAZ

    wah wah

    • rezkysaragih

      aku single aku single :'( wlkwkwkwkkw

  • WildaNi

    Semoga s2 muncul :( ga sabar
    Tapi….. dilihat dari alur cerita dan endingnya kemungkinan s2 gaada :(
    kalau s2 muncul kemungkinan ada subjek baru :v

    • rezkysaragih

      Semoga. Amin :). Ending episode 13 aja tanggung sebenarnya, jika dilihat dari alurnya di manga (menurut saya). hhehehehe….
      Sebenarnya kalau alur season 2 menceritakan antara kaizaki dan hishiro sih ga masalah menurut saya. Tapi kalau ditambah dengan karakter baru atau subject baru, hmmmmm… lebih menarik kayaknya :v, nice idea :D @disqus_jOwlzjPFVx:disqus

  • Ichi Kuma

    Sayang bgt klo sampe g ada season 2nya. Soalnya d anime season 1 ini klo ga salah berjalan msi 1/4 progress relife. Masi 3 bulan klo ga salah. Yg menggembirakan cuma subyek 1 justru beresonansi sama subyek 2 yg bkin program relife ada kemajuan bwt subyek 1 yg setaun lalu d anggap “gagal”.

    • rezkysaragih

      kamu menyimak dalam nonton anime ReLIFE nya. Aku suka, iya benar. yg membuat ReLIFE ini menggembirakan antara hubungan subjek 1 dan 2 , yang subjek 1 gagal ditahun lalu…
      Benar, sayang sekali jika tidak ada season 2nya, untuk menjelaskan gimana kelanjutan kisah subject 1 dan 2 . Tapi kita tidak bisa berharap pasti akan Anime ReLIFE mendapatkan Season 2 :) @ichikuma:disqus

  • Choirul

    Di tunggu season 2 nya ni ReLife…
    Lagi seru – serunya kok dah ending!! Penonton kecewa….

    • rezkysaragih

      Yak bung :v :v . Penonton kecewa :v :v
      wkwkwkkwkw
      Semoga ada season 2 nya :) @ch@disqus_IjSglF9Lp6:disqus

  • Ujhi Doank

    gw kira endingnya Kaizaki-kun jadi supporter baru dengan subjek baru….
    dan gw sukses kaget pas sosok subjek 1 dibeberkan di eps 13 xD

    • rezkysaragih

      WKwkwkkw…. ekspetasi sama kenyataan animenya berbanding jauh ya…
      saya sudah tau kalau hishiro subject satu sejak episode 3 (hehehe, dibantu baca manga) :D xD @u@ujhidoank:disqus

      • Farhan Tamsa

        :’v sama min soalny hishiro tuh subject ggl ane sih nbak karena masalah sosialny :’v

        • rezkysaragih

          Ntabzzzzz…., betul betul betul :v , hehehhe,,,, iya, yoake gagal membimbing hishiro , itulah mengapa dia dilempar dan dapat job baru, bimbing kaizaki, hehehhe :v

  • Arizu

    Yg bikin sedih nih anime endingnya ituloh gantung T_T semoga ada ya season 2 nya amiiin

    • rezkysaragih

      Gantung kali…,, jika mengikuti alur ceritanya, maka ReLIFE endingnya gantung walaupun tampak tidak menggantung, karena moment terakhir melihat kembang api, padahal manganya masih lanjut dan sangat menggantung….
      iya, mimin juga berharap ada season 2 nya :) @Arizuu:disqus

  • Winter

    Ini kira2 bakal ada S2nya gak min menurut ente ~_~
    Endingnya itu lho, bagus tapi kurang lengkap wkwk

    • rezkysaragih

      Bagus memang endingnya, tapi ga klop dihati, menjanggal…., gimana kelanjutan kisah dari mereka, kisah Kaizaki Arata sama Hishiro…., aaaarrrrggghhhh
      semoga ada Season 2 nya, . Saya coba lihat di web resmi mereka / dipantau, kali saja ada… :/
      @wi@Greece23:disqus

  • Hirokawa Bramantya

    Knp harus Tamat, padahal ending.nya masih Gantung huhuhu :’l
    Moga” aja Studio ama Producer.nya Ngelanjutin nih Anime.nya
    Klo gk dilanjut bakal banyak yg kecewa Penggemar.nya

    • rezkysaragih

      Endingnya pas pula memang moment ending, tapi tidak bila baca manganya. rasanya janggal dan lain sebagainya. Hmmmm,,, semoga lah Comico meneruskan ReLIFE ke season 2 . Amin :)
      @bramantya21:disqus

  • Ax3

    Min, di episode terakhir kemaren bagian manganya pas chapter berapa ya?

    • rezkysaragih

      kalau ga salah 74-an, sampe chaptter 114 (120) mungkin disitu, lupa saya. tapi ga jauh2 dari situ

  • Farhan Tamsa

    Min S2 ny udh di konfirm blom :3

    • rezkysaragih

      as far as here…. nop…
      belum ada T_T …., semoga ada aminn,,,,,

    • nyabunman

      masih sangat lama ntong :3
      S1 aja ambil 100cpt dan sekarang masih 136cpt

  • Eorii

    Endingnya lumayan lah , walau sedikit ngantung.
    Benar” berharap ReLife di lanjutkan , seengaknya sampe kaizaki dapat kerja haha ,
    Staf pendukung mengatakan hanya subjek yg akan mengingat semuannya , so kaizaki dan Hishiro mereka ga akan melupakan satu sama lain 😍 😄

    • rezkysaragih

      Varokah sekali……, ntabbbzzz….
      setidaknya cerita lanjutannya mulai dari situ saja …..

    • BuzzerBeater

      kalo ane baca manganya, katanya malah kemungkinan mereka berdua bakal melupakan satu sama lain…. cm gatau dah endingnya gmn nanti ._.

  • Faisal Mahendra

    Dari pertama kali memulai tes hari pertama sampai endingnya di festival kembang api, semuanya bisa buat motivasi dedek kelas kalo gini wkwk… bener kan min :v

    Ayolah ‘Comico’ adain Season 2 nya. ending ceritanya gantung dan gue kefo banget masalah Kaizaki sama Hishiro sebab Kaizaki sebenarnya baper sama Hishiro cuma Kaizaki kalo gue liat dari Animenya itu merasa bawah Kaizaki ingin menjaga generasi berikutnya supaya menjadi generasi yg sukses dan ga tercipta seperti dia yg berantakan hidup dan kerjaannya (Kaizaki Arata). menurut gue kalo Hishiro dan Kaizaki itu tau sama” tahu kalo mereka jadi bahan percobaan ReLIFE… Kaizaki udah taken sama Hishiro (Nebak doang tapi rata” kenyataan real hidup gitu). Newbie gue soal anime winter-spring-summer. hanya menyampaikan perasaan yg pengen gue lampiaskan dari episode 13(END) Kaizaki & Hishiro ayo TAKEN >_< #Maafkan_Terlalu_Bersemangat :D

    • nyabunman

      Mending baca manganya, season 1 ngambil jatah 100chapter di manga, sekarang masih ongoing di chapter136

  • Pingback: ReLIFE: Kesempatan Menjalani Masa Remaja Kedua Bagi Si Dewasa Putus Asa | FIKSIDESRI()

  • oberdamujigae

    ga ngangka di animenya bakal ngungkapin kalo Hishiro juga eksperimen relife. krn di akhir diungkapin rasa”nya sih bakal dibuat season2nya. tinggal nunggu source materialnya cukup aja harapannya sih akhir 2017 udah tamat terus lgsg dibuat animenya buat summer 2018 D;

  • Heryan Cahya Febriansyah

    Sial gantung bgt :| kalo engak dilanjutin serasa pengen nembak nuklir lagi :|

    • Eko Murdianto Prakoso

      Hahaa pake pake atom aja gan

  • Pingback: the orion code()

  • Pingback: Entertainment and Movie reviews with tips on how to get Website Traffic and Make Money Online.()

  • Wahyu Cool

    Animenya ending kurang romantis kalau bisa ending nya Kaizaki mengetahui kalau hishiro juga subjek percobaan Relife jadi waktu setelah masa Relife habis kemungkinan kaizaki dan hishiro nikah gitu ending yg oke :v

    • alfian

      itu best ending

  • Pingback: perjuriousperverts()

  • Pingback: Best Newspaper in India()

  • Pingback: para para dinle()

  • Pingback: kryptodyne()

  • Pingback: joe de saram()

  • Pingback: joe de saram()

  • Pingback: cheap viagra overnight delivery()

  • Pingback: vertical jump tips()

  • Pingback: computer reparatie Aalten()

  • Pingback: Garden furniture discount()

  • Pingback: http://www.godwinsremovals.co.uk/packing-boxes/cardboard/flat-pack()

  • Pingback: pornhub()

  • Pingback: http://britlock.com.au()

  • Pingback: click here to find a lawyer()

  • Pingback: women s boxing gloves()

  • Pingback: European Steroid Shop, Steroids for Sale, Buy steroids online, Anabolic Shop, Real Steroids, Steroids Shop, Buy Steroids, Your Anabolic Steroids Pharmacy()

  • Pingback: Drive with Uber()

  • Pingback: removals London to Ireland()

  • Pingback: apk downloads()

  • Pingback: American Business()

  • Pingback: Bilskrot Göteborg()

  • Pingback: Skrota bilen Göteborg()

  • Pingback: buy hcg()

  • Pingback: brook stagles()

  • Pingback: basement waterproofing rochester ny()

  • http://buqoriesipp.blogspot.com/ Buqorie sipp

    kalo g ada seson 2 akan sya ledakan kantornya :v

  • Pingback: Vao M88()

  • Pingback: bitimart.com()

  • Pingback: photographers()

  • Pingback: durabolin nandrolone phenylpropionate()

  • Pingback: Parfum vergelijken()

  • Pingback: Zorgtoeslag()

  • Pingback: Hämtar skrotbilar Kungsbacka()

  • Pingback: FITBODY.IS - STEROID STORE, BUY STEROID, EUROPEN ANABOLIC SHOP()

  • Pingback: Business directory Bangladesh()

  • Pingback: business directory United Kingdom()

  • Pingback: http://progoldira.com()

  • Pingback: vitamin supplements, mineral supplements, best vitamins, best supplements()

  • Pingback: pixel gun 3d hack no survey()

  • Pingback: clickfunnels affiliate bootcamp review()

  • Pingback: autoapproveclub.com()

  • Pingback: super clicker game()

  • Pingback: hampton bay track lighting()

  • Pingback: hampton bay outdoor lighting()

  • Pingback: adspopads()

  • Pingback: kfmpopads()

  • Theo Tri Moses

    nyesekkkkkkk

  • candysim

    The article you have shared here very good. This is really interesting information for me. Thanks for sharing!
    http://hotmailsign-login.com/
    http://hotmailsign-login.com/hotmail-sign-in/
    http://freehotmail.info/

In Case You Missed It...