March 19, 2016 — 2640 views

BEDAH ANIME : BOKU DAKE GA INAI MACHI (ERASED)

Sinopsis :
When tragedy is about to strike, Satoru Fujinuma finds himself sent back several minutes before the accident occurs. The detached, 29-year-old manga artist has taken advantage of this powerful yet mysterious phenomenon, which he calls “Revival,” to save many lives.

However, when he is wrongfully accused of murdering someone close to him, Satoru is sent back to the past once again, but this time to 1988, 18 years in the past. Soon, he realizes that the murder may be connected to the abduction and killing of one of his classmates, the solitary and mysterious Kayo Hinazuki, that took place when he was a child. This is his chance to make things right.

Boku dake ga Inai Machi follows Satoru in his mission to uncover what truly transpired 18 years ago and prevent the death of his classmate while protecting those he cares about in the present.

source : MAL

Mari kita bedah anime ini :

(Bedah anime ini merupakan ide murni saya dan mungkin saja akan mengandung spoiler yang tidak disengaja maupun sengaja)

Plot pertama kali di episode pertama menceritakan bahwa Fujinuma Satoru yang berumur 29 tahun. Dan hal ini pun sudah dinarasikan oleh Satoru juga diawal-awal episode 1.

Lalu kita melompat ke episode 11, yah episode yang baru tayang minggu ini menguak sedikit berita yang mengejutkan, bahwa Satoru tertidur dalam keadaan koma selama 15 tahun, dan jika di lihat pada beberapa scene
di episode 11 itu :

Discene ini menjelaskan bahwa Satoru mengalami koma selama 15 tahun

15 tahun

dan perhatikan gambar ini :
di scene di dokter menjelaskan bahwa Satoru masuk dalam keadaan koma ketika berumur 11 tahun
11tahun

Sudah ketemu apa maksudnya?
jika belum monggo dilanjut kembali dibaca,
pada episode 1 dijelaskan bahwa Satoru yang sudah berumur 29 tahun, namun pada episode sebelah ia diceritakan bahwa dia koma selama 15 tahun, dari umur 11 tahun, jika di hitung,
Episode 1 : 29 tahun
Episode 11 : 11 tahun lalu koma selama 15 tahun yang berarti pada episode 11 ini dia menceritakan bahwa Satoru yang sekarang berumur 26 tahun.

Tapi kan pas umur 29 tahun itu Kayo dinyatakan meninggal

Ya memang benar sekali, yang berarti timeline pada episode 1 itu menceritakan kejadian yang sebenarnya sebelum episode 10 terjadi, dimana Satoru berhasil menyelamatkan Kayo dan dia pada akhirnya mencoba menyelamatkan korban lainnya, namun pada akhirnya dia sendiri yang menjadi korbannya.

Yang menjadi erat hubungan antara episode 1 dan 11 adalah kejadian 2 timeline yang memotong jalur waktu dan berpindah (perhatikan gulungan roll film pada beberapa episode, itu yang gw maksud sebagai timeline).
Bisa dikatakan bahwa kejadian pada episode 1 tidak akan pernah terjadi, dan dia tidak akan pernah bertemu dengan Katagiri Airi, tapi apakah itu benar? gw sendiri pun gak tau dikarenakan belum ada penjelasan yang bisa gw dapatkan diepisode berikutnya yang belum tayang juga tentunya.

tapi ketika gw menelah beberapa bagian gw menemukan hal menarik lainnya.

Ingatan Satoru yang buram pada episode 11 tepat ketika si dokter menanyakan “apa yang kau ingat sebelum kamu koma?”,

Kenapa ingatan Satoru menjadi buram ketika ditanya hal tersebut?.

Jawabannya adalah Revival!, dikarenakan kejadian pada episode 1 itu berlanjut sampai di epsiode 9 dimana Kayo berhasil diselamatkan. Namun ketika episode 10 seluruh timeline yang sudah ada sebelumnya berubah arahnya yah anggap saja yang tadinya kekiri menjadi kekanan dan sebaliknya, hal tersebut sangat memicu terjadinya penimpaan memori (stacked memory) yang menghasilkan error pada otak dan akhirnya ingatan tersebut pun terblokir karena terjadinya dead end, (hal ini bisa dijelaskan dengan fenomena yang biasa terjadi ketika internet kalian sedang dalam keadaan crowed atau ketika komputer kalian ngehank).

Untuk masalah Revival ini dan timeline yang agak ruwet ini bisa kalian baca pada bagian akhir :D.

Satoru mendapatkan kembali ingatannya setelah beberapa saat diepisode 11 dan ia pun kini bertemu dengan guru SDnya dan juga merupakan sipembunuh dari cerita-cerita sebelumnya.

Ini merupakan bagian yang sengaja di percepat karena pada umumnya untuk mendapatkan ingatan kembali setelah selesai koma itu membutuhkan waktu yang cukup lama, tapi kenapa Satoru bisa kembali mendapatkan ingatannya cukup cepat?, ada clue yang sebenarnya diselipkan oleh A-1 picture serta penulisnya pada episode sebelumnya, tepatnya ada di epsiode 9 dan 10.

perhatikan bukti dengan garis yang dilingkari berwarna merah

bukti1

bukti2

bukti3

bukti3

bukti4

Coba kalian perhatikan kenapa pergerakan tangan seperti itu sampai dizoom segala?, kalau bukan ini adalah sebuah clue untuk episode kedepannya.

Hal jangal ini terjadi ketika episode 9 dan 10, scene yang dimaksudkan adalah scene dimana ketika Satoru, Ibunya Satoru, dan si Tersangka, Gaku Yashiro alias Manabu Nishizono. Namun kejanggalan disini ternyata adalah sebuah clue yang lagi-lagi diberikan oleh A-1 dengan sengaja dengan harapan agar penonton mendapatkan hint di episode berikutnya.

Perhatikan setiap lingkaran merah yang gw berikan
sarungtangan1

sarungtangan2

sarungtangan3

sarungtangan4

Pada gambar sarungtangan2 dan 3, terlihat bahwa Yashiro ini tidak menggunakan sarung tangan untuk menyetir mobilnya.
Dan pada gambar sarungtangan4, terlihat sebuah bungkusan putih yang terlihat samar namun bisa gw pastikan itu adalah sarung tangan yang ia gunakan untuk membunuh.

Kalian pasti bertanya bagaimana gw bisa yakin akan hal tersebut kan?

Jawabnnya ada pada gambar ini

shock1

Tepat sebelum Satoru membuka laci mobil yang berisikan permen dan juga sebuah kantong putih namun tidak transparan tapi memberikan bentuk sebuah sarung tangan.

sarungtangan4

Sekarang gw mau masuk kedalam zona Revival dan Timeline seperti yang sudah gw sebutkan diatas :

Revival adalah kemampuan untuk kembali setidaknya 5 menit sebelum kejadian buruk terjadi kepada orang-orang disekitar Satoru.

Untuk timelinenya sendiri bermula bukan dari kejadian Satoru dikejar-kejar polisi untuk ditangkap sebagai tersangka pembunuh ibunya.
Tapi ceritanya bermula ketika, Kayo berhasil diselamatkan oleh Satoru pada tahun 1988 ketika ia masih kelas 5 SD, lalu cerita berlanjut sampai pada akhirnya Satoru ditenggelamkan di sebuah sungai yang membeku oleh gurunya sendiri yang juga seorang pembunuh, Yashiro. Namun rencana Yashiro gagal, dikarenakan Satoru hanya koma selama 15 tahun.
Kejadian pada Episode 1 merupakan halusinasi atau bisa disebut juga sebagai mimpi Satoru ketika ia koma selama 15 tahun, dengan kejadian yang benar-benar berbeda namun akhirnya ia berhasil kembali kejalur utama kehidupannya, ya keadaan dimana ia mengalami koma selama 15 tahun.

INI SEMUA MERUPAKAN PEMIKIRAN GW SENDIRI AKAN ALUR CERITA YANG AKAN BERJALAN DIEPISODE 12 NANTI
Untuk Airi sendiri sepertinya Satoru akan bertemu dengannya nanti diepisode 12, pada Episode 11 ini Satoru bertemu dengan seorang anak kecil yang bernama Kumi-.
Kemungkinan besar yang akan mendonorkan tulang kepada adiknya adalah Airi, walau diepisode sebelumnya dijelaskan bahwa Airi adalah anak tunggal, dan sekarang ia tinggal bersama paman dan bibinya.
Namun ada kemungkinan bahwa Kumi- ini adalah keponakan yang sudah dianggap Airi sebagai adiknya sendiri, atau bisa saja Satoru yang mendonorkan tulang belakangnya untuk Kumi- dan cerita yang terjadi pada episode 1 tidak akan terjadi sama sekali?. Jujur aja gw sendiri gak bisa jawab dengan pasti hal ini dikarenakan banyak titik yang belum tersambung ketika episode 11 ini, dan akan kemungkinan diepisode 12 ini nanti adalah duel antara Yashiro vs Satoru sampai pada kejadian jatuh dari rumah sakit? i dont know for sure.

Terima kasih telah membaca tulisan gw :)
salam, Naaa.

In Case You Missed It...