February 12, 2016 — 316 views

[Review] route0: Painting – Nostalgia Idol Anak Tahun 2003

Sudah berapa lama saya tidak menulis di sini? Doesn’t matter. Saya kembali dengan review lagu Jepang, kali ini lagunya lumayan jadul.

Satu pertanyaan untukmu: sebutkan satu grup idol favoritmu yang paling tua! Kalau pertanyaan tersebut ditujukan pada saya, maka dengan mantap saya akan menjawab route0.

alt

route0 merupakan grup idol anak yang dibentuk lewat acara TV ASAYAN. Acara tersebut menyelenggarakan audisi “Korea Japan Ultra Idol Duo Audition” dengan partisipan mencapai 15 ribu orang dari Jepang dan Korea Selatan. Sesuai namanya, hanya dua orang yang diterima, satu dari masing-masing negara. Mereka adalah Takahashi Marina dan Choi Sooyoung.

Kalau kamu pernah membaca tulisan-tulisan lama saya, seharusnya kamu tahu arah pembicaraan saya kali ini, huehuehue. Didn’t get the idea? Read along then.

alt

route0 debut di tahun 2002 lewat lagu “START” saat Marina berusia 12 tahun dan Sooyoung setahun lebih muda. Saat itu Sooyoung terlihat “lemah”: cengeng, kena culture shock, dan bahasa Jepangnya belum lancar. Namun ini bukan halangan baginya untuk tampil bersama Marina.

alt

route0 terus merilis single, yaitu “Wakuwaku It’s Love” di tahun yang sama, dan terakhir “Painting” di tahun 2003. Sehabis single ketiga mereka, tidak ada lagi rilisan baru dari route0. Perlahan-lahan mereka tak terdengar hingga akhirnya bubar dengan alasan yang tak saya ketahui. Cukup disayangkan memang, namun cerita mereka belum selesai sampai di sini.

Sebelum lanjut, mari kita ulas dulu single terakhir dan favorit saya, yaitu “Painting”.

“Painting” merupakan lagu pop bergaya akustik dengan sedikit selipan synth sebagai penyedap. Lagu kalem ini sangat menenangkan, polos, dan juga jujur. Tipikal anak-anak. I’d say, “Painting” menyajikan lagu J-pop khas tahun 2003. You can feel the vibe. Pasti akan terasa tuanya. Satu hal yang cukup mengejutkan adalah bagian rap yang dibawakan Sooyoung di bagian akhir. It really is something. Lagu ini ditulis oleh Hara Kazuhiro (Macross II, You’re Under Arrest, etc).

Next, “Onnanoko Magic” dimulai dengan verse singkat bergaya reggae dan disambung dengan musik tipikal pop-rock berirama kencang. Bagusnya, tidak ada transisi yang awkward dari setiap bagian. Kalau “Painting” terdengar lebih mature, maka “Onnanoko Magic” mengedepankan sisi imut route0. Lagu ini ditulis oleh unit Funta (iDOLM@STER, Seto no Hanayome, etc).

Track terakhir dari single ini adalah versi instrumen dari “Painting”. And that, is the end of route0.

Oh ya, kembali ke cerita route0. Bagaimana kisah mereka kini setelah route0 selesai? Sayang sekali bahwa informasi tentang Marina cukup sulit didapat sehingga awalnya saya tidak tahu bagaimana kehidupannya sekarang. Lalu bagaimana dengan Sooyoung?

snsd

Dia pulang ke Korea, kembali latihan, dan akhirnya bergabung dengan grup idol baru. Namanya So Nyuh Shi Dae. They achieved big success. Di Jepang, mereka dikenal dengan nama Shojo Jidai, dan juga berkali-kali tampil di Jepang.

Namun apakah Sooyoung dan Marina bertemu kembali?

Ya! Saat ditanya tentang Marina di Instagram, Sooyoung mengaku sudah hilang kontak dan tidak tahu tentang keadaannya sekarang. Kemudian para SONE (fans SNSD) garis keras pun menjadi detektif dadakan, berusaha mencari sedikit petunjuk tentang keberadaan Marina. Pucuk dicinta ulam pun tiba, akhirnya mereka mendapatkan informasi tentang Marina dari seorang kawannya di Twitter! Marina kini sudah menikah, dan kini dikaruniai anak perempuan. Lewat sang teman, Marina lalu diberitahu tentang Sooyoung dan diminta untuk segera menghubunginya.

Pertukaran pesan mereka di Instagram cukup menyentuh hati. Apa kamu ingin melihatnya?

Sooyoung! Baik-baik saja? Aku di sini baik. Aku terkejut saat mendengar kabarmu dari teman. Aku sudah melahirkan anak. Sekarang aku menjadi seorang ibu. Aku selalu menyaksikan kegiatanmu bersama anakku. Saat kukatakakan bahwa Sooyoung adalah temanku, anakku tidak percaya! Lalu aku mengajarkannya lagu “Wakuwaku It’s Love” dan akhirnya dia ingat. Bagaimana kabar keluargamu? Aku sangat merindukan kegiatan kita saat kecil. Apakah Nangu-san dan Inoue-san baik-baik saja? Mereka berdua pergi ke Ebisu. Ingat saat kita membeli permen asam di Sony Plaza? Kita berdua makan ramen pedas di tengah malam. Saat rekaman rasanya sangat menakutkan jadi kita masuk ke ruang rekaman bersama-sama. BoA datang ke rumahku dan aku sangat senang. Dia juga menginap bersama dengan keluargaku. Saudara laki-laki dan perempuanku menjadi businessman/woman. Keluargaku baik-baik saja. Bisa bertemu dan menyaksikan aktivitasmu membuatku sangat senang! Aku menantikan waktu untuk betemu denganmu. Hari ini kamu ada konser di Jepang, kamu bisa datang menemui aku dan anakku kapan saja. ~ Marina

Aku baik-baik saja!! Aku terkejut saat tahu Marina-chan sudah menjadi ibu!! Aku senang kamu hidup bahagia bersama keluarga yang sangat berharga! Aku sangat ingin bertemu dengan Marina-chan, tapi aku juga ingin melihat anakmu! Aku baru saja selesai konser di Nagoya! Aku tak sengaja menangis saat melihat komentarmu, karena aku langsung mengingat berbagai kenangan kita saat bersama. Saat aku konser di Jepang, aku selalu memikirkan Marina-chan. Karena alasannya aku bisa “START” di Jepang adalah karena Marina-chan. Saat itu aku belum bisa berbahasa Jepang sehingga aku suka diledek, tapi sekarang aku dan teman-teman di SNSD sedang menyempurnakan bahasa Jepang kami. Mungkin aku bisa tertawa saat ini karena aku bisa bertemu dengan Marina-chan? Bagaimana aku bisa menghubungimu? Aku ingin bicara hanya berdua denganmu!! Terima kasih kepada para fans yang sudah membantu agar aku bisa bertemu dengan Marina-chan, dan kepada Marina-chan, aku sangat berterima kasih! Terima kasih! Terima kasih SONE! ~ Sooyoung

Dan tak lama setelah itu, Marina dan Sooyoung kembali bertemu di konser Jepang SNSD. Nostalgic, isn’t it?

Saya pribadi lebih dahulu mengetahui SNSD, lalu dilanjut dengan route0. Bias saya hingga hari ini adalah Sooyoung, memang awalnya adalah karena fetish rambut pendek saya (ehm…). Namun kemudian, ada sesuatu yang membuat saya suka Sooyoung lebih dari itu. Dia sama seperti saya, menyukai pop culture dari Jepang dan Korea. Dia dan juga route0 menjadi bukti bahwa Jepang dan Korea masih bisa bersahabat. Seems pretentious, yeah. But I simply just loved them all.

Referensi

Allkpop

In Case You Missed It...