December 27, 2015 — 4158 views

Yang Tersirat dari Bokutachi wa Hitotsu no Hikari (Bagian 1)

Sudah 12 hari sejak bluray dan dvd dari Love Live! School Idol Movie dirilis. Sudah pada menonton? Jika sudah pasti sudah pada tahu bahwa film layar lebar dari seri Love Live! ini diakhiri dengan sebuah lagu berjudul Bokutachi wa Hitotsu no Hikari.

Bokutachi wa Hitotsu no Hikari adalah salah satu dari 6 lagu yang ditampilkan sepanjang film layar lebar ini diputar.

Banyak yang bilang bahwa lagu ini dapat membuat yang menonton, terutama loveliver (sebutan untuk fans love live!) meneteskan air mata saat menonton mengingat (mungkin) lagu ini adalah lagu terakhir yang dibawakan oleh M’s di seri anime nya jika tidak menghitung Korekara yang merupakan lagu bonus untuk pembelian bluray nya. Selain itu faktor dari lirik lagu ini yang terbilang cukup ‘nge-feel’ bagi para fans juga cukup berkontribusi.

Lalu, apa hal yang menarik dari lagu penutup film layar lebar Love Live! ini selain dari lirik nya tentunya? menimbang lagu-lagu dengan genre yang mirip dan lirik yang tak kalah ‘nge-feel’ juga sudah ada lebih dahulu dan tidak sedikit.

Hal yang cukup menarik dari lagu penutup ini adalah jika anda memperhatikan liriknya dengan cermat, anda bisa menemukan nama ke 9 anggota μ’s di sepanjang lirik lagu ini. Namun saya rasa hal ini sudah jadi rahasia umum di antara kalangan fans melihat beberapa grup dan forum Love Live! yang saya ikuti cukup banyak yang membahas soal ini baik forum lokal maupun grup mancanegara.

di luar hal-hal di atas, banyak yang menganggap bahwa lagu ini hanya merupakan lagu penutup (sebagian ada yang menganggap lagu ini lagu perpisahan mungkin?) biasa. Jujur, saya pun awalnya beranggapan demikian kalau tidak karena sebuah gambar yang cukup menarik perhatian saya yang dikirimkan melalui personal message oleh 2 orang sahabat yang tidak ingin namanya disebutkan di sini.


img source

Berdasarkan gambar di atas, masing-masing anggota μ’s dipasangkan dengan 2 buah bunga. Apa hubungan bunga-bunga ini dengan masing-masing anggota μ’s?

Untuk hal ini, pertama-tama ada ada baiknya menonton ulang video bagian akhir dari film layar lebar ini, terutama pada bagian ini:

Seperti yang terlihat, warna utama dari kostum lagu ini adalah merah muda dengan hiasan bunga pada beberapa bagian kostum. Selain itu bisa dilihat juga pada saat bagian ‘close up’ masing-masing terlihat 2 jenis bunga pada latar belakang. gambaran bunga-bunga pada latar belakang ini sesuai dengan daftar bunga yang dicantumkan pada gambar pertama.

Lalu, apa hubungan bunga-bunga ini dengan masing-masing anggota μ’s?

Jika dilihat secara langsung, akan sulit dilihat hubungan antara lagu ini dengan bunga. Namun, jika dilihat dari sudut pandang yang agak berbeda, maka akan ditemukan hal yang cukup menarik.

Ya, cukup menarik karena bunga-bunga ini tidak berhubungan secara langsung baik terhadap lagu ini maupun terhadap masing-masing anggota μ’s? Bunga-bunga ini berhubungan melalui apa yang disebut sebagai Bahasa Bunga.

“Katakanlah dengan bunga.” adalah suatu ucapan yang biasanya digunakan saat seseorang kehilangan kata-kata untuk diucapkan. Setiap bunga memiliki makna dan artinya tersendiri masing-masing. Dalam kultur dan tradisi Jepang, hal ini dikenal dengan sebutan Hanakotoba (花言葉). Hanakotoba biasa dignakan untuk menyampaikan emosi dan perasaan, serta untuk bekomunikasi tanpa menggunakan perkataan.

Jika mendasari bunga-bunga yang terlihat pada video bagian ‘close up’ masing-masing anggota μ’s dengan bahasa bunga, maka akan didapatkan:

Honoka

A. Bunga matahari

-Rasa kagum

-Memandang jauh ke depan

-Kilau

B. Herbras (Gerbera)

-Harapan

-Melangkah maju

-Keindahan/Kecantikan

-Rasa cinta

-Keakraban

Eli

A. forget-me-not

-Persahabatan

-Cinta yang sebenarnya

B. Nemofila

-Kemakmuran

-Ucapan selamat

-Kesungguhan

Kotori

A. Dafodil

-Rasa cinta terhadap diri sendiri

-Egoisme

-Kebanggaan

-Bangsawan

-Misteri

-Rasa Hormat

Lili

-Suci

-Bersih

-Mulia

Umi

A. Hortensia Ungu

-Perubahan

-Harga diri

-Rasa cinta seorang gadis

-Cinta yang tumbuh dari rasa sabar

-Pertemuan kembali

-Persahabatan

B. Hortensia Biru Muda

-Kebahagiaan

Rin

A.Lance Leaved Coreopsis

-Cantik

-Cemerlang

-Suasana hati yang baik

-Riang

B. Yellow Cosmos

-Kesucian dan ketulusan seorang gadis

-Kecantikan

-Harmoni

-Kerendahan hati

-Cinta yang kekanak-kanakan

Maki

A. Mawar

-Cinta

-Kecantikan dan keindahan

-keanggunan

-Wanita terhormat

-Ramah

B. Peony

-Kekayaan

-Bergaya

-Pemalu

Nozomi

A. Tapak Dara

-Persahabatan yang abadi

-Kenangan indah

-Lemah lembut

-Merangkul bersama-sama

B. Bunga Lonceng

-Cinta yang abadi dan lemah lembut

-Tulus

-Lembut

Hanayo

A. White Paper Daisy

-Riang

-Haru

-Kelembutan

-Cinta penuh kasih

-Cemerlang

-Perasaan yang takkan pernah berubah

B. Christmas Rose caring

-Kenangan

-Ingatlah aku

-Tak ada rasa cemas

-Pelukan

Nico

A.Dahlia

-Kemegahan

-Keindahan

-Keanggunan

-Hasrat

-Rasa tidak aman

B. Anyelir

-Cinta suci

-Rasa terima kasih

-Keanggunan

-Kehangatan

-Jelita

Berdasarkan bahasa bunga di atas, dapat dilihat bahwa terdapat beberapa kecocokan masing-masing bunga terhadap masing-masing anggota baik dari segi penampilan maupun karakter. Hal ini cukup menarik dikarenakan material-material seperti ini tidak disampaikan secara langsung, namun malah disampaikan secara tersirat melalui tayangan visual pada ‘video music’ nya.

Dan mungkin sebagian sudah bisa menduga bahwa apa yang tersirat dari lagu ini bukan hanya apa yang telah disebutkan di atas saja, masih ada beberapa bagian tersirat dari lagu ini yang cukup menarik untuk dibahas. Tapi, mari kita simpan hal-hal tersebut untuk waktu berikutnya.

Atau adakah yang sudah memiliki pemikiran sendiri terhadap lagu ini?

In Case You Missed It...