October 5, 2015 — 559 views

[Review] Drift Spirits

Kalau kita berbicara mengenai game dengan bergenre Racing, yang ada dibenak kita mungkin berberapa game terkenal dengan kontrol yang realistis seperti Asphalt 8 atau Real Racing 3. Nah, bagaimana jika game bergenre racing diberi “bumbu” RPG dengan aksi “ngepot” alias Drift ?, kamu bisa mengtahuinya dengan memainkan game berjudul Drift Spirits.

Drift Spirits merupakan game smartphone dari Bandai Namco Entertaiment untuk iOS dan Android. Sebenarnya game ini sudah dirilis di Jepang sejak november 2013 lalu, tapi baru dirilis secara global pada 5 juni 2015 lalu. Mungkin selisih waktu yang hampir 2 tahun itu cukup jauh, tapi itu berpengaruh ? kalau menurut saya sih tidak terlalu berpengaruh, kecuali pada hal-hal tertentu (jika anda sudah memainkan versi jepangnya). Ayo kita lihat review-nya, setelah saya memainkannya selama hampir 4 bulan (saya sudah main sejak Worldwide Release)

Sebelum Memulai, Tentukan Cara Kamu Mendownload Datanya

Saat pertama kali memainkannya, kamu harus mendownload initial data terlebih dahulu sebagai data awal supaya kamu bisa memainkannya nanti. Untuk data awalnya sekitar 200MB, tapi data yang tersebut sudah dikompres terlebih dahulu jadi anda tak perlu takut paket kuota anda akan cepat habis ( namun memakai Wi-Fi lebih direkomendasikan).

Tapi ingat, itu hanyalah data awal permainan. Jika ada mobil lawan atau trek baru yang tidak ada didalam data sebelumnya maka game ini akan mendownload-nya terlebih dahulu sebelum balap. Jika ditotalkan, maka ukuran sebenarnya game ini sekitar 1,2GB jika semua data mengenai mobil dan trek telah ada walaupun anda tidak harus mendownload semuanya sekaligus. Tapi kalau anda mau, anda bisa memilih batch download dan akan mendownload semua datanya sebelum game dimulai, jadi anda bisa langsung mulai balap nantinya tanpa harus menunggu datanya didownload sebelum balapan dimulai. Tapi sekali lagi, jika anda mau melakukannya.

Saat Pertama kali Memulainya…..

Setelah selesai mendownload data, seperti game-game lainnya anda diminta untuk memberikan nama yang kita mau, kemudian memilih avatar (total ada 4 avatar yang bisa dipilih, dua cewek dan dua cowok) dan memilih salah satu mobil pertama kita.

Untuk Mobilnya terdiri dari Honda CR-Z ZF2, Mazda Roadster NCEC, Mitsubishi FTO DE3A, Nissan 180SX RPS13, Subaru BRZ ZC6, Mini Cooper S F56, Toyota Sprinter Trueno AE86, dan Nissan Fairlady Z S30. Setelah memilih avatar dan mobil, kita akan diajak mengikuti tutorial bermain game ini, dan menyelesaikan prolog dan awal cerita sebelum memulai permainan.

Perhatikan Mobilmu setiap Detailnya Dilayar Utama

Setelah anda berhasil login anda akan disapa oleh bagian awal yang menampilkan mobilmu yang dishowcase berputar dengan 3D graphic yang membuatnya terlihat bagus, dan detail. Dibagian layar utama ini akan menampilkan nama kamu, level, exp tersisa, jumlah koin, dan jumlah gasoline dibagian atas layar. Dan bisa mengatur friendlist dan profile kamu dibagian bawah layar beserta bagian event dan news yang terletak berdampingan.

Sedangkan dibagian kanan layar ada 6 pilihan utama yaitu home, garage, race, shop, dealership, dan menu. Home akan membawa anda kembali ke layar utama. Garage untuk mengatur mobil anda beserta parts. Race untuk balapan, menyelesaikan story serta event. Shop untuk membeli berbagai item atau offering tertentu (tentu dengan uang asli). Dealership untuk mendapatkan item, mobil dan parts dengan sistem summoning ala RPG tentunya (nanti dibahas terpisah). Terakhir menu untuk menampilkan berbagai pilihan seperti news, profile, giftbox, setting, dan lain-lain.

Simple Gameplay for Exciting Drift

Walaupun ini adalah game bergenre racing, jangan berpikir gameplay-nya sama seperti game racing kebanyakan yang harus tap ini-itu, atau harus repot-repot memiringkan smartphone anda hanya untuk mengendalikannya (walau tidak semuanya harus begitu). Game ini memiliki gameplay yang sangat simpel, bahkan menurut saya inilah game racing yang paling simpel gameplay-nya, namun juga menantang.

Caranya mudah saja. Sebelum start, anda hanya perlu men-tap pedal gas dan mobil berjalan otomatis. Kalau anda cukup pandai, anda bisa melakukan Rocket Start yang memberikan akselerasi instan yang dapat memberikan anda keuntungan diawal pertandingan.

Yang paling menegangkan dari game ini dan sesuai dengan judul gamenya Drift Spirits adalah ketika di tikungan anda harus melakukan drift. Untuk melakukannya cukup dengan men-tap setir (dibawah kiri) selama tikungan dan melepasnya ketika diakhir tikungan. Memang terdengar mudah, namun diperlukan timing yang tepat dalam men-tap setir jika ingin mendapatkan drift yang sempurna. Jika terlalu awal dan telat men-tap-nya, mobil kamu tidak akan drift dengan sempurna dan menjadi kesempatan lawan untuk mendahului kamu. Untuk membantu kamu dalam menemukan titik yang tepat dalam melakukan drift ada garis kuning dibagian awal dan akhir tikungan yang menjadi acuan kamu dalam melakukan drift nantinya. Sekali lagi, memang terlihat mudah tapi sulit, oleh karena itu kamu perlu sedikit latihan untuk mengetahui titik yang tepat disetiap trek.

Namun jika kamu mampu terbiasa, drift ini akan membuat kamu menjadi lebih cepat. Bahkan diberberapa tikungan tertentu camera view bisa berubah menjadi terlihat keren, memang terlihat mengganggu tapi tidak apa-apa selama anda menahan setirnya dan camera view akan kembali normal menjelang akhir tikungan. Seperti LanEvo saya ini (hehe) :3

Karena memang game ini diberi “bumbu” RPG, tentu konsep game ini memiliki nuansa RPG-nya, seperti menyelesaikan misi (seperti quest) di berbagai area. Dan setelah menyelesaikan misi kamu akan mendapatkan exp, uang dan berbagai item. Dan game ini juga memiliki jalan cerita layaknya game RPG. Selain itu untuk menjalankan misi membutuhkan gasoline (bahan bakar). Jika gasoline habis tentu kamu tidak bisa menjalankan misi, jadi anda harus menunggu hingga gasoline penuh atau bisa juga mengguna Gas Tank untuk mengisi ulang gasoline kita (ada yang berbayar, ada yang gratis jadi terserah kamu). Kapasitas tangki gasoline akan semakin tinggi seiring dengan semakin tingginya level karakter kita.

Oh ya, durasi dari gameplay ini terbilang singkat. Bahkan kamu bisa menyelesaikan balapan tidak sampai 30 detik (tergantung panjang trek), itupun kalau kamu tidak menggunakan semua nitrous yang ada. Kalau menggunakan semua nitrous tentu kamu bisa menyelesaikan balapan lebih singkat lagi. Satu lagi, melihat grafis 3D yang begitu detil mungkin membuat para pengguna Android dengan spek rendah jadi menyeringat dahi terutama yang hanya 512MB RAM, karena grafis 3D dari game ini tentu menjadi haus akan RAM. Akan tetapi mengingat hampir semua smartphone saat ini (terutama Android) sudah memiliki RAM minimal 1GB, jadi rasanya tidak ada masalah saat memanikannya, yang mana 1GB RAM sudah cukup untuk memainkannya dengan lancar.

Customize your Ride

Pemain mana yang senang yang hanya bisa mengendarai mobil standar tanpa modifikasi ?. Yup, yang namanya game racing itu tentu tidak afdol jika tidak ada yang namanya modifikasi, Drift Spirits juga memiliki fitur modifikasi. Tapi yang membuatnya berbeda adalah cara modifikasinya yang ala RPG, dan semuanya bisa dilakukan di garage. Tidak hanya kustomisasi, kamu bisa mengatur mobil dan spare part, serta menjual mobil dan spare parts yang tidak berguna di bagian Trade/Sell.

Anda bisa memilih mobil yang akan anda pakai beserta spare parts-nya. Cara memasang spare part di game ini lebih terlihat seperti memasang armor dan weapon, yang mana spare part tersebut dapat meningkatkan statistik dari mobil meliputi Speed, Acceleration, Handling, dan Gas Consumption. Elemen game RPG juga semakin kental karena kamu bisa meningkatkan statisknya lagi dengan meningkatkan level dari spare part, dengan menggunakan enchancement kit atau menggunakan spare part lain yang tidak terpakai. Tapi ingat, semakin tinggi level dari spare pare, maka biaya enchancement-nya akan semakin tinggi, jadi kamu perlu berfikir matang spare part mana yang akan kamu naikkan levelnya. Jangan sampai koin kamu kehabisan dengan cepat, kecuali kalau jumlah koin sudah sangat banyak yang membuat kamu tidak perlu berfikir dua kali untuk menaikan level parts-nya. Oh ya, setelah memasang spare parts akan ada jeda waktu tertentu agar mobil bisa siap balapan, jadi mobil kamu belum bisa balapan dalam jangka waktu tertentu tergantung berapa banyak spare parts yang terpasang beserta tingat rarity-nya. Kalau memang tidak mau menunggu kamu bisa menggunakan part installation ticket yang sudah tersedia sejak awal permainan, tapi jumlahnya terbatas jadi gunakanlah secara bijak.

Selain Menaikkan level spare part, kamu juga bisa melakukan kustomisasi pada mobil mulai dari warna, velg, spoiler, decals, dan bodykit. Namun untuk membuka pilihan kustomisasi anda tidak bisa sekedar membeli kit lalu pasang begitu saja, melainkan dengan cara menggabungkan 2 mobil yang sama berberapa kali hingga rarity dari mobil tersebut meningkat. Cara itu juga merupakan cara untuk menghilangkan berbagai restriksi pada mobil seperti grade limit dan juga meningatkan statistik dari mobil itu sendiri.

Try Your Luck in Dealership

Kalau kamu merasa sudah saatnya untuk mencari mobil atau spare part baru, kamu bisa mendapatkannya di Dealership. Walaupun namanya Dealership jangan berfikir itu adalah tempat untuk bisa mendapatkannya dengan cara membelinya walaupun kamu punya koin yang banyak sekalipun. Semuanya bergantung kepada “keberuntungan” kamu.

Yup, game ini menggunakan konsep summoning seperti game RPG pada umumnya. Disini dikenal dengan istilah order, dimana kamu bisa melakukan order dengan gold, oreder ticket, atau dengan CP Point. Karena menggunakan konsep summoning, kamu belum tentu mendapatkan spare part yang kamu inginkan karena semuanya didapatkan secara acak. Disni “keberuntungan” menentukan segalanya, kalau kamu bisa mendapatkan spare part langka, artinya kamu boleh dibilang beruntung, karena menurut saya tingkat PHP digame ini terbilang cukup tinggi. Jadi, bukan tidak mungkin kamu hanya bisa mendapatkan spare part junk walaupun anda telah melakukan banyak order sekalipun, terutama kalau kamu memilih ticket order dan CP order.

Hal yang sama juga berlaku untuk mobil, yang mana game ini menghadirkan berbagai mobil berlisensi dari pabrikan jepang ternama seperti Toyota, Honda, Nissan, Subaru, Mitsubhisi, dan Mazda. Tidak hanya pabrikan jepang, pabrikan luar juga ada digame ini seperti General Motors, MINI, dan RUF. Namun cara mendapatkannya juga sama seperti mendapatkan spare part, yaitu menggunakan sistem keberuntungan. Untuk contoh pemain yang beruntung kamu bisa melihat gambar dibawah ini :3

Selain itu, biasanya Bandai Namco selaku developer dari game ini selalu memberikan berbagai penawaran order menarik dalam jangka waktu tertentu. Seperti manufacturer order yang dimana kamu bisa mendapatkan mobil sesuai dengan pabrikan mobil yang ada, atau grade up parts order yang memberikan jaminan spare parts langka. Semuanya tentu dengan uang asli (kira-kira 30 ribu rupiah untuk sekali order). Selain itu juga ada gold order 10 set seharga 1000 gold atau sekitar 100 ribu rupiah (harga normalnya 3000 gold atau sekitar 350 ribu rupiah), namun hanya bisa sekali pakai dan hanya muncul dalam event tertentu. Mahal atau tidaknya penawaran ini tergantung pandangan kamu sendiri.

In The End…..

Setelah saya memainkannya selama 4 bulan (dimulai tepat setelah Worldwide Release), inilah game pertama saya yang membuat saya betah karena gameplay yang simpel dan adiktif, serta grafis yang menawan namun masih lancar (kecuali smartphone dengan 512MB RAM). Jika kamu yang mencari game racing dengan rasa yang berbeda, atau bagi kamu yang merupakan penggemar Initial D (karena game ini terinspirasi dari Initial D, yaitu Drift Battle) seperti saya (hehe), serta bisa bersabar menghadapi PHP yang ada, Drift Spirits dari Bandai Namco Entertaiment merupakan pilihan yang tepat buat kamu.

Sekian review dari game yang merupakan game favorit saya saat ini. In The End, Stay Revved up for DRSP !!!

In Case You Missed It...