September 20, 2015 — 2368 views

Kumpulan Anime dan Manga Bertema Otomotif Favorit


Kita semua pasti menyukai membaca manga atau menonton anime. Bagi para penyuka otomotif, tentu nama-nama seperti Inital D, Wangan Midnight & Over Rev! pasti muncul dalam benak kita. Lagipula, siapa sih yang tidak terpesona melihat aksi Takumi Fujiwara bersama Sprinter Trueno AE86, Akio Asakura bersama Fairlady “Devil Z” S30, atau si underdog Ryouko Shinou bersama MR2 G-Limited SC AW11 miliknya ?

Sebenarnya masih banyak anime & manga dengan tema otomotif yang bagus selain 3 nama diatas. berikut berberapa anime dan manga bertema otomotif yang tidak kalah menarik, serta mengajarkan kepada kita untuk mencintai dunia otomotif.

Capeta / カペタ

Manga buatan Masahito Soda menceritakan kisah dari seorang anak dari keluarga miskin bernama Kappeita Taira atau biasa akrab dipanggil Capeta yang berjuang menggapai mimpinya menjadi pembalap Formula 1. Melihat impian anaknya, sang ayah pun berjuang dalam mewujudkan impian Capeta.

Kisahnya yang klise seperti manga bertema olahraga lainnya, tapi jelas akan menarik perhatian para pecinta otomotif, karena banyak memberikan pengetahuan mengenai balap. Mulai dari aerodinamika, racing line, sampai arti dari sebuah kompetisi. Adaptasi anime dari Capeta sendiri sudah dirilis dari tanggal 4 oktober 2005 sampai 26 september 2006.

Full Spec / フルスペック

Manga dari karya Tako Sakeguchi ini menceritakan kisah tiga remaja yang dipanggil “Blue Three“, yaitu Arata sang pembalap, Chinta sang desainer & konstruktor, serta Bunyan sang mekanik. Dengan sebuah Mazda MX-5 Miata NA8C, mereka pun mewujudkan cita-citanya membangun sebuah mobil balap.

Jangan pernah meremehkan kemampuan mereka. Walaupun hanya berbekal Mazda MX-5 yang terbilang lemah mereka mampu membuat MX-5 berwarna biru tersebut menjadi raja jalanan, mulai dari trek aspal sampai rally.

My Favorite Carrera / 彼女のカレラ

Manga Karya Kia Asamiya ini agak berbeda dengan manga lainnya yang bertema otomotif, karena manga ini lebih mengarah kepada lifestyle atau gaya hidup bersama supercar eksotis, namun masih tetap menarik. Kisahnya menceritakan seorang wanita bernama Reina, yang mendapat warisan sebuah Porsche 911 (964) berwarna Ruby Red dari almarhum ayahnya, Padahal Reina yang bekerja sebagai editor tidak punya pengalaman dalam memiliki sports car sebelumnya.

Selain cerita yang cukup menarik, dari manga inilah kamu bisa mengetahui mengapa semua orang tergila-gila dengan Porsche 911 (964) yang merupakan ikon otomotif dunia juga ikon utama dalam manga ini. Oh ya, karena manga ini banyak memuat materi “dewasa”, jadi bagi yang masih dibawah umur jangan baca manga ini.

Restore Garage 251 / レストアガレージ251
{<10>}

Dari namanya saja mungkin kamu sudah tahu apa yang disuguhkan dalam manga ini. yap, manga karya Ryuji Tsugihara ini menceritakan keseharian sang pemilik bengkel, Yumejiro bersama cucunya, Tetsu dalam merestorasi berbagai mobil klasik, yang merupakan fokus cerita manga ini.

Manga ini banyak memberikan pengetahuan soal spesifikasi mobil & bagaimana merestorasinya, tentu semuanya mobil klasik yang ikonik. Dari manga ini kita akan tahu, bagaimana dampak dari restorasi mobil kepada sang pemiliknya, yang ternyata membuktikan kalau mobil itu bukan sekadar alat transportasi, namun juga mampu membuat & menyimpan banyak memori tak terlupakan. Manga ini jelas direkomendasikan buat pecinta otomotof, terutama pecinta mobil klasik.

Yoroshiku Mechadoc / よろしくメカドック

Mungkin inilah salah satu manga bertema otomotif yang paling tua. Manga yang juga dibuat oleh Ryuji Tsuhara ini diterbitkan pada tahun 1982 sampai 1985, dan adaptasi anime dari serial ini dirilis pada 1 september 1984. Kisahnya mencerita seorang mekanik bernama Jun Kazami yang bekerja di MD (Mechanical Doctor) yang membangun sebuah Toyota Celica XX 2800GT MA61 menjadi mobil balap untuk bersaing dengan mekanik lain di sirkuit Tsukuba.

Banyak mobil JDM klasik yang ditampilkan dalam serial ini, seperti Mazda RX-7 SA22C, Nissan Fairlady Z Z31, sampai mobil JDM legendaris seperti duo legend toyota, yaitu Sports 800 dan sang ikonik 200GT, Isuzu Piazza, dan Honda CR-X dengan Mid-engined layout.

Factory Z

Manga karya duet Shigeo Makino & Naotsugu Matsuda ini cukup unik, karena manga ini berfokus pada pekerjaan sebuah grup fotografer otomotif bernama Factory Z, yang berkeliling dunia untuk mengambil gambar spyshot dari mobil-mobil prototype yang sedang diuji oleh pabrikan secara diam-diam.

Dari manga ini kamu bisa tahu bagaimana sulitnya bekerja menjadi fotografer dalam mengambil gambar spyshot, yang membuat publik tahu mobil apa nanti yang akan diluncurkan.

Michel Vaillant

Inilah komik bertema otomotif yang paling legendaris (saya bilang komik, bukan manga karena bukan berasal dari jepang). Menceritakan seorang pembalap dari Prancis & tim keluarganya, Vaillante, yang berusaha menjadi yang tercepat di semua kategori motorsport, mulai dari Formula 1, Rally sampai Le Mans.

Komik karya Jean dan Phillipe Graton sangat realistik, dan membuat kita ikut tegang dalam mengikuti kisah Vaillant & keluarganya dalam mengikuti balap. Dipenuhi kisah & intrik, dan juga sejarah-sejarah otomotif, serta membuat dampak yang membekas bagi para pembacanya. Komik ini juga dibuatkan film layar lebarnya pada tahun 2003.

Itulah beberapa komik & anime yang menurut saya sangat menarik & inspiratif untuk dibaca. Nah, apakah anda juga pernah membaca komik & anime bertema otomotif lain? Apa kesan yang anda dapatkan? Atau ada judul-judul lain yang menurut anda juga menarik untuk dibaca?

Sumber : Pedal2theMetal

In Case You Missed It...