August 28, 2015 — 595 views

[Event Report] Comic Frontier 6

Setelah belum lama mampir ke OTPcon 2015, tanggal 22 Agustus kemarin saya mengunjungi Comic Frontier (Comifuro) yang ke-6.

Definisi dari Comic Frontier sendiri adalah event penjualan doujin yang bertujuan untuk menjadi sarana bagi para pembuat doujin menyalurkan minat dan bakatnya. Di event ini, pembuat doujin dapat bertemu dengan orang yang memilki minat yang sama dan menyebarkan karyanya secara langsung dengan cara berjualan. Comifuro diadakan dengan format acara doujin (Comic Market) di Jepang.

Teaser Comifuro 6 yang dipublikasikan 11 April lalu.

Poster official Comic Frontier 6 oleh illustrator Kippow.

Comifuro 6 dilaksanakan tanggal 22-23 Agustus 2015 di SMESCO Exhibition Hall. Tahun 2015 genap menjadi tahun ke-6 diadakannya event ini, yang berarti Comifuro telah diadakan sejak dari tahun 2010. Namun, ini adalah kali pertama saya mendatangi Comic Frontier.

Berikut adalah circle map Comifuro 6.

Selain circle map, pihak Comifuro juga membuat web catalog berisi daftar nama-nama booth beserta fandom dan foto barang yang akan dijajakan.

Dan lagi-lagi, Touken Ranbu mendominasi. Ada 91 circle yang menjajakan barang-barang bertema game pedang-pedangan ini. Disusul dengan Kancolle dan fanfom Western.

Luar biasa. :”)

Saya berangkat bersama enam orang lainnya yang merupakan teman satu sekolah saya, dan kami kembali naik Transjakarta dari Halte Pulogadung.

Karena satu dan lain hal kami tidak berangkat tepat waktu. Akibatnya, saya dan teman-teman baru tiba di sana pukul 10.00, telat satu jam setelah doujin hall dibuka. Saya pun langsung menjelajahi SMESCO Exhibition Hall yang sudah sangat ramai tersebut.

Suasana Comifuro 6.

Beberapa circle di Comifuro 6.

Interaksi penjual dan pembeli di salah satu circle.

Seperti biasa, saya berburu poster, pin, keychain, prints, bookmark, doujin, sampai notebook di sana. Awalnya saya sempat berkomitmen untuk tidak menghabiskan banyak uang (karena di OTPcon kemarin uang saya habis banyak juga orz), tapi karena merchandise di sana terlalu menggiurkan… akhirnya uang saya habis juga. Hahaha. /nangis/

Selain berburu merchandise saya juga berburu cosplayer untuk saya mintai foto bareng. Contohnya beberapa cosplayer di atas.

Di Comifuro ini juga ada inner stage dan outer stage yang masing-masing diisi oleh macam-macam acara sesuai rundown. Comifuro 6 juga bekerja sama dengan Maid & Butler Café yang bernama Crystal Rêverie. Oh ya, kali ini saya tidak perlu takut kesusahan untuk cari makanan, sebab ada stand bazaar yang berada di luar ruangan.

Setelah menghabiskan waktu cukup lama di SMESCO Exhibition Hall, pukul 17.00 saya menempuh perjalanan pulang ke rumah dengan perasaan puas sekaligus sedih karena uang saya habis. Tapi secara keseluruhan saya senang, karena selain bisa belanja hasubando stuffs, saya juga bisa bertemu teman-teman baru dan teman-teman dari dunia maya.

Walaupun Comifuro dilaksanakan dua hari, saya memilih untuk datang di hari pertama saja. Namun, sebenarnya ada beberapa circle tertentu yang hanya buka di hari Sabtu atau Minggu.

Loots Comifuro 6 milik saya. :”3v

Photo source: dokumen pribadi, Akiba Nation, dan fanpage Comic Frontier di Facebook.

In Case You Missed It...