August 15, 2015 — 406 views

[Event Report] OTPcon 2015

Halo, perkenalkan saya Sei. Ini adalah tulisan pertama saya di my.JOI, silakan jika ingin memberikan kritik atau saran di comment~

Di tulisan pertama milik saya, saya ingin memberikan liputan tentang OTPcon. Mungkin saya sangat terlambat, tapi saya tetap ingin menulis tentang event ini, karena OTPcon adalah event kedua yang saya datangi setelah AFA 2012. Maklumlah, saya memang sempat vakum dari dunia anime dan manga karena kesibukkan saya di sekolah.

Lalu, apa itu OTPcon?

Logo OTPcon.

OTPcon adalah sebuah event yang berfokus pada doujinshi. Event ini pertama kali diadakan tahun 2015 oleh C2Fiesta, event organizer yang mengkhususkan diri dalam membuat event ‘only’ dari skala kecil sampai besar terutama untuk circle indies di Jakarta dan sekitarnya.

Dengan slogan unggulannya, “The ship sail itself”, OTPcon berhasil mengumpulkan 55 circle yang dikelompokkan menjadi 6 kategori. Kategori-kategori tersebut di antaranya Touken Ranbu spaces, Idol Spaces, Sport Heaven, MoviDome, Original, dan lain-lain.

Daftar nama-nama circle yang akan menjajakan merchandise-nya beserta circle map.

Saya berangkat dari rumah bersama kedua teman saya yang juga mempunyai hobi seputar anime dan manga, sehingga mereka dengan senang hati mau menemani. Karena kami bertiga belum punya SIM, kami memutuskan untuk naik Transjakarta dari Halte Pulogadung. Walaupun sudah berangkat sangat pagi, tetap saja kami terlambat dikarenakan harus menunggu bus yang terlambat datang.

Dengan harapan tidak kehabisan doujin yang saya inginkan, kami pun memasuki hall Lotus 1-2-3 di Lantai 6 JDC pukul 10.30, padahal gate hall sudah dibuka dari pukul 10.00. Sebelum memasuki ruangan, kami diberikan circle map untuk memudahkan kami mencari nama circle yang ingin didatangi.

Pintu masuk Lotus 1-2-3. Seorang panitia membagikan flyer berisikan circle map.

Meja informasi OTPcon.

Pengunjung sudah sangat ramai memenuhi ruangan acara. Saya dan teman-teman pun memutuskan untuk berpencar. Dengan ditemani berbagai soundtrack anime seperti COLORS dari FLOW (Code Geass) sampai Trust Me milik Yuya Matsushita (Durarara!!), saya memulai perburuan merchandise dari booth bernomor urut pertama. Sejauh mata memandang, merchandise maupun poster Touken Ranbu memang paling banyak menghiasi di hampir semua circle. Namun, sport anime juga tak kalah mendominasi. Saya sendiri lebih banyak menghabiskan waktu di sekitar Touken Ranbu spaces dan Sport Heaven. Circle-circle di sana tak hanya menjual merchandise berupa doujin, badge, fanbook, dan poster, tapi juga ada yang menjual kaos, bahkan visual novel. Mirisnya, hanya dalam 30 menit, uang ratusan ribu di dompet saya sukses ludes. :”)

Keramaian di OTPcon 2015.

Beberapa circle-circle di OTPcon.

Maskot-maskot OTPcon. Paling atas: Shin, tengah: Alicia, paling bawah: Akane (kiri) dan Urie (kanan).

Ketika saya kembali bersatu dengan teman-teman saya, saat itulah pengundian doorprize yang dipersembahkan oleh Light Wear Clothes diumumkan, dan kami baru sadar kalau ternyata di circle map yang kami pegang masing-masing terdapat nomor undian. Teman saya menjadi salah satu orang yang beruntung mendapatkan doorprize, yaitu tas laptop bergambar Monokuma, beruang hitam-putih dari Danganronpa. Uhuksayairiuhuk.

Tidak sedikit pengunjung-pengunjung yang datang sambil ber-cosplay. Saya juga sempat berfoto dengan beberapa cosplayer seperti Makoto dari Free!, Slaine dari Aldnoah.Zero, juga OTP saya, Takao dan Midorima.

Tiga setengah jam saya menjelajahi circle-circle di OTPcon, pukul 14.00 saya kembali ke rumah dengan bus. Overall, semua sudah dikoordinir dengan baik oleh panitia. Hanya saja, untuk ke depannya saya sarankan OTPcon diadakan hari Sabtu. Karena jika Minggu, pulangnya saya sudah tepar karena kelelahan. Sementara besok pagi harus sekolah. T_T

Oke, segitu saja laporan dari saya. Sampai jumpa di event report berikutnya: Comic Frontier 6!

Bonus foto: Loots OTPcon. X”D

Photo source: dokumen pribadi dan fanpage OTPcon 2015 di Facebook.

In Case You Missed It...