July 2, 2015 — 285 views

SRW Z3 Tengoku Hen – 強き事は美しき哉II DLC Summary

Ada yang suka main game Super Robot Taisen/Wars di sini? Salah satu SRW terbaru yang dirilis, SRW Z3.2 Tengoku Hen, yang merupakan konklusi dari Z saga menurut saya memiliki interaksi karakter yang sangat bagus dan menarik untuk standar SRW, meski sayang game-nya sendiri secara overall cukup mengecewakan untuk sebuah grand finale yang lama ditunggu namun tetap menyenangkan untuk dimainkan bagi penggemar mecha/giant robot.

Nah pada kesempatan ini, hitung-hitung ngabuburit, saya ingin sharing salah satu DLC stage dari game ini yang interaksi karakternya paling menghibur sejauh yang saya mainkan di antara stage lain yang saya beli. Dari point ini asumsi saya kalian sudah paham dengan istilah dan nama karakter/grup dari serial yang ada di game ini ya, jadi langsung saja saya mulai summary-nya. Oh ya, buat kalian yang mungkin risih dengan summary bahasa Indonesia, kalian bisa membaca versi bahasa Inggris-nya di blog saya.

*Pic source: 肉包君@Pixiv

Stage “強き事は美しき哉II” ini menceritakan ronde kedua dari kompetisi para anggota wanita di grup Z-BLUE dalam memperebutkan gelar Miss Z-BLUE. DLC Stage ini bisa kamu miliki dengan membelinya di PSN seharga 150 yen dan baru bisa kamu akses setelah setidaknya kamu menyelesaikan stage 50 di story utama game-nya.

Event ini mengambil waktu setelah Z-BLUE dan manusia telah saling mengerti satu sama lain dengan ELS. Sepulangnya tim Z-BLUE dari pertarungan dengan ELS tersebut, di hangar Solarian para member wanita mengelilingi Hibiki dan Suzune. Mao kembali menyambut Suzune, Sayaka mengatakan bahwa mereka telah menunggu kembalinya Suzune demi hal ini. Waktu di mana mereka bisa menyelesaikan hal yang selama ini tertunda, kata Klan. Hibiki tidak mengerti apa yang dimaksud tapi tidak dengan Suzune yang langsung menyambut tantangan dari para wanita tersebut, sebagai defending champion dari kontes Miss Z-BLUE!

Singkat cerita, kontes ronde kedua ini diadakan di pulau tidak berpenghuni, disiarkan langsung agar para pria Z-BLUE bisa menyaksikan jalannya kompetisi ini, dengan AG sebagai wasit dan beberapa sub-pilot wanita sebagai wasit tamu. Namun para sub-pilot wanita ini tampak kesal dengan sesuatu. Mome mengatakan tentu saja mereka kesal, sangat tidak adil hanya pilot utama yang bisa mengikuti kontes ini kata Kei dari tim Getter Robo, sementara Mail menambahkan bahwa ada beberapa orang, seperti si dada besar Xine yang bisa ikut kontes padahal dia hanya kru dari Traia. Beberapa wanita lain seperti Mylene, Lunamaria, Sylvia, Ibuki, Soma, dan Roze juga ikut protes. Soma mengatakan jika dia tahu aturan konyol seperti ini dia akan mengambil posisi main pilot Harute dari Allelujah sementara Roze mengatakan dia rela mengendarai robot Gishin agar bisa ikut. Chidori pun menambahkan bahwa kontes ini konyol, karena dari awal Suzune yang hanya sub-pilot dari Genion bisa ikut dan bahkan menang. AG bilang bahwa ‘orang dewasa punya alasan’ sementara Dorothy bilang kalau AG hanya menganakemaskan Suzune. Tidak menghiraukan protes, AG melanjutkan kontes dan memperkenalkan para tim peserta.

Tim #1 adalah professor kejam yang jenius dan anggun, the Beautiful Fox, Traia Scott didampingi Margueritte Pistel dan Xine Espio. Xine mengatakan mereka adalah tim yang patut disegani saingan dengan “keluguan” Margueritte, “kecerdasan” Traia, dan “keseksian”-nya, yang langsung disanggah AG bahwa Xine si mantan anggota Chimera dulu tidak bisa memiliki tim seperti ini.

Tim #2 adalah seorang wanita elegan yang memiliki pengalaman taktis yang ditempa seiring bertambahnya umurnya, the Beautiful Tactician, Sumeragi Lee Noriega dengan Feldt Grace dan Mileina Vasti. Sumeragi mengancam AG bahwa dia akan akan membalas sexual harassment-nya tadi setelah kontes ini selesai, di mana Mileina menghibur Sumeragi bahwa dia masih lebih muda dibanding ibunya….. yang hanya terpaut satu tahun, yang membuat Sumeragi tambah depresi.

Tim #3 juga merupakan kapten Z-BLUE yang cantik, the Beautiful Goddess of Victory, Teletha Testarossa. Tessa memerintahkan Mardukas untuk mengisi seluruh tabung Tuatha de Danaan dengan misil dan torpedo. Saat Mardukas mempertanyakan perintah Tessa untuk acara sepele seperti ini, Tessa mengatakan bahwa kontes ini mempertaruhkan harga dirinya sebagai wanita di mana dia tidak mau menunjukkan kelemahannya di depan Chidori, rivalnya. Mardukas bergumam bahwa apapun yang terjadi, untuk hal ini dia tidak mau bertanggung jawab untuk melindungi Tessa.

Tim #4 adalah instruktur iblis yang menempa mental para rookie setebal baja, the Beautiful Trainer-Trainee Duo, Melissa Mao dan Tycho Science. Mao memaksa Tycho untuk mengikuti menu latihannya layaknya pesumo agar Tycho tidak kalah dari Lal’c dengan “hard work dan guts”-nya, mengacuhkan protes Tycho yang mengatakan latihan dari Mao membuat latihan dari Casio tidak ada apa-apanya.

Tim #5 adalah dua wanita yang dipuja dan diandalkan banyak orang, the Beautiful Senior, Ema Sheen dan Canaria Belshtein. Canaria mengatakan bahwa tidak seharusnya dia ikut kontes ini karena dia sudah bukan seorang “Miss” lagi yang diikuti Ema yang mengatakan dia pun sebentar lagi sama karena sudah dilamar oleh kapten Henken.

Tim #6 adalah the Beautiful Instructor yang akan tidak segan-segan “memeras” para pelajar yang malas, Lucretia Noin yang tidak mau kalah dengan cara mengajar Suzune dan Yoko yang berkata akan memberikan pelajaran pribadi kepada para anak-anak nakal.

Tim #7 adalah tag team dari sang ratu mawar dan ratu laut, the Beautiful Empress, Oota Kazumi dan Rackage. Noriko yang seperti tidak dianggap oleh kedua ratu itu menggumam kenapa tidak ada seorang pun, bahkan AG, yang mengakui keberadaannya di kontes ini.

Tim #8 adalah tim yang terdiri dari sang wanita besi dan gadis tangguh, the Beautiful Pink-Haired Goddess, Haman Karn dan Nono. Haman berkata bahwa dia tidak peduli dengan kontes kekanak-kanakan seperti ini tapi dia suka kalah, dia pun memerintahkan Nono untuk serius dalam kontes ini. Nono yang sangat jarang diam ini dengan malu-malu meminta ijin untuk memanggil Haman sebagai “Haman-sama”, yang setelah diijinkan oleh Haman langsung kembali bersemangat dan berkata dia akan mengabdikan hidupnya untuk Haman, membuat Haman berkata bahwa Nono-lah yang member pressure besar kepada dirinya.

Tim #9 adalah dua gadis muda, rival cinta fa-fi-fu-fe-fo yang demi kontes ini khusus membentuk tag team, Fa Yuiry dan Four Murasame. Fa awalnya khawatir dengan perkenalan yang diberikan AG tapi Four berkata bahwa AG hanya bercanda seperti biasa jadi Fa tidak perlu terlalu memikirkannya. Four juga berkata agar Fa mengerahkan kemampuannya agar mereka berdua bisa dipuji Kamille nanti.

Tim #10 adalah tim yang terdiri dari dua supporter baik di medang perang maupun di kehidupan pribadi, the Beautiful Partner, Sayaka Yumi dan Mikono Suzushiro. Sayaka berharap agar Kouji bisa melihat kemampuannya dan Zessica member semangat kepada Mikono untuk memberikan kemampuan terbaiknya di kontes ini sebagai wakil dari Element wanita.

Tim #11 adalah senior dan junior dari Volunteer Club yang mengendarai unit merah sebagai simbol keberanian mereka, the Beautiful (Fan-)Service, Kouzuki Kallen dan Shikinami Asuka Langley. Kallen mengatakan kepada Asuka yang terlihat lesu bahwa dia tidak terlihat seperti Asuka yang biasanya, seseorang yang mestinya paling bersemangat di acara seperti ini. Setelah menggumam beberapa saat, Asuka akhirnya kembali menjadi dirinya yang dulu, sebelum Evangelion Q/3.0 terjadi. “Ayo, Kallen-senpai! Kemenangan sudah pasti jadi milik kita!”

Tim #12 adalah para perempuan yang tidak akan kalah dari para lelaki dalam hal ketenangan, the Beautiful Silence, Titania Da Monte=Willz dan Ayanami Rei. Setelah saling “…” satu sama lain, Titania menggumam bahwa bahkan untuk dirinya, berpartner dengan Rei membuatnya canggung.

Tim #13 adalah keberadaan misterius di dalam unit pink mereka, the Beautiful Mystery, C.C. dan Makinami Mari Illustrious. Mari berkomentar tentang catchphrase AG untuk mereka namun C.C. bilang itu tidak terlalu buruk karena memang para wanita pasti memiliki rahasia, termasuk umurnya yang tidak mau dia beritahukan saat ia ditanya oleh Mari.

Tim #14 adalah tim “Sebenernya aku…”, the Beautiful Wildness, Aoi Hidaka + Kurara Tachibana + Eida Rossa dan Hilde Schbeiker. Hilde bingung kenapa ia berpasangan dengan Team D yang memang bersemangat untuk mengalahkan Suzune setelah mendengar introduksi AG, namun Team D mengatakan kepadanya bahwa mereka mendengar dari Duo bahwa saat ia masih bergabung di OZ, Hilde adalah wanita yang cukup liar dengan prinsipnya yang membara untuk menghadapi kekejaman dunia.

Team #5 adalah tim loli manis, lucu, dan imut, the Beautiful Fairy, Klan Klang dan Dary Adai. Klan langsung protes dengan introduksi AG karena Klan menganggap dirinya adalah karakter stylish onee-san, dia bahkan bermaksud keluar dari kompetisi agar bisa menghajar AG saat itu juga. Dary langsung menenangkan Klan dengan mengatakan bahwa mungkin yang dimaksud AG adalah nama dari tim Klan, Pixie Squad. Dary melanjutkan karena dia adalah sniper, dia berpikir dia dan Klan akan jadi tim yang solid karena Klan sendiri sudah berpengalaman berpartner dengan sniper, bahkan bagi Dary tim Klan-Michel adalah tim yang sangat solid dan merupakan tim terbaik. Klan langsung tenang dan bahkan senyum-senyum senang mendengarnya. Di sisi lain, Canaria dan Yoko berkomentar di tim itu, Dary yang sanggup menenangkan seorang Zentradi kekanak-kanakan seperti Klan lebih dewasa dibanding Klan.

Tim #16 adalah dua putri yang tidak perlu dilindungi oleh ksatria, the Beautiful Princess, Quess Paraya dan Lal’c Mellk Mal. Lal’c awalnya protes karena panggilan “Hime” dari Nicola untuknya hanya bercanda saja, tapi Quess mengatakan bahwa setiap wanita akan selalu menjadi tuan putri.

Tim terakhir, tim #17 adalah dua wanita anggun, the Beautiful Heroine, Suzune Saijou dan Setsuko Ohara. Setsuko terkejut mendapat julukan “heroine” namun AG mengatakan julukan tersebut adalah julukan yang direkomendasikan oleh para pria di Z-BLUE, membuat Setsuko malu namun senang. Suzune di sisi lain terlihat cemberut, ternyata memang Setsuko adalah rival terberatnya pikirnya. Dan di sisi lain, Hibiki yang tidak peduli sedikit pun dengan kontes ini padangannya kosong. Setsuko mengira itu efek samping pengaruh Sphere dan Traia berkomentar Hibiki benar-benar terlihat mati seperti zombie.

Setelah perkenalan seluruh tim peserta, AG mengumumkan peraturannya yang masih seperti dulu, masing-masing tim bertarung untuk dirinya sendiri dan siapa yang bertahan paling terakhir adalah pemenangnya dan menjadi Miss Z-BLUE yang baru.

Tidak lama setelah AG memulai kompetisi, SELURUH unit menyerang Genion. Kallen mengatakan peraturan dasar battle royale adalah mengeliminasi kompetitor terkuat lebih dulu, membuat Hibiki senang karena mengira semuanya menganggapnya sebagai yang terkuat di Z-BLUE. Namun C.C. berkata Hibiki salah sangka, Mao bilang target mereka adalah Suzune dan Hibiki hanya kebetulan mengendarai unit yang sama dengan Suzune. Hibiki langsung depresi meski dalam hati kecilnya ia tahu para wanita ini hanya mengincar Suzune. Suzune langsung terlihat sangat bersemangat untuk membalas, Klan dan yang lain mengira Suzune akhirnya serius namun Suzune berkata bahwa ia marah karena seluruh orang meledek dan melukai perasaan Hibiki.

Suzune meminta Hibiki untuk bertukar posisi agar ia bisa mengendarai Genion langsung, namun kroco-kroco tim Antares dari Sidereal muncul dan mengacaukan kompetisi. Kompetisi diundur untuk memberantas sisa-sisa Sidereal ini, (Hibiki dan) Suzune langsung maju ke depan, menunjukkan kenapa ia layak menjadi defending champion dari title Miss Z-BLUE.

Di bawah ini adalah summary dari masing-masing tim ketika mereka bertarung dengan musuh pertama kali.

Fa & Four
Four mengatakan ia akan menjadi penyerang utama dan Fa menjadi support untuk dirinya. Fa mengatakan agar Four berhati-hati, membuat Four berpikir keduanya ternyata bisa menjadi tim yang baik. Four berkata lagi bahwa ia sedikit tidak enak dengan Kamille, namun untuk hari itu ia akan memonopoli Fa untuk dirinya sendiri.

Noin & Yoko
Noin berkata kepada Yoko bahwa misi Dai Gurren-dan untuk menciptakan masa depan cerah bagi anak-anak generasi selanjutnya adalah hal mulia, namun Yoko bilang bahwa para pria di Dai Gurren-dan hampir selalu bertingkah seperti anak kecil. Noin berkomentar, “boys will always be boys” dan saat Yoko bertanya apa Zechs juga seperti itu, Noin menjawab bahwa itu rahasia agar image Zechs tidak rusak.

Mao & Tycho
“Ayo Tycho! Kalo lu gak bersemangat, gw akan tendang pantat lu yang kecil sexy itu!”
“Hey, gak usah pake kekerasan ya! Ini nih kenapa aku gak suka militer.”
“Musuh sudah di depan mata, ayo ikutin gw dan serang mereka!”
“Ah ya udah terlanjur lah, sekalian aja. Gung ho, gung ho, gung ho!!”

Klan & Dary
Melihat ada serangan musuh, Klan langsung bersemangat untuk menunjukkan cara Zentran bertempur kepada Dary yang diperintahkan untuk memberinya support fire. Dary kagum dengan Klan yang kepribadiannya berubah saat pertempuran dimulai, dia berpikir Klan akan cocok menjadi anggota Dai Gurren-dan.

Haman & Nono
“Ayo Haman-sama, kita lindungi Bumi ini dari Sidereal!”
“Semangat yang bagus.”
“Tentu saja! Prinsip Nono kan “hard work and guts”!”
“Aku benar-benar iri dengan kepolosan dan kejujuranmu.”
“Ih Haman-sama bisa aja. Nono tau koq kalau lagi ngobrol sama kolonel Char, Haman-sama jadi kayak anak cewek yang imut.”
“AP—“
“Ayo, Haman-sama! Nono juga bisa gerak tiga kali lebih cepat, go go go!!”
“(Kalau untuk anak hiperaktif ini, sepertinya dia lebih dari tiga kali lebih cepat)”

Titania & Rei
Titania menyuruh Rei untuk berbicara karena komunikasi dibutuhkan bila mereka ingin tetap hidup di medan perang. Rei kemudian bertanya apa manusia tidak bisa berkomunikasi tanpa berbicara. Setelah berpikir beberapa saat, Titania mengoreksi ucapannya bahwa manusia dapat mengerti satu sama lain tanpa banyak berbicara, dan dia berterima kasih kepada Rei telah mengingatkannya tentang hal itu.

Kallen & Asuka
Asuka sangat bersemangat untuk membuang Sidereal, para sampah masyarakat dari Bumi ini dengan semangat Volunteer Club-nya. Kalen senang melihat Asuka yang ia kenal selama ini, Asuka pun mengucapkan terima kasih kepada Kallen dari dalam hati yang telah mengingatkan perasaan dan semangat yang telah lama dia lupakan itu.

Canaria & Ema
Canaria mengatakan kalau dia akan menghancurkan Sidereal demi membuat masa depan yang cerah bagi keluarga Ema sebagai hadiah pernikahannya.
“Ada kalanya seorang wanita lemah, namun seorang ibu akan selalu kuat apapun yang terjadi!!”
“(Jadi itu sumber kekuatan letnan Canaria.)”

Kazumi (+Noriko) & Rackage
Noriko terbata-bata di depan kedua ratu, namun Kazumi dan Rackage berkata kepada Noriko agar dia tenang dan kembali menjadi dirinya yang berpegang pada semangat “hard work and guts” miliknya.

Sumeragi
Feldt bergumam dalam hati bahwa Sumeragi tetap yang terbaik saat dia fokus menjadi kapten dan memimpin orang-orang di Celestial Being dan Z-BLUE setelah Sumeragi kembali ke dirinya sendiri member perintah untuk menyerang Sidereal.

Tessa
Tessa kembali menjadi serius memimpin awak Tuatha de Danaan. Melihat hal ini Mardukas berbicara kepada dirinya sendiri bahwa apapun yang orang lain bilang, Tessa memang dewi kemenangan mereka dan itu adalah pendapat seluruh awak Danaan.

Lal’c & Quess
Quess mengajak Lal’c untuk memberantas Sidereal demi melindungi Bumi dan menunjukkan kekuatannya sebagai ace Topless, dan Lal’c pun berkata agar Quess juga menunjukkan kekuatan Newtype miliknya yang telah diasah oleh Red Comet.

Aoi & Hilde
Setelah Aoi berkata agar Hilde mengeluarkan semangatnya agar tidak kalah dengan para pria Z-BLUE, Hilde pun berkata bahwa dia juga member Z-BLUE dan bagi musuhnya, dia akan menjadi dewi kematian.

Traia
Traia berkata bahwa dia tidak terlalu peduli dengan kompetisi ini tapi dia tetap suka dengan festival yang meriah, membuat Margueritte berkata bahwa dia tidak keberatan untuk menampilkan pertarungan yang lebih heboh dari biasanya, sementara itu Xine menambahkan agar mereka tidak lupa untuk tetap terlihat anggun.

Mikono & Sayaka
Mi: “Ayo kita bertarung bersama, Amata-kun.”
Ze: “Hey, aku juga ada di sini lho.”
Mi: “M-maaf Zessica, aku sedikit terlalu bersemangat…”
Sa: “…..”
Ze: “Wow, bahkan Sayaka sampai speechless.”
Sa: “Ah nggak koq. Aku cuman sedikit iri sama Mikono. Coba aja…. Kalau Aku dan Kouji-kun juga bisa sedekat itu.”
Mi: “Y-ya ampun, aku jadi malu.”
Sa: “Aku juga…”
Ze: “LEBIH MALU GW YANG NGEDENGERIN KALI!!!”

Suzune & Setsuko
Hi: (Setsuko-san memang hebat, gerakan Virgola Glory mulus sekali…)
Su: “Ayo fokus Hibiki-kun! Musuh sudah dekat di depan kita!”
Hi: “Ah, maaf! Setsuko-san membuatku melamun.”
Su: “Hmm…” <- potret berubah menjadi Ambriel
Hi: “!!”
Su: “Berani-beraninya ya kamu ngomong kayak gitu di depanku…”
Hi: “B-bukan, maksudku tad—“
Su: “Setelah ini selesai, pokoknya kamu harus ngejelasin maksud kata-kata tadi, lengkap sampai detil terkecil.”
Se: “Wah, kalian memang pasangan serasi.”
Hi: (Kayak begini serasi dari mananya?)

Setelah seluruh unit Sidereal dikalahkan, Suzune bertanya ke tim lain apa mereka masih mau meneruskan kompetisi. Tessa bilang kalau itu yang diharapkan semuanya, namun Mardukas memotong kalau ada yang perlu dia sampaikan. Tessa menyuruhnya untuk diam dan menyimpannya setelah kompetisi selesai, namun Mardukas bilang kalau ini adalah perintah langsung dari kolonel Bright agar semua unit kembali ke markas. Mardukas menambahkan kalau Bright terdengar marah, membuat semua unit bahkan Sumeragi kaget. Tessa akhirnya menyerah dan member perintah ke semua unit untuk pulang. AG berkata bahwa kompetisi pun di-pending sampai mereka bisa menemukan waktu yang tepat.

Di markas, Tessa dan Sumeragi menghela napas panjang setelah mereka dimarahi oleh Bright. Tessa bahkan bilang kalau Bright lebih menyeramkan dari Vildark. Sumeragi member tahu yang lain kalau kompetisi ini dibatalkan, bahkan mereka tidak diijinkan mengambil voting untuk menentukan pemenangnya seperti kontes pertama. Mendengar ini, Suzune menyimpulkan seorang diri bahwa berarti dia tetap menjadi juara bertahan Miss Z-BLUE, yang kontan membuatnya disoraki oleh semuanya. Suzune pun langsung mencari perlindungan ke Hibiki, memaksanya mendukungnya karena dulu Hibiki pernah berjanji untuk selalu melindungi Hibiki.

Quess kemudian berkata bahwa ini memang salah Hibiki, Yoko menjelaskan karena dulu Hibiki yang member suara penentuan sehingga membuat Suzune menjadi Miss Z-BLUE sehingga ini semua terjadi. Klan menyuruh Hibiki untuk bertanggung jawab. Mendengar kata “Hibiki” dan “bertanggungjawab”, Suzune malah terlihat senang. Rand menghela napas melihat kebodohan pasangan baru ini, Setsuko bergumam bahwa Hibiki terlihat tidak puas dengan keputusan ini, Crowe bilang ke Hibiki bahwa saat Hibiki dewasa dia akan menjadi anggota Binboukuji Doumei yang baik seperti dirinya.

Suzune: “… Jadi Hibiki-kun mau ya bertanggung jawab?”
Hibiki: “Ke-kenapa malah jadi gini…”
AG: “Dan selesai sudah kontes ini! Kalau nanti Miss Z-BLUE ketiga diadakan, mohon dukungan dari semuanya ya!”

*Pic source: 焼きそば@Pixiv

Yak itulah tadi summary seadanya dari stage ini, sekian dulu dari saya, semoga postingan ini bisa membuat kalian terhibur.

それでは今日も張り切って!商売、商売!

In Case You Missed It...