February 27, 2015 — 1548 views

[Review] Manga Lovelive School Idol Diary ~Maki.Rin.Hanayo~

Beberapa bulan berselang setelah terbitnya manga Lovelive School Idol Diary edisi pertama, yang menceritakan tentang para anak-anak kelas 2, yaitu Honoka, Umi dan Kotori, akhirnya pada akhir bulan Februari 2015, volume kedua dari manga ini terbit.


Pada buku kedua ini, cerita mengambil fokus kepada trio anak kelas 1, yaitu Maki, Rin dan Hanayo.

Sama seperti sebelumnya, cerita dari buku ini mengambil langsung dari School Idol Diary versi novel.

Cerita Keenam : The Seven Mysteries of Otonoki (From Maki)
Awal cerita dimulai dengan Nozomi yang bercerita tentang tujuh keanehan sekolah Otonoki, salah satunya adalah tentang adanya suara piano yang berbunyi pada tengah malam, dan orang yang tertarik ke ruangan musik tersebut dan melihat sosok pemainnya, akan mengalami demam tinggi.

Nico yang tertarik dengan cerita itu, mengajak Maki untuk menemaninya ke sekolah di tengah malam, agar bisa membuat lagu dari dentingan piano “makhluk” tersebut.
Meskipun Maki terlihat tegar, tetapi dia sebenarnya cukup takut dengan gelap, dan juga ingin pulang. Pada saat dia ingin minta pulang, Nico malah meminta ia untuk menemaninya ke toilet.

Di toilet yang gelap itu, Maki mulai merasa amat tidak tenang, terutama ia agak terpisah dengan Nico yang berada di dalam bilik toilet. Akan tetapi, pada saat itu, mulai terdengar suara piano..

Maki yang ketakutan langsung berteriak dan lari meninggalkan Nico, sampai ia lari keluar gedung sekolah.

Pada saat itu, dia menyadari kalau ia sudah meninggalkan Nico, sendirian di dalam kegelapan. Akhirnya, Maki kembali menjemput Nico, yang sedang menangis di depan gedung sekolah, karena sudah ditinggalkan oleh Maki. Lutut Nico juga lecet karena terjatuh, tetapi kemudian Maki membilasnya dengan air keran.

Nico juga sebenarnya takut dengan hantu, tetapi karena berdua dengan Maki, ia tidak takut lagi, maka pada saat Maki meninggalkannya, ia juga panik.

Akhirnya Maki dan Nico pulang, sambil berpegangan tangan, karena Nico memegang erat tangan Maki, tanpa mau melepaskannya.

Pada saat itulah, Maki berpikir…

Misteri.. ya.. Padahal, tadi aku takut sekali dengan hantu, tetapi entah kenapa aku sudah melupakannya. Benar seperti kata Nico,sendirian dan berdua itu hal yang sangat berbeda.

Melihat Nico yang menangis, bagaikan gadis kecil yang imut. Melihatnya, aku sampai lupa dengan rasa takut akan gelap dan juga hantu.Mungkin, bagiku inilah salah satu dari tujuh misteri Otonoki.

Sebelum dimuat di buku ini, cerita ini juga pernah dimasukkan di event kolaborasi antara School Idol Festival dengan School Idol Diary, event Maki versi hantu yang diadakan pada Agustus tahun lalu.

Oh, dan sayang sekali, identitas asli dari pemain piano itu bukanlah hantu ataupun sejenisnya, tetapi cuma Nozomi yang bosan sambil menekan tuts piano, karena menunggu Maki dan Nico yang tidak kunjung datang.


Cerita Ketujuh : Rin and One Night’s Mistake (From RIn)

Seluruh anggota u’s sedang latihan seharian di ,sampai menginap di sekolah, tetapi pada saat malam tiba dan mereka ingin melanjutkan latihan, Nozomi tidak bisa ditemukan. Umi meminta tolong kepada Rin untuk mencari Nozomi dan membawanya kembali. Rin mulai mencari di segala tempat, sampai akhirnya ia sampai ke atap.

Di sana, ia menemukan Nozomi yang sedang berbaring sambil menatap bintang jatuh di langit. Nozomi mengatakan kalau sejak Rin datang, bintang jatuhnya semakin sering, apa Rin diberkati dengan dewi keberuntungan?

Rin tidak pernah memikirkannya, cuma saja dia bilang, mungkin karena nama belakangnya Hoshizora (Langit berbintang), mungkin disukai oleh Dewi bintang jatuh ya, katanya.

Melihat Rin yang selalu berpikir positif, Nozomi berkata..

Terkadang, terpikir olehku apa karena nama belakangmu Hoshizora, apakah kamu melihat bintang lebih banyak daripada orang pada umumnya?

Kalau kesempatan untuk melihat langit berbintangnya lebih banyak, secara alami, kemungkinan untuk melihat bintang jatuh, juga akan semakin banyak. Setiap orang hidup, dengan adanya pengaruh dari sejak lahir ya..Seperti misalnya aku, yang selalu berpindah-pindah saat masih kecil, karenanya… cara bicaraku jadi campur-campur dengan logat Kansai yang aneh deh..

Melihat Nozomi yang terlihat kesepian, Rin langsung memegang tangannya dan ikut berbaring di sampingnya (meski akhirnya juga digoda oleh Nozomi sih).

Saat ditanya, apakah Nozomi kesepian, Nozomi bisa menjawab kalau ia tidak lagi kesepian… karena ia telah bertemu dengan semuanya.

Rin kemudian melihat Nozomi bagaikan seekor kucing, yang pada hari-hari biasanya selalu berjalan sendirian, tetapi pada saat bulan purnama, mereka akan berkumpul, dan tidak lagi kesepian. Suatu saat, di malah yang penuh dengan bintang, Rin akan kembali berada di samping Nozomi, dan bernyanyi bersama.

Sebelum dimuat di manga ini, sama seperti cerita Maki, cerita ini juga pernah dimuat di event SIF pada bulan Oktober. Pada saat cerita orisinil yang berasal dari diary dimuat, pada saat itu juga belum diceritakan tentang masa lalu Nozomi, sehingga cerita ini sangat membuat saya penasaran tentang bagaimana masa lalu Nozomi, yang kemudian diceritakan di Diary Nozomi dan di Anime musim kedua.

Cerita Kedelapan : Let’s Dance on The Night After The Festival (From Hanayo)

Menceritakan tentang u’s yang akan mengisi acara di festival sekolah, seperti membuat Idol Cafe, mengadakan konser kecil, dan acara utamanya adalah Feeling Couple, yaitu dimana para member u’s akan dipasangkan untuk saling voting menjadi pasangan. Hal tersebut membuat Hanayo sangat minder, karena dia agak malu kalau harus dipasangkan dengan laki-laki.

Akhirnya dia berpikir positif kalau dia tidak akan dipilih, dan hanya akan meramaikan saja, karena pastinya di antara anak kelas 1 pun, kemungkinan Maki yang cantik, atau Rin yang enerjik yang akan dipilih.

Saat acara akan dilangsungkan, ada salah paham di pihak penyelenggara, sehingga ternyata bukannya bersama u’s, tetapi hanya member u’s saja, dengan kata lain, hanya 9 orang… Dengan kata lain, ada satu orang yang tidak akan mendapatkan pasangan.

Hanayo sangat panik, dan takut kalau-kalau dia tidak akan mendapatkan pasangan, sehingga..

Reaksi Maki dan Honoka kocak sekali.. <3

Hanayo, menekan tombol dimana tidak ada siapapun di sana, sehingga akhirnya ia didiskualifikasi, dan akhirnya berakhir dengan tidak ada pasangan yang ditetapkan sama sekali.

Hanayo malu sekali, tetapi pada akhirnya, dengan adanya kejadian itu, ia malah menjadi terkenal di kalangan penonton, tetapi tetap saja ia sangat sedih dan malu. Poor Hanayo…

Cerita Kesembilan : Rin and The Cat (From Rin)

Cerita bermula di suatu hari di musim dingin, Rin berpapasan dengan kucing di jalan, yang langsung lari pada saat ia dekati. Melihat kucing tersebut, ia teringat dengan pengalaman masa kecilnya…

Setting berubah pada saat Rin masih loli dan sedang sendirian di rumah, loli Hanayo mendatanginya sambil meminta tolong, karena ada kucing yang melahirkan di bawah gudang, tetapi karena ibunya sedang pergi, maka ia tidak bisa melakukan apapun untuk menolongnya.

Rin langsung memakaikan syal ke Hanayo, ganti baju dan langsung pergi untuk menolong kucing-kucing tersebut.

Segala cara dicoba untuk mencoba menolong kucing-kucing tersebut, dan sampai satu saat tidak ada suara tangisan kucing, yang membuat Rin akhirnya panik, tetapi Hanayo tetap menenangkannya. Ternyata, kucing-kucing tersebut tidur di bawah gudang.

Rin menyelipkan sekop bersama dengan sweaternya di bawah gudang, dan akhirnya berhasil menarik para kucing tersebut untuk keluar.

Pada saat itu, induk kucing-kucing tersebut juga keluar untuk mengucapkan terima kasih, pada saat itulah pertama kalinya Rin merasa ia bisa mengerti apa yang dikatakan oleh kucing.

Totalnya ada 5 anak kucing, yang, pada awalnya rencananya akan dirawat semuanya oleh Rin. Pada saat itu pula, Rin mulai berbicara dengan akhirnya nya~nya~.

Tidak berapa lama setelah itu, dua dari lima anak kucing tersebut mati, dan sisa 3 anak kucing yang ada pun, tidak bisa dirawat oleh Rin, karena ternyata…

Rin divonis alergi terhadap kucing. Pada hari ia menyelamatkan kucing itu, memang ia juga bersin-bersin, ternyata disebabkan oleh alerginya terhadap kucing.

Melihat Rin yang sedih tersebut, akhirnya Hanayo membantunya dengan mencarikan orang-orang yang mau merawat kucing-kucing tersebut. Beruntungnya, ada kerabat Hanayo yang mau merawat ketiga anak kucing tersebut, sayangnya mereka tinggal di pedesaan, sehingga dengan terpaksa, anak-anak kucing itu harus tinggal jauh dari mereka.

Pada akhirnya, yang ditinggalkan kelima anak kucing itu adalah, betapa pendeknya kehidupan binatang, dan juga kebiasaan Rin berbicara seperti kucing.

Salah satu cerita favorit di diary Rin, bagi saya, karena akhirnya menjelaskan tentang kenapa gaya bicaranya seperti itu, dan juga fakta kalau dia alergi terhadap kucing juga cukup mengejutkan.


Cerita Kesepuluh : The Road Home (From Maki)

Cerita pendek ini menceritakan tentang Maki yang sedang berjalan pulang ke rumah sendirian, tetapi tiba-tiba dari belakangnya ada Rin dan Hanayo yang lari mendekatinya dan menanyakan apakah buku pelajaran Rin kemasukan di dalam tasnya.

Setelah diperiksa dan tidak ada, Rin ingin mengambilnya ke sekolah, dan Maki, yang tadinya berpikir bahwa dia tidak perlu ikut (meski ia ingin sekali ikut dan ingin makan bersama dengan mereka pada saat pulang nanti), tiba-tiba diseret oleh Rin untuk kembali ke sekolah dan mengambil buku tersebut.

Di dalam hatinya, Maki senang sekali, karena ternyata dia juga dianggap salah satu bagian dari mereka. Setelahnya, mereka pulang dan mampir makan ramen bersama.

Kesimpulan Akhir

Lagi, kali ini kita bisa melihat tentang kisah-kisah yang lucu dan menarik tentang anak-anak kelas 1. Di buku ini juga mulai sedikit disinggung tentang masa lalu Nozomi, serta Rin dan Hanayo pada masih kecil sangatlah imut <3. Untuk Maki, diperlihatkan betapa sebenarnya ia sangat menyayangi teman-temannya, tetapi agak takut untuk masuk berbaur bersama dengan yang lainnya.

Untuk buku selanjutnya, cerita akan berfokus kepada anak-anak kelas 3, yang sangat membuat saya penasaran akan cerita apa sajakah yang akan diambil di manga ini.

Artikel Terkait : [Review] Manga Lovelive School Idol Diary 01 ~Honoka.Kotori.Umi~

In Case You Missed It...