January 26, 2015 — 588 views

[Review] Initial D Legend 1 : Awakening

jika anda adalah seorang pecinta anime kebut-kebutan pasti mengenal anime Initial D. Ya, salah satu anime lawas yang paling ikonik ini akhirnya mendapatkan film layar lebarnya yang berjudul Initial D Legend 1 : Awakening.

Bagi yang belum tahu saya berikan sedikit info. Initial D merupakan manga yang ditulis dan diilustrasikan oleh Shuichi Shigeno yang diterbitkan oleh Kodansha dari 1995 hingga 2013. Ceritanya memfokuskan kepada dunia balapan illegal jepang, dimana para hashiriya (Street Racer) bertarung menuruni gunung dengan teknik Drifting demi memuaskan hasrat dan adrenalin mereka.

Kembali lagi ke film layar lebarnya. Initial D Legend 1 : Awakening merupakan seri pertama dari trilogi telah direncanakan sebelumnya. Film ini merupakan rebooting dari serial anime Initial D First Stage yang dirilis pada tahun 1998 dan memfokuskan pada pertarungan antara sang protagonis Takumi Fujiwara dengan Takahashi Keisuke, salah satu anggota dari tim balap Akagi RedSuns.

Di menit-menit awal film tanpa basa-basi langsung disuguhi dengan scene balapan antara Toyota Sprinter Trueno GT-APEX AE86 dengan Mazda RX-7 Type R FD3S. Scene pun berakhir dengan melesatnya Trueno meninggalkan FD dibelakangnya. Karena alur cerita dari film ini tidak jauh berbeda dengan seri anime orisinalnya, jadi saya tidak akan membahasnya lebih dalam.

.jpg)

Bagi pecinta Initial D, film ini memberikan rasa nostalgia yang sangat kental, sekarang kamu bisa melihat Takumi dkk dalam gaya anime masa kini, tentu dengan garfik yang semakin menawan.

Ada berberapa hal yang mungkin agak berbeda dari film dibandingkan serial anime orisinalnya. Pertama, Coba bandingkan secara apple to apple dengan anime orisinalnya, grafiknya jelas sudah jauh berbeda. jika pada anime orisinal tampilan mobil ditampilkan 3D CGI yang sangat halus untuk anime jaman itu, maka difilm mobil ditampilkan dalam bentuk 2D dengan efek motion yang agak patah-patah. Memang agak kurang lazim tapi efek itulah yang membuat pertarungan terlihat benar-benar nyata dan seakan-akan keluar dari layar. Secara overall, grafik yang diberkan difilm ini sangat menawan. Kedua, musik yang dibawa tidak lagi musik eurobeat melainkan musik Jrock yang lebih cocok dengan style anime jaman sekarang, walaupun ini mungkin masalah selera masing-masing karena tidak semua orang menyukai musik bergenre Jrock.

Durasi film ini hanya 60 menit, menurut saya itu terlalu pendek untuk sebuah film layar lebar, sehingga tidak banyak detail dari setiap karakter yang bisa dibicarakan. Selain itu alur ceritanya menurut saya cukup cepat. Meski begitu ketegangan dari menit awal dan sis humoris Itsuki tetap tak hilang dari film ini.

Kesimpulan : Wajib ditonton bagi pecinta Initial D

In Case You Missed It...