November 16, 2014 — 2160 views

[review] Ragnarok Online Mobile

Nama Ragnarok Online mungkin tidak terdengar asing bagi pembaca yang pernah melalui masa remaja atau kuliahnya pada awal era tahun 2000. Dimana saat itu teknologi internet dan warnet mulai masuk dalam kehidupan sehari-hari kita di Indonesia.

Saat itu, Ragnarok Online mulai terkenal sebagai game Massive Multiplayer Online Role Play Game (MMORPG) yang berhasil sukses menembus pasar game PC online Indonesia.

Game ini juga pernah dibuatkan versi animenya berjudul Ragnarok The Animation. Elemen Ragnarok online juga menjadi dasar atau setting fantasy dalam beberapa manga atau anime saat ini, contohnya Sword Art Online (SAO) atau Log Horizon.

Sayangnya, teknologi Ragnarok Online mulai ketinggalan jaman setelah bermunculannya game-game 3D online baru.

Walau begitu, game ini masih mempunyai penggemar setia yang cukup besar dan kenangan saat bermain game ini masih terukir didalam ingatan para gamer yang pernah bermain didalamnya.

Bahkan sejumlah game developer masih berinisiatif untuk mengembangkan game genre ini kedalam media yang baru, yaitu smartphone atau touchscreen tablet memanfaatkan teknologi wifi dan mobile internet.

Maka muncullah dua macam Ragnarok Online Mobile game di Apple (IOS) dan Android, yaitu Ragnarok Ash Vacuum dan Ragnarok Path of Heroes.

RAGNAROK ASH VACUUM

Ragnarok Ash Vacuum adalah game Ragnarok Online dengan tema manajemen dan strategi. Game ini secara garis besar dirancang untuk dimainkan secara “Play and Go” dimana gamer log-in sesaat kemudian log-out ditinggalkan secara otomatis mekanisme game akan melaksanakan instruksi gamer sesuai waktu yang ditentukan.

Disini gamer bertindak sebagai kepala guild dimana dia bertugas mengalokasikan sumber daya, melatih anggota guild, membangun guild, memperkuat guild base dan setelah cukup kuat bisa mengirim pasukan untuk menyerbu dungeon.

Ragnarok Ash Vacuum menampilkan battle atau hunting dimana jika gamer merasa cukup kuat maka dia bisa mengirim party untuk bertempur di dungeon yang tersebar disekitar map. Disini gamer tidak bisa melihat bagaimana anggota guild dalam party bertempur tapi bisa melihat hasil harta rampasan, experience dan peningkatan level anggota guild setelah kembali dari bertempur.

Proses battle atau hunting ini cukup simple dimana gamer buka “map” screen kemudian tab dungeon terdekat. Maka muncul “member” screen dimana gamer bisa mencantumkan character guild apa yang akan dikirim. Tab “battle” option dan akan muncul perkiraan waktu pertempuran. Jika sesuai tinggal tekan “attack & return” maka game akan berjalan secara otomatis.

Terdapat 6 tipe dungeon di game ini, yaitu dungeon api, angin, air, tanah, cahaya dan kegelapan, dengan 100 level disetiap dungeon siap menantang dengan aneka monsternya.

Game ini cocok bagi gamer yang sedang sibuk dan tidak bisa leluasa memainkan game dalam waktu lama. Contohnya, saat jam makan siang atau istirahat kantor, dalam perjalanan bus atau kereta commuter line. Gamer hanya perlu log-in selama dua atau tiga menit, kemudian log-out. Gamer bisa log-in kembali untuk melihat progress guildnya saat setiba dirumah.

RAGNAROK PATH OF HEROES

Ragnarok Path of Heroes mempunyai sistem gameplay hampir sama dengan game Ragnarok Online dimana lebih mengutamakan tema MMORPG baik individual atau party hunting.

Perbedaan terbesar game ini dengan Ragnarok Online PC adalah sistem home interface lebih disesuaikan dengan layar smartphone dan lebih sederhana.

Selain itu jumlah map area huntingnya tidak sebanyak dan sekompleks game versi PCnya. Hanya antara 15-30 map area, tapi selalu ada peta baru jika ada update atau event.

Di Ragnarok Path of Heroes, gamer tidak memulai game di map atau kota tapi di “home interface”, semacam base atau rumah character, disini gamer bisa memeriksa mailbox, progress, event, storage, sewa mercenary, jual-beli, membuat peralatan dan memasang lelang. Kemudian, gamer bisa menentukan langkah selanjutnya character dalam game ini.

Selain itu, di home interface ini juga terdapat akses teleport langsung ke 4 tipe area untuk hunting atau menaikkan level, yaitu Dungeon, Battlefield (PvP), Ranking (tournament) dan “to Field” (teleport ke map hunting). Gamer tidak perlu repot berjalan menuju map tertentu atau mencari jasa teleport.

Sistem ini juga berfungsi sebagai save point dimana gamer bisa kembali ke home interface setelah selesai hunting maka otomatis sistem game juga akan menyimpan progress character. Gamer tidak perlu mencari kafra untuk save point.

Sementara itu, gamer akan melihat sistem hunting interface Ragnarok Path of Heroes mirip dengan interface Ragnarok Online, kecuali, disini lebih sempit dan kecil, disesuaikan dengan layar touchscreen smartphone atau tablet. Game ini lebih cocok dimainkan di tablet dimana layarnya lebih luas.

Di hunting screen gamer bisa menggerakkan characternya melalui 2 macam cara yaitu, virtual pad (lingkaran disebelah kiri) atau “touch n go” (gamer menyentuh bagian layar tertentu dan character akan berjalan menuju posisi tersebut). Saya lebih suka cara touch n go.

Untuk proses battle, gamer cukup berjalan mendekati monster yang hendak dikalahkan dan pilih tanda “pedang” maka character akan bertarung dengan monster tersebut. Atau, pilih monster dengan menyentuh touchscreen dan pilih tanda “pedang” maka character akan menyerang monster tersebut.

Jika monster telah dikalahkan maka gamer akan mendapat drop items dan sejumlah experience. Untuk mengambil drop item pilih tanda “tangan/sarung tangan” maka character akan mengambil item tersebut.

Jika gamer merasa cukup hunting maka pilih tanda “Home” di kiri bawah layar screen maka game akan masuk ke home interface dan disave.

Item bisa dijual di store untuk mendapat zenny yang diperlukan untuk membeli perlengkapan dalam home interface mirip dengan Ragnarok online PC game.

Ragnarok Path of Heroes cocok untuk tipe gamer yang menginginkan full control dan berpetualang menjelajahi map tertentu sambil mengalahkan monster yang dia temui dijalan.

Kesimpulan

Jika gamer adalah seorang penggemar berat Ragnarok Online maka Ragnarok Path of Heroes lebih cocok baginya. Sementara Ragnarok Ash Vacuum hanya menampilkan pengelolaan sistem manajemen guild atau party.

Tapi Ragnarok Path of Heroes saat bermain memerlukan stabilitas koneksi internet, jika koneksi internet naik turun maka game akan log out. Selain itu, game ini secara berkala mengalami in-game update sehingga perlu packet internet yang cukup. Game ini cocok dimainkan di Wifi Area.

Sementara Ragnarok Ash Vacuum hanya memerlukan sedikit koneksi internet karena sistem game ini hanya memerlukan beberapa kilobyte untuk mengakses servernya. Kurang lebih sama seperti saat akses facebook atau twitter.

Dan terakhir, yang paling penting kedua game ini bisa dimainkan secara GRATIS (FREE) cukup mendownload dari iTunes atau Google play, sign up dengan facebook account atau email, ikuti instruksi/tutorial dalam game, dan game siap dimainkan.

SELAMAT BERMAIN.

Referensi

Ragnarok Ash Vacuum

Ragnarok Path of Heroes

Ragnarok Path of Heroes detail

Ragnarok Online Mobile (English)