November 9, 2014 — 303 views

Pengalaman Gakuensai Yang Agak Unik Di Sekolah Musik dan Seiyuu

Musim gugur di Jepang, identik dengan adanya festival sekolah, atau ya disebut juga dengan Gakuensai.

Jadi, minggu lalu, dalam pertama kalinya dalam hidup saya, akhirnya bisa merasakan apa yang dinamakan gakuensai di sekolah di Jepang. Tetapi, bahkan gakuensai yang saya datangi pun bukan dari sekolah biasa, melainkan dari sekolah musik dan seiyuu

Ya, nama sekolahnya adalah ESP Musical Academy,dan juga ESP Animation Seiyuu Senmon Gakkou dan karena ini bukan sekolah biasa, bahkan suasana festivalnya pun agak berbeda dari yang saya tonton di anime-anime. Sekolah musik ini terletak di Takadanobaba, hanya beberapa stasiun dari stasiun Shinjuku, tidak jauh dari pusat kota, sedangkan untuk sekolah Seiyuunya terletak di Shibuya.


Seperti biasanya, ada murid-murid yang berjualan Yakisoba, karaage, rumah hantu, dan lain-lain. Yang agak berbeda adalah tentunya gedung yang digunakan tidak seluas gedung sekolah biasa, karena ini hanya merupakan sekolah kejuruan.


“Nico Nico Ni~”

Yang menariknya adalah, sebagian acara-acaranya, seperti pentas drama dari para murid sekolah seiyuu, dengan berbagai macam tema, yang lucu seperti layaknya menonton anime-anime lawak, atau yang juga sangat bermakna seperti persahabatan, impian dan pencarian jati diri.


Selain itu, juga ada lomba karaoke yang juga diikuti oleh para murid-murid jurusan musik, yang tentunya hampir semuanya bagus (karena mereka murid sekolah musik, obviously), dengan pilihan lagu yang beragam, seperti rock, enka, dan sebagainya.

Salah satu acara yang juga menarik perhatian, adalah adanya peragaan memasukkan suara Hatsune Miku kedalam lagu, yang dalam pembuatannya juga melibatkan para penonton (yah, lebih menarik perhatian saya karena lagu background yang dipakai itu lagu Snow Halation dari u’s) sih…


Intinya, saya cukup puas dengan festival ini, meski agak berbeda dengan sekolah pada umumnya, tetapi mungkin gakuensai seperti inilah yang cukup ideal untuk saya. Sebagian murid-muridnya, dan orang yang datang pun dengan cosplay, seperti Sherryl Norme, Sailor Venus, dan sebagainya. Bahkan, brosur-brosur yang ditaruh di sekolah tersebut pun sebagian besar brosur-brosur acara konser, seperti Lantis Matsuri, Scandal, dan konser-konser lainnya.

dan, kapan lagi kita bisa lihat senar gitar dijual di vending machine.

In Case You Missed It...