November 5, 2014 — 1167 views

[Unboxing] “Amusement Park” by ikkubaru – City Pop Jepang Rasa Indonesia

10 Oktober lalu, album Amusement Park dari band ikkubaru dijual di beberapa toko di Jepang dan online lewat Amazon.co.jp. Album ini berisi 10 lagu bergenre city pop yang asyik didengarkan.

1

Awalnya saya pikir kecil kemungkinan untuk mendapatkan CD ini di Indonesia, tapi secara mengejutkan saya dapat info kalau CD ini bisa dipesan di Indonesia dengan harga yang murah!

Pertama kali mendengarkan lagu ikkubaru, ibaratnya seperti membeli sepatu impor, tapi di labelnya ternyata made in Indonesia. Yap, ikkubaru bukan band dari Jepang, melainkan asli dari Bandung.

2

Terdiri dari Iqbal (vocal, keyboard, guitar), Rizki (vocal, guitar), Fauzi (bass) dan Banon (drums), ikkubaru justru pertama debut di Jepang lewat EP Hope You Smile. Di EP ini juga mereka berkolaborasi dengan komposer gaek tofubeats dalam cover lagu Suisei. Saya pernah me-review EP ini untuk AMH Magz, dan bisa dibaca di link berikut. Oh ya, EP Hope You Smile ini bisa diunduh gratis di situs Maltine Records.

3

Amusement Park ini adalah album pertama mereka. CDnya baru saja tiba di kosan. Packagingnya cukup simpel, berupa cover plastik dan sleeve. Sleeve berbahasa Jepang tentu merupakan bukti kalau CD ini dibuat di Jepang (d’oh).

4

Bagian belakang. Terdapat 10 track, salah satunya adalah instrumental. Sleeve menjelaskan sejarah singkat ikkubaru. Ada cap made in Japan juga.

5

Dan ini adalah isi didalam casenya. Ada CD dan booklet merangkap cover depan.

6

Bookletnya berupa kertas yang dilipat tiga, berisi lirik dan jajaran kru dan staff penyusun album.

Aaaanyway, ayo kita masuk ke bagian paling penting: bagaimana dengan lagu-lagunya?

7

Seperti inilah kira-kira setelah masuk iTunes. Uniknya, rata-rata semua lagu berada dalam rentang waktu 4 menitan. Kecuali Blue Waltz ya, yang hampir masuk 5 menitan. Crossfadenya bisa didengarkan disini.

Dalam 44 menit ini, saya sangat menikmati setiap lagu yang ada. Mungkin karena soft spot saya dalam musik ada di genre jazz dan derivatifnya. Mungkin juga karena saya sangat menyukai band-band indie Indonesia yang hands down lebih baik dari kebanyakan musisi mainstream. Tapi intinya, it’s good. Kombinasi antara musik indie khas Indonesia dengan sentuhan city pop ala Tatsuro Yamashita menjadikan musik-musik ikkubaru terasa unik. It’ll take you back to the 80’s for sure.

Kalau boleh pilih lagu favorit, pilihan saya adalah:

  • City Hunter
  • Chasing Your Shadow
  • Blue Waltz
  • Ride
  • Anything

Oh ya, ada sesuatu yang cukup lucu ketika saya membaca lirik untuk City Hunter. Saya kira lagu ini adalah semacam homage untuk serial City Hunter, meskipun memang melodinya bisa mengingatkanmu dengan settingnya. Tapi saat membaca liriknya…

A broken glass happened just like
a shattered pieces of my heart
No I can’t put it back

Kedengarannya seperti suara KOKORO yang pecah berkeping-keping.

8

Hahaha. So, in a nutshell, kalau kalian senang mendengarkan lagu-lagu dari band indie lokal dan juga musik Jepang, apalagi yang agak-agak retro gitu, ikkubaru adalah rekomendasi saya.

Ingin mencicipi dulu sebelum membeli CD-nya? Silakan dengarkan ikkubaru memainkan Ride, live di Kata Kita Kompas TV. Did I just say Kompas TV?

Yang ini Eternal Lover dari EP Hope You Smile

How about it?

Amusement Park bisa dibeli seharga 2 ribu Yen… di Jepang. Tapi disini, kalian bisa memesannya dengan harga 50 ribu Rupiah minus ongkir! Kirimkan nama dan alamat kalian ke email ikkubaru@gmail.com atau telepon +6285624475614. Selain itu bisa juga dibeli di Hope You Smile Records dan Amazon.co.jp

9

In Case You Missed It...