October 24, 2014 — 190 views

[First Impression] Hi-sCoool! SeHa Girls

Konsol game pertama yang saya mainkan adalah Sega Mega Drive. Dari TK hingga SD sekitar kelas 2/3, saya sudah merasakan asyiknya memainkan konsol dengan teknologi 16-bit itu. Seharian bermain Sega sampai adapternya panas dan cartridge-nya tak terbaca. Itu harus ditiup dulu!

sega01

Sekarang saya lebih sering main game di PC, tapi masa-masa bermain Sega jadi kenangan yang menyenangkan. Karena itulah Pururut di Neptunia jadi salah satu karakter favorit saya. Begitu pula dengan Mega Drive dari anime “Hi-sCoool! SeHa Girls”.

sega02

Obviously, “Hi-sCoool! SeHa Girls” adalah anime yang diproduksi oleh Sega, bekerja sama dengan TMS dan Jinni’s Inc. Ini sedikit beda dengan Ben-to karena produk-produk Sega hanya sekedar jadi product placement (tapi saya lebih ingat Soyjoy di microwave!). “Hi-sCoool! SeHa Girls” adalah cara Sega mengatakan, “Hei, dulu kita juga punya konsol sendiri loh! Ayo bernostalgia dengan produk-produk retro kami!”

Anime ini menceritakan tentang personifikasi dari tiga konsol Sega yang populer: Mega Drive, Saturn dan Dreamcast. Ketiganya bersekolah di Akademi SeHaGaGa dan diajari oleh sosok misterius dibalik TV bernama Center-sensei. Untuk lulus dari Akademi SeHaGaGa, ketiga konsol ini harus mengumpulkan 100 medali emas. Bagaimana caranya? Dengan masuk kedalam game dan menjalankan misi yang diberikan oleh Center-sensei.

Pertama-tama ayo kita lihat ketiga tokoh utama kita!

sega03

Dreamcast adalah yang paling periang diantara ketiga tokoh utama. Sayangnya dia cukup polos dan mudah percaya dengan hal-hal yang ada di Internet. FYI, Dreamcast adalah konsol Sega yang punya kemampuan untuk terhubung ke Internet, meski masih harus menggunakan kabel telepon. Oh, makanan favoritnya adalah naruto. Tentu saja bentuk naruto mirip dengan logo Dreamcast.

seha04

Selanjutnya adalah Saturn. Bisa dibilang jadi tokoh yang cukup sentral karena Saturn sendiri adalah konsol yang cenderung lebih populer dari dua konsol Sega lainnya. Orangnya cool tapi mudah terpancing untuk membuat retorika. Karakter tsukkomi yang cukup bagus. Plus, kelihatan seperti Miku KW dengan twin tail dan detached sleeve, tapi akan kita bahas nanti. Tipe cowok idamannya adalah yang kuat dan lebih tua, referensi ke karakter Segata Sanshiro, maskot yang mempromosikan Sega Saturn, diperankan oleh Hiroshi Fujioka.

sega05

Terakhir adalah Mega Drive-

Maaf, salah anime. I had to do that.

sega06

Ehem, jadi Mega Drive ini adalah karakter kuudere. Memposisikan dirinya sebagai otak diantara kedua temannya. Dia membawa buku besar yang disebut 16-BITpedia berisi info-info soal Sega yang penting dan tidak penting. Meskipun kelihatan pintar dan bisa diandalkan, Mega Drive sebenarnya lebih lemah dibanding dua temannya. Tentu saja selain karena perbedaan generasi konsol, Mega Drive yang juga disebut Genesis di Amerika dikenal karena kemampuan “Blast Processing” yang sebenarnya biasa-biasa saja.

sega07

Anime 3D ini memiliki format yang kelihatannya akan berjalan dalam pola yang berulang. Satu episode dihabiskan dengan interaksi tiga tokoh utama dalam percakapan gaya Seinfeldian dengan banyak momen boke-tsukkomi, serta intro dari tugas mereka untuk masuk kedalam game. Barulah di episode kedua mereka melaksanakan misi yang diberikan Center-sensei.

sega08

Format berpola ini merupakan gaya dari sutradara Sugahara Sota yang juga menangani anime 3D “gdgd Fairies”. Dan ya, keduanya memiliki banyak kesamaan! Saya jamin jika kalian menyukai “gdgd Fairies”, kalian juga akan menyukai “Hi-sCoool! SeHa Girls”.

sega09

Menyambung kenapa Saturn mirip dengan Miku, adalah karena KEI yang menjadi desainer karakter. KEI adalah desainer karakter Miku dan game Project Diva, yang juga dibuat oleh Sega. Makes sense, huh?

sega09

Di setiap eyecatch juga ada sedikit info yang membahas segala sesuatunya tentang Sega. Mulai dari konsol, game, karakter hingga yang tidak penting seperti profil negara Bosnia-Herzegovina ini.

sega10

Ketika masuk game, tiga karakter utama akan berubah bentuk dari bentuk chibi ke bentuk normal. Dan begitu tiba di dalam game, grafik 3DCG barubah-ubah sesuai dengan game yang mereka masuki!

sega11

Contohnya di Space Channel 5 ini, dengan grafik khas Dreamcast – setara dengan PlayStation2.

sega12

Atau Virtua Fighter.

Tugas-tugas yang sebenarnya cukup simpel di setiap game diberikan twist yang membuatnya cukup sulit. Ayo kita ambil contoh di Virtua Fighter, mulai dari mengubah level hingga memanggil musuh dari game Sega lain!

EXCELLENT

EXCELLENT

EXCELLENT

EXCELLENT

EXCELLENT

SHINGUUJI SAKURA IKIMASU

HOLY SHIT SAKURA TAISEN! SAKURA JADI FINAL BOSS!!!!!11!!!satu!!

sega13

“Hi-sCoool! SeHa Girls” kemungkinan besar akan jadi serial obskur yang sama obskurnya dengan “gdgd Fairies”, tapi bagi kalian yang besar di jamannya Sega masih jaya, kalian akan sangat menikmati “Hi-sCoool! SeHa Girls”.

In Case You Missed It...