October 18, 2014 — 1467 views

[3 Episode Review] Amagi Brilliant Park

Saya awalnya sempat ragu apakah akan coba menonton Amagi Brilliant Park (disingkat AmaBuri) ini berhubung judul yang masuk watch-list sudah belasan dan saya kira ini bakal seperti anime moeblob khas KyoAni lainnya. “Yaudalah coba dulu aja, kalo gak suka tinggal drop”, pikir saya. Terima kasih diri saya 3 minggu yang lalu karena sudah mengambil keputusan ini. Sejauh ini AmaBuri malah jadi salah satu judul yang paling saya tunggu2 rilisnya setiap minggu.

THE CHARACTERS

Kanie Seiya

Sento Isuzu

Latifa Fleuranza

Moffle

Elementario (Sylphy – Muse – Koboli – Salama)

Macaron and Tiramie

STORY SUMMARY

Episode 1

Cerita dimulai dengan cowok bernama Kanie Seiya yang sedang ditodong oleh seorang cewek yang bisa mengeluarkan senapan ajaib entah darimana bernama Tomoe Mami Sento Isuzu dan diajak untuk pergi ke dufan sebuah taman rekreasi.

Setelah tiba, yang Seiya temukan adalah taman rekreasi sepi dengan tempat-tempat atraksi yang keliatan reyot dan gak menarik. Seiya lalu dipertemukan dengan manager dari AmaBuri yaitu Latifa Fleuranza yang mengatakan dirinya berasal dari negeri sihir bernama Maple Land. AmaBuri perlu menarik 250.000 pengunjung dalam 3 bulan kedepan dan akan ditutup jika gagal. Latifa meminta Seiya untuk menjadi manager baru AmaBuri karena menurut ramalan, Seiya dipercaya bisa menarik 250.000 pengunjung yang dibutuhkan.

Sampai tahap ini saya masih berpikir lanjut atau tidak, lalu adegan berikut entah kenapa mem’bulat’kan tekad saya untuk lanjut.

Episode 2

Isuzu mengajak Seiya bertemu dengan pihak developer yang akan mengambil alih lokasi AmaBuri apalagi gagal untuk mendapatkan 250.000 pengunjung. Disaat para penghuni AmaBuri sudah pasrah, Seiya datang dan sengaja mengolok-olok mereka dan mengatakan hanya orang bodoh yang mau berkunjung ke AmaBuri. Melihat kemarahan para penghuni AmaBuri saat pengunjung mereka dihina, Seiya memutuskan untuk menjadi manager baru AmaBuri karena merasa tempat ini masih memiliki harapan.

Episode 3

Episode ini menceritakan usaha Seiya untuk menarik pengunjung dengan berbagai cara, misalnya memperpanjang jam buka AmaBuri dan mengupload video menyegarkan iklan ke youtube situs sharing video.

PROS AND CONS

(+) Art

Kyoto Animation. Saya kira tidak perlu penjelasan lebih lanjut.

(+) Plot

Alur cerita AmaBuri ini cukup jelas yaitu harus mendapatkan 250.000 pengunjung dalam 3 bulan. Usaha-usaha menarik pengunjung yang dilakukan Seiya sebagai manager baru juga dipaparkan dengan jelas, gak begitu jadi manager tau-tau langsung jadi ramai. Semoga terus konsisten sampai akhir.

(+) PLOT

Ini salah satu faktor kunci mengapa saya nonton AmaBuri. Kalo bukan karena PLOT Isuzu, entah saya bakal nonton anime ini atau tidak. Buat yang tidak suka PLOT sebesar Isuzu, AmaBuri menyediakan PLOT dalam berbagai ukuran kok.

(+) Characters

Selain si narsis Seiya dan gadis-gadis manis di AmaBuri, karakter-karakter yang berbentuk maskot hewan seperti Moffle dkk. membuat anime ini lebih menarik dan seperti taman rekreasi sungguhan.

(-) Sejauh ini belum ada kekurangan yang menonjol

Kesimpulan : Fan service of the season for me. Lanjut!

Trivia : Konon katanya nama-nama karakter diambil dari nama-nama penyanyi rap.

Kanie Seiya = Kanye West (Kanji ‘Sei’ berarti barat/west)

Sento Isuzu = 50 Cent (Cent = Sento)

Latifa Fleuranza = Queen Latifah

In Case You Missed It...