October 15, 2014 — 644 views

[First Impression] Steins;Gate: Somei Eichi no Cognitive Computing

Ada satu judul anime yang lepas dari radar chart musim gugur dan baru saja diumumkan. Anime Steins;Gate muncul kembali dalam spin off berjudul “Somei Eichi no Cognitive Computing”!

sg01

Bekerja sama dengan IBM, kali ini Future Gadget Lab mencoba memecahkan permasalahan di sekitar laboratorium dengan memanfaatkan teknologi komputer kognitif.

sg02

Di episode 1 yang mengangkat tema “memasak”, Mayuri dan Kurisu berniat membuat karage. Daru dan Okabe sudah jelas menolak. Untungnya, Mayuri dan Kurisu kali ini dibantu oleh Oopa (Metaru Oopa dayo!) yang merupakan sebuah komputer kognitif.

Oopa memberi tahukan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat karage. Akan tetapi, bahan-bahan yang dibeli ternyata jauh berbeda dengan resep dari Oopa. Daging sapi dan cokelat batangan mau dibuat karage? Lalu Daru juga menambahkan bubur aprikot agar dia bisa dapat pacar untuk diajak memasak (Cue Suzuha yang sedang main dengan Nae. Daru dan Suzuha? It ain’t gonna happen… Karena satu dan lain alasan yang lumayan spoiler, hohoho).

sg03

Melihat bahan-bahan yang berbeda dengan resep karage, Oopa kemudian menyarankan resep masakan lain yang bisa dibuat dengan bahan-bahan tersebut. Hmmm, kira-kira Mayuri dan Kurisu akan membuat apa ya?

sg04

Rindu sekali melihat sang maddo saintisuto dan asisten-asistennya dalam petualangan menguak misteri SAINS. Humm, tiba-tiba saya ingin lihat spin off Steins;Gate yang menceritakan kehidupan anggota Future Gadget Lab dalam kisah slice of life edukatif. Yah, seperti acara sains untuk anak-anak. Sepertinya cukup menarik. Ayo 5pb, cepat buat itu! Saya mau lihat Okabe yang sotoy menjelaskan cara kerja magnet, lalu dikoreksi oleh Kurisu yang langsung mendemonstrasikan magnet dengan alat peraga.

Cerita di “Somei Eichi no Cognitive Computing” sendiri tentu ditulis dengan supervisi dari IBM. After all, anime ini menjadi sarana bagi IBM untuk menyosialisasikan riset komputer kognitif mereka.

sg05

Ada empat episode yang direncanakan tayang di channel YouTube IBM. Tema masing-masingnya adalah memasak, navigasi, fashion dan meeting. Jika menilik dari formatnya, saya rasa setiap episode memiliki garis benang yang bisa ditelusuri ke empat elemen fundamental dari sebuah komputer kognitif.

Sebelumnya mari kita bahas soal komputer kognitif, alias Cognitive Computing (CC). Ini adalah kemampuan komputer untuk menyelesaikan sebuah masalah yang dianggap ambigu dan tidak pasti oleh komputer konvensional, yang hanya dapat bekerja melalui set perintah dan pola yang sudah diatur.

Apa yang harus dimiliki sebuah komputer untuk memperoleh kemampuan kognitif? Empat poin ini harus dipenuhi.

  • Adaptif. Komputer mampu beradaptasi dengan informasi, tujuan dan kebutuhan yang berubah-ubah secara real-time.
  • Interaktif. Komputer mampu berinteraksi dengan user, prosesor lain, device dan layanan cloud.
  • Iteratif. Komputer mencoba merumuskan masalah dengan memberikan pertanyaan pada user atau mencari inputan lain.
  • Kontekstual. Komputer mampu memahami konteks waktu, tempat, makna, peraturan, dll.

Episode pertama “Somei Eichi no Cognitive Computing” mengangkat topik adaptif, dimana tujuan awal membuat karage berubah karena bahan-bahan yang dibutuhkan tidak sesuai dengan resep untuk membuat karage. Oopa kemudian mengecek bahan-bahan apa saja yang ada, lalu menyarankan menu lain berdasarkan bahan-bahan tersebut.

Oopa disini bukan merupakan produk jadi dari komputer kognitif dari IBM, melainkan hanya salah satu dari penerapan konsepnya. Plus saya juga tak tahu kenapa tiba-tiba ada komputer yang bisa mengeluarkan hologram, sementara pencapaian terbesar Future Gadget Lab adalah mampu mengirim email lewat microwave. Kontinuitasnya juga kurang jelas. Di timeline manakah cerita ini berlangsung? Kenapa ada Suzuha?

Oke, kesampingkan saja deh masalah itu. Lucu juga sebenarnya kolaborasi dengan IBM ini. Seperti yang kita tahu, salah satu plot dalam Steins;Gate berkisar pada satu komputer IBM 5100 yang katanya diincar oleh John Titor dan SERN. Future Gadget Lab sempat memiliki komputer itu dan akhirnya jatuh lebih dalam pada misteri D-Mail dan konspirasi yang meliputi SERN.

sg06

But anyway, kalau kalian sudah rindu melihat si Hououin Kyouma dan teman-teman, “Somei Eichi no Cognitive Computing” bisa mengobati itu meskipun hanya 3 menitan dan 4 episode saja. Saya cukup penasaran bagaimana Oopa membantu Future Gadget Lab di episode selanjutnya. El. Psy. Congroo.

Tonton episode pertama “Somei Eichi no Cognitive Computing” disini.

In Case You Missed It...