October 5, 2014 — 559 views

Kolaborasi IA dan Super GT Berlanjut Lewat Theme Song “We gotta run”

Ingat dengan mobil balap Goodsmile Racing dan Hatsune Miku di event balapan Super GT? Sejak tahun 2013 lalu tim GSR dan Miku mendapatkan saingan baru karena rival Miku, IA, juga turut hadir di Super GT bersama tim Lexus Team SARD. Sayangnya keduanya tak bisa bertarung seimbang karena tim GSRxMiku bertanding di kelas GT300 sementara SARDxIA ada di level yang lebih tinggi, GT500.

IA tak hanya muncul sebagai sponsor tim SARD, karena sebuah kolaborasi bersama organizer Super GT pun dibuat dalam bentuk theme song dan album spesial. Tahun 2014 ini, kolaborasi IA X Super GT kembali hadir!

ia1

Baru-baru ini 1st PLACE selaku produsen dan label musik IA meluncurkan lagu tema Super GT 2014 terbaru dengan judul “We gotta run”. Lagu ini kembali menampilkan IA sebagai vokalis utamanya dalam musik electro yang dibawakan duo jumicchi.

Saya harus jujur kalau INI ADALAH VIDEO KLIP VOCALOID PALING KEREN YANG PERNAH SAYA LIHAT! Saya benar-benar suka bagaimana sang sutradara bisa menangkap sense of speed sebuah balapan. Meskipun angle kameranya generik seperti broadcast televisi, tapi special effect yang colorful dan komikal dapat membuat setiap gerakan terlihat lebih cepat.

Gerakan IA dalam MMD juga terlihat halus dan bagus. Koreografi dansa yang unik serta background nan stylish menjadi pemanis.

Coba lihat beberapa screenshot berikut! Bahkan SS saja tak cukup untuk menunjukkan seberapa epiknya video kli ini. Silahkan putar video klipnya sendiri diatas!

ia2

ia3

ia4

ia5

ia6

ia7

ia8

ia9

ia10

Hati-hati Miku! Tahun ini rivalmu jauh lebih serius!


Mumpung masih membahas soal IA dan Super GT, sekalian saja membahas keduanya. Super GT merupakan even balapan grand tourer yang mempertandingkan mobil-mobil komersil yang dimodifikasi menajadi mesin balap spesifikasi tinggi. Terdapat dua kelas yang dipertandingkan, pertama adalah GT300 dengan mobil spesifikasi GT3 dan brand mobil bebas, lalu kelas tertinggi GT500 dengan mobil spesifikasi DTM dan dibatasi 3 brand mobil saja: Honda, Nissan dan Lexus.

ia11

Anggap saja Super GT seperti V8 Challenge-nya Australia… atau DTM-nya Jerman… atau Le Mans-nya Prancis… atau NASCAR-nya Amerika. Super GT adalah event motorsport khas-nya Jepang.

ia12

Anyway, kolaborasi antara IA dan Super GT dimulai dengan tampilnya IA sebagai sponsor tim Lexus Team SARD. Untuk merayakannya, diluncurkan video klip untuk side B dari single produser vocaloid Jin, “LIVEDRIVE”, sebagai theme song untuk tim tersebut.

Lalu, sebuah kolaborasi antara IA dan Super GT pun diluncurkan. Kali ini ditandai dengan video kilp terbaru dari Jin, “America ~We are all right!~”

Tak hanya itu saja, 1st PLACE pun menampilkan talent terbaru mereka: IA GIRLSTARS!

ia13

IA GIRLSTARS merupakan sebuah idol unit yang beranggotakan para race queen dari Lexus Team SARD. Dalam setiap seri balapan Super GT, mereka akan menghibur penonton lewat aksi panggung yang ciamik. Mereka sendirilah yang membawakan lagu-lagu theme song dari IA.

Oh ya, ada lagi kolaborasi dengan grup musik terkenal. Bersama trio elektronik ASY, IA hadir dalam cover lagu “SEE THE LIGHTS”. ASY sendiri merupakan grup yang terdiri dari DJ AKi, STY yang merupakan komposer untuk grup musik terkenal seperti EXILE dan SNSD, dan rapper YUUKi MC.

Versi aslinya ada disini.

Dan karena tahun 2013 lalu adalah ulang tahun Super GT ke-20, 1st PLACE merilis sebuah album kompilasi IA terbaru dengan judul “CiRCUiT BEATS”. Tak hanya menampilkan semua lagu diatas, tetapi juga lagu-lagu baru yang menjadi theme song untuk setiap tim yang berlaga di Super GT!

Selain menampilkan produser-produser vocaloid kawakan seperti Ishifuro, baker, Nanahoshi, Yuyoyuppe, dll, ada juga produser musik anisong dan komposer soundtrack anime yang turut serta. Misalnya ada TeddyLoid (Panty & Stocking), Nakanishi Ryosuke (High School DXD, “Snow halation”-nya u’s), dan Komatsu Kazuya (Keitai Shoujo, Gokujo Seitokai). Ada pula gitarisnya 9mm Parabellum Bullet, Yoshimitsu Taki.


ia14

Sebagai seorang fan motorsport, munculnya kolaborasi dengan scene anime dan vocaloid tentunya membuat saya sangat senang. Malah seperti mimpi basah yang jadi kenyataan. Mungkin akan saya bahas tentang itasha-itasha di Super GT di lain kesempatan.

Jadi, dengan rilisnya lagu “We gotta run” barusan, apakah nantinya akan ada kolaborasi lain dari IA dan Super GT? kita lihat saja.

In Case You Missed It...