October 2, 2014 — 155 views

[Circle Spot] crafTUNER

Halo All! Bertemu lagi dengan fan24 di My.JOI. Kali ini saya akan membahas salah satu Circle yang baru-baru tahun ini masuk ke Creative Circle dari Indonesia yaitu crafTUNER

Sebenarnya artikel ini sendiri sudah dibahas lebih dahulu oleh mcatrane, bisa di check di link ini :

http://my.jurnalotaku.com/8829/craftuner-circle-doujin-baru-asli-indonesia-siap-debut-bulan-agustus/

Disini saya hanya ingin menambahkan dan meng-update Informasi tentang crafTUNER itu sendiri

crafTUNER adalah sebuah lingkaran kreatif independen pendatang baru dari Indonesia. Nama crafTUNER sendiri di-coin dari dua kata: ‘craft’ dan ‘tune’, dimana kami crafting (merakit/membangun) dan tuning (menyelaraskan). Transisi bersambung antara huruf f kecil dan T besar dalam logo kami menandakan keselarasan dalam perbedaan, dimana member-member kami yang berasal dari latar belakang berbeda dapat berbaur dan menjalankan kolaborasi kreatif bersama

crafTUNER berdiri secara resmi pada tanggal 6 April 2014. crafTUNER tergolong sebagai pendatang baru di scene doujin lokal. Meskipun begitu, crafTUNER hanyalah sebuah wadah baru yang di bentuk untuk menyalurkan kreatifitas dari para membernya yang sudah lama berkecimpung di scene ini dalam sebuah komunitas musik doujin lain. Namun karena satu dan lain hal, mereka akhirnya memutuskan untuk memulai circle baru yang lebih kecil dan tertutup agar lebih mudah di-manage dan lebih produktif.

Dari kubu producer, crafTUNER beranggotakan aoWAVE, farhan, idoyklik, Mixtrelle, PG2125, REDSHiFT, Vamaera, dan Vesuvia. Selain di bidang musik, crafTUNER juga memiliki anggota lain yang bergerak di bidang yang berbeda, seperti desain grafis, web development, marketing, dan lain-lain. Beberapa member tak hanya bergerak di satu bidang saja, melainkan merangkap beberapa posisi lainnya. Keterbatasan jumlah anggota bukan menjadi penghalang, karena dengan begitu mereka dapat saling melengkapi dan mempererat hubungan antar member.

crafTUNER memiliki seorang maskot, SYNTHIA, yang juga merupakan gadis yang ditampilkan di cover re:TUNED. Nama SYNTHIA sendiri berasal dari penggabungan kata synth dan nama Cynthia.

Secara umum, crafTUNER bergerak di bidang produksi musik, baik aransemen musik original maupun remix. Beberapa komposer crafTUNER juga telah berpengalaman di bidang scoring dan aransemen musik untuk kebutuhan BGM game, film maupun iklan. Selain itu, crafTUNER juga memproduksi aneka merchandise untuk dijual, baik produk original crafTUNER maupun merhandise dari produk yang telah ada (fanmade). goods yang crafTUNER tawarkan juga bermacam-macam.

Selain CD musik, crafTUNER juga menjual berbagai merchandise seperti pin, keychain, phone case, dan tentunya tidak tertutup kemungkinan untuk mulai memproduksi berbagai goods lainnya di masa yang akan datang. Selain produk original, para ilustrator juga membuat merchandise dari fandom yang sudah ada.

Sejauh ini, crafTUNER telah secara resmi bekerjasama dengan Itasha Indonesia. Walau crafTUNER adalah circle yang tidak menerima member baru, bukan berarti kami tidak terbuka untuk kolaborasi. Mereka mengatakan jika ingin tahu tentang kolaborasi lainnya yang akan datang, tunggu tanggal mainnya saja.

Terakhir dari crafTUNER Pesan, Kesan untuk Industri Kreatif di Indonesia dan untuk kemajuan crafTUNER sendiri :

Jangan pernah takut untuk berkarya; selalu tanamkan mindset ingin lebih maju agar kemampuan akan terus berkembang. Keluar dari comfort zone bukanlah sesuatu untuk ditakuti, dan jangan lupa untuk menikmati kompetisi yang sehat. Dengan adanya kompetisi, standar kualitas pasar secara keseluruhan akan juga meningkat.

crafTUNER Official Website

www.craftuner.com

Facebook Fanpage

crafTUNER

crafTUNER Soundcloud

Jadi sekian itu saja Informasi dari saya, Terima kasih untuk teman-teman dari crafTUNER terutama Meg☆min yang sudah membantu dalam penyusunan Artikel ini.

See you next time, Jaa-Nee

In Case You Missed It...