September 22, 2014 — 839 views

[Review] Kantoku Fuyukitodoki – Suka Duka Menjadi Istri Sutradara Evangelion

kantoku1

Kantoku Fuyukitodoki (Insufficient Direction)

Tahun Rilis: 2014
Panjang: 3 menit
Genre: Comedy, Biography

Produksi: DLE Inc.
Adaptasi: “Kantoku Fuyukitodoki” oleh Moyoko Anno
Sutradara: Azuma Tani, FROGMAN
Pengarah Animasi: Yamawaki Kotaro
Desain Grafis: Kobayashi Hiroyasu
Musik: Sudo Takeshi
Lagu Tema: AOP

Katanya dibalik pria yang hebat, ada wanita yang hebat juga. Rompers adalah istri dari Kantoku, seorang sutradara dan fan tokusatsu. Kantoku Fuyukitodoki menceritakan suka duka Rompers menghadapi Kantoku yang nyentrik, sambil berusaha untuk menjadi ota-yome yang baik. Tapi ternyata, menjadi istri seorang otaku harus menerima resiko keracunan serial kesukaan sang suami!

Premis yang simpel dari anime Kantoku Fuyukitodoki. Tapi tahukah kalian ada sesuatu yang besar dibalik tokoh Kantoku dan Rompers? Untuk itu, mari saya rubah premis diatas.

Katanya dibalik pria yang hebat, ada wanita yang hebat juga. Moyoko Anno adalah istri dari Hideaki, sutradara Neon Genesis Evangelion dan fan tokusatsu. Kantoku Fuyukitodoki menceritakan suka duka Moyoko menghadapi Hideaki yang nyentrik, sambil berusaha untuk menjadi ota-yome yang baik dan menyeimbangkan rumah tangga dan pekerjaannya sebagai mangaka. Tapi ternyata, menjadi istri seorang otaku harus menerima resiko keracunan serial kesukaan sang suami!

kantoku2

Hideaki Anno dan Moyoko menikah di tahun 2002, dimana Moyoko mengenakan gaun dan Hideaki menjadi Kamen Rider. Mereka menemui kolega kerja dan membagikan doujinshi sebagai ucapan terima kasih. Gak, itu bohong kok. Tapi ya, nonsense macam ini bisa kalian saksikan dalam setiap episodenya. Ini adalah adpatasi dari manga berjudul sama dari Moyoko, yang dikenal lewat manga Hataraki Man dan Sugar Sugar Rune.

Beberapa bulan lalu saya menonton Fuyukitodoki, tapi sempat stop dulu dan kembali lanjut baru-baru ini. Kebetulan bertepatan dengan maraton dorama Aoi Honoo sampai episode terbaru. Lucunya, tingkah laku Hideaki di Aoi Honoo bisa dihubungkan dengan tingkahnya di Fuyukitodoki.

aoi

Pertama-tama kita sedikit mengulas soal Aoi Honoo. Di dorama ini, Hideaki dan dua teman kuliahnya: Yamaga Hiroyuki dan Akai Takami, ditampilkan sebagai karakter comic relief dan rival dari tokoh Honoo Moyuru. Perlu diperhatikan bahwa Aoi Honoo dan Fuyukitodoki merupakan serial fiksi yang merupakan adaptasi lepas dari pengalaman para kreatornya. Datang dari orang-orang terdekat Hideaki, tak perlu diragukan bahwa seperti inilah sifat Hideaki.

Ambil satu adegan dari Aoi Honoo dimana Hideaki mencoba “berbagi” pengetahuan soal mecha kepada adiknya Yamaga. Ngomong-ngomong dia pingsan setelah menemani Hideaki menonton 13 episode Gundam non stop.

kantoku3

Lalu di Fuyukitodoki dimana Hideaki baru saja memberi wejangan pada Moyoko, dan ternyata wejangan itu dapat mengutip dari manga!

kantoku4

Kembali lagi ke Aoi Honoo, beberapa jam sebelum mereka menonton Gundam, Hideaki mengatakan kalimat inspiratif berikut.

kantoku5

Tebak apa yang dikatakannya di Fuyukitodoki?

kantoku5

Rasanya seram sekali melihat kesamaan dalam dua acara yang jelas berbeda ini. Keduanya seperti saling melengkapi.

Selain menghadapi permasalahan khas otaku, perlu diingat juga bahwa Fuyukitodoki menceritakan tentang pasangan suami istri. Maka cerita tentang ulang tahun pernikahan hingga debat kusir aman jadi santapan rutin. Ditabah bumbu otaku tentu saja membuatnya lebih menarik.

kantoku6

Speaking about otaku, referensi tentang serial anime-manga-tokusatsu jadul juga sering terlihat. Banyak serial yang disebutkan disini cukup tua, dan saking banyaknya, sebuah glossary harus ditempatkan di lagu ending. Lagu endingnya juga berbeda-beda setiap episode, biasanya merupakan cover lagu tema tokusatsu.

kantoku7

Ya. Seperti itu.

Secara animasi tak begitu spesial karena ini adalah anime Flash. Tapi untuk ukuran Flash pun sudah cukup bagus.

Kalau kalian merupakan fans karya-karya Hideaki atau Moyoko, Fuyukitodoki akan memberikan kalian sisi lain dari pasangan suami-istri otaku ini. Yap, memang segar sekali melihat Anno bertingkah seperti anak kecil setelah membaca wawancranya tentang Evangelion yang membuat depresi berat. Selamat datang di keluarga disfungsional Anno.

Dan sekarang, fact time!

kantoku8

Hideaki awalnya bakal jadi seiyuunya Kantoku setelah debutnya di Kaze Tachinu, tapi akhirnya perannya dikasih ke Yamadera Kouichi. Lalu Rompers seiyuunya Hayashibara Megumi. Coba bayangkan jika Hideaki dan Moyoko yang asli menjadi seiyuu diri mereka sendiri.

Lalu ini yang paling menarik.

kantoku9

Ditampilkan juga sebuah film pendek yang dibuat Hideaki dan dua temannya yang lain saat kuliah. Inilah Ultraman Returns yang menjadi cikal bakal pendirian Daicon Film yang nantinya juga akan berevolusi menjadi Gainax. Jika tertarik menontonnya, simak video dibawah.

kantoku10