September 12, 2014 — 777 views

Jalan-jalan Inggris Ala Kiniro Mosaic – Bagian 2: Homestay di Castle Combe, Wisata di Bibury

intro

Selamat datang kembali dalam perjalanan homestay Shinobu di Inggris. Sebelumnya kita baru saja melihat Shino tiba di bandara Heathrow, berkeliling berbagai landmark di London dan kini sedang berada dalam perjalanannya ke desa Castle Combe, Wiltshire untuk bertemu dengan keluarganya Alice. Tapi sebelumnya, ayo kita lihat rute perjalanan Shino di kereta.

intro2

Perjalanan kereta First Great Western jurusan Swansea-London Paddington memakan waktu paling lama 1 jam 50 menit. Kita bisa lihat keretanya melewati beberapa kota besar seperti Slough, Reading dan Swindon. Kereta sendiri melewati stasiun Acton Main Line, Ealing Broadway, West Ealing, Hanwell, Southall, Hayes & Harlington, West Drayton, Iver, Langley, Slough, Burnham, Taplow, Maidenhead, Twyford, Reading, Tilehurst, Pangbourne, Goring & Streatley, Cholsey, Didcot Parkway, Swindon, dan akhirnya Chippenham.

Ngantuk? Tinggal lewati saja bagian atas. Tapi akhirnya sampai juga di stasiun Chippenham.

chippenham1

Disini saya agak kesulitan mencari pintu dimana Shino keluar dari stasiun. Asumsi saya ada di tepi kanan gedung tapi sayangnya saya tak melihat pintu atau gerbang apapun disana.

chippenham2

Yap, kira-kira disebelah sini. Tapi seperti yang bisa dilihat, tidak ada gerbang untuk orang melintas ataupun kanopi. Hanya ada dinding dan jendela. Tapi ini tetap stasiun Chippenham yang dimaksud.

Selanjutnya, Shino akan dijemput ayahnya Alice. Perjalanan mereka akan berlanjut langsung ke desa Castle Combe.

minor

FYI, mobil yang digunakan ayah Alice ini adalah Morris Minor. Mobil keluarga murah yang diproduksi antara tahun 1948-1972.

Kembali ke perjalanan Shino, butuh waktu sekitar 15 menit untuk mencapai rumah Alice dari stasiun Chippenham. Selama perjalanan, Shino dan ayah Alice akan melewati desa Tiddleywink dan Yatton Keynell sebelum mencapai Castle Combe. Begitu sampai, mereka pertama kali akan disambut oleh salah satu kebangaan dari desa tersebut, sirkuit balap mobil Castle Combe.

Dan sampai! Seperti inilah rumah Alice yang akan disinggahi Shino selama satu minggu kedepan.

fosse1

Rumah Alice ini menjadi salah satu feature paling menarik dalam anime Kiniro Mosaic. Desain eksterior dan interiornya didasari dari sebuah guest house bernama Fosse Farmhouse yang dikelola oleh Caron Cooper.

fosse2

Sedikit pertanyaan: Kenapa Fosse Farmhouse?

Tahun 1997, Fosse memenangkan penghargaan penginapan turis terbaik di Inggris dalam program “Britain Welcomes Japan”. Lalu tahun 1995 Fosse juga memenangkan penghargaan “Village Hotel of the Year” dari Which? Guide.

Caron juga merupakan seorang chef yang cukup dikenal. Dia sudah mengisi 2 acara TV: “World Class Cuisine” di Discovery TV USA, “Cooking with Confidence” di BBC1, serta acara radio “Going Bananas” di Radio 5. Caron juga menulis untuk publikasi cetak The Independent, The Daily Mail, Country Living dan Forbes Magazine. Tulisannya juga dibukukan dengan judul “English Country Life” dan “English Country Food”. Keduanya diterbitkan di Jepang.

Melihat seberapa dekatnya Caron dengan komunitas di Jepang, tak begitu heran jika akhirnya Fosse Farmhouse menjadi inspirasi bagi rumah Alice.

fosse3

Fosse Farmhouse terdiri dari satu gedung utama dan beberapa gedung lain, misalnya istal dan bagian self-catering (dapur tempat pengunjung memasak sendiri, tapi bahan masakan tidak disediakan). Yang muncul dalam animenya hanya gedung utama saja. Terdapat juga beberapa perbedaan dalam anime. Jika dalam anime rumah Alice berada didepan sungai, Fosse Farmhouse yang asli berada dibelakang sebuah country club/lapangan golf.

fosse4

Tampak depan Fosse Farmhouse dari depan. Bisa kita lihat gerbang arc berupa semak-semak masih ada meskipun tak begitu mirip dengan yang ada di anime. Pohon besar itu juga tetap berdiri kokoh.

fosse5

Ayo kita lihat isi dalamnya!

fosse6

Hiasan lonceng di depan pintu.

fosse7

Ruang makan.

fosse8

Dari angle berbeda.

fosse9

Shino menempati kamar yang disebut “The Pine Room”.

fosse10

Terdapat 3 kamar di Fosse Farmhouse: “The Pine Room”, “The Pink Room” dan “The Blue Room”. Saya sendiri belum bisa mengetahui pasti posisi kamar Alice karena foto-fotonya cukup terbatas. Asumsi saya Alice menempati “The Pink Room” karena Alice mandi di kamar mandi kamar tersebut.

fosse11

Dapur yang digunakan Shino, Alice dan ibunya membuat kue.

fosse12

Hiasan di atas perapian.

Oh ya, masih ingat dengan mobil ayahnya Alice? Morris Minor tersebut ternyata adalah Morris Minor yang sama dengan milik Caron Cooper.

fosse13

I think that’s enough for now. Bagaimana kalau selanjutnya kita jalan-jalan ke luar?

Dalam anime, sebenarnya tidak dijelaskan secara eksplisit bahwa rumah Alice ada di Castle Combe. Diasumsikan bahwa rumah Alice berada di sebuah daerah fiktif yang bisa saja bukan Castle Combe. Kenyataannya, beberapa referensi diambil dari lokasi berbeda. Seperti yang satu ini.

bibury1

Adegan antara Alice dan Karen ini mengindikasikan bahwa mereka tinggal di daerah yang sama. Tapi sebenarnya lokasi latar bukan berada di Castle Combe.

bibury2

Bibury adalah sebuah desa yang berada di bagian utara Castle Combe. Jaraknya sendiri tak main-main, 50 menit perjalanan. Inilah yang saya maksud dengan ketidak konsistenan lokasi tersebut. Artinya Alice harus menempuh 50 menit perjalanan untuk bisa bertemu Karen. Tetapi kedua desa tetap berada di daerah yang sama, Wiltshire, lebit tepatnya lagi di perbukitan Cotswolds.

Oh ya, gambar di atas adalah Arlington Row, salah satu objek wisata di Bibury. Arlington Row sendiri awalnya merupakan tempat menyimpan wol, kemudian menjadi rumah penenun. Fakta menarik lainnya, foto-foto di desa Bibury selalu ditampilkan pada bagian dalam kover paspor Inggris, sehingga Bibury menjadi desa yang paling banyak dilihat di dunia.

bibury3

Kalau dari Street View, hanya bisa sampai disini saja. Soalnya di Arlington Row nggak boleh dilewati mobil. Lagipula, dibatasi jembatan yang cuma muat orang saja. Ngomong-ngomong soal jembatan itu, ayo kita coba geser ke kiri sedikit.

bibury4

Atta boy.

bibury5

Jembatan barusan adalah jembatan yang sama dengan jembatan dimana Alice dan Shino makan es krim bersama. Dan kalau dipikir-pikir lagi, sungai didepan rumah Alice itu ternyata diambil dari sungai di Bibury.

bibury6

Terdapat jembatan di kedua ujung jalan sebagai cue point. Ternyata antara anime dengan versi nyata cocok satu sama lain.

dunno

Bagaimana dengan objek lainnya? Sayangnya saya tak menemukan bukti-bukti lain yang menunjukkan lokasi dari lebih banyak landmark yang muncul di anime Kinmosa. Dengan Street View juga saya sudah mencari-cari gedung yang sekiranya mirip di sekitaran Castle Combe atau Bibury, tetapi tidak ketemu juga.

dunno2

Misalnya saja gedung ini. Ada dua gedung yang memiliki menara seperti ini, yaitu gereja St Andrew’s di Castle Combe dan gereja Saint Mary di Bibury. Tapi ternyata model arsitekturnya berbeda.

Well, mungkin hanya itu saja yang bisa saya laporkan. It’s been quite a journey. Meski tak berada di Inggris secara nyata, senang rasanya bisa merasa “masuk” kedalam anime. Kalian suka Yoko atau Ayaya, tapi kecewa tak melihat mereka di Inggris? Tenang saja, ini ada kelima tokoh utama kita yang sedang membuat kue di rumah Alice.

kinmosa

Jika kalian punya kesempatan untuk mengunjungi salah satu lokasi nyata yang tampil di anime, ingin pergi kemanakah kalian? Feel free to tell them in comment section!

Referensi

In Case You Missed It...