September 10, 2014 — 431 views

Jalan-jalan Inggris Ala Kiniro Mosaic – Bagian 1: Dari London ke Chippenham

Akhir-akhir ini ada tren kegiatan yang disebut “anime pilgrimage”. Jadi orang-orang berwisata ke sebuah kota atau tempat yang hadir di anime. Anime Girls und Panzer yang mengambil setting kota Ooarai di prefektur Ibaraki contohnya, menyambut banyak sekali wisatawan dadakan yang datang setelah menonton anime tersebut.

kamogawa

Ada banyak sekali anime yang mengambil inspirasi dari lokasi-lokasi nyata. Beberapa diantaranya hanya sebatas referensi gedung dan setting, tapi ada juga yang menampilkan seluruh sudut kota secara detil. Istilahnya, iklan pariwisata terselubung.

Terbersit keinginan untuk melakukan anime pilgrimage seperti ini. Tapi karena dana yang tidak mendukung, jadi sulit terlaksana. Tapi semuanya berubah setelah saya menonton anime Kiniro Mosaic, dan membuka Google Earth setelah sekian lama.

Ya, kenapa nggak coba wisata virtual aja?

shino

Kali ini saya akan mencoba mereka-ulang pengalaman homestay Shinobu di Inggris bersama Alice. Tepatnya di desa Castle Combe, Wiltshire. Perjalanannya cukup panjang juga karena melewati tiga kota yang jaraknya lumayan. Dengan bantuan Google Earth, beberapa lokasi yang muncul dalam anime dapat saya temukan.

heathrow1

Okee, kita mulai dulu saat Shino touchdown di Inggris. Dia turun di bandara Heathrow, satu dari enam bandara internasional di kota ini. Jaraknya 33-35 menit perjalanan ke pusat kota jika naik mobil atau dengan kereta.

Adegan di atas adalah ketika Shino melewati koridor arrival untuk penerbangan internasional. Penasaran juga, Shino yang waktu itu bahasa Inggrisnya pas-pasan kok bisa ya naik pesawat ke Inggris sendirian?

heathrow2

Ini adalah koridor yang sama. Hal yang saya suka dalam Kiniro Mosaic adalah perhatian pada detailnya yang baik. Mungkin hanya anime moeblob slice of life biasa, tapi nuansa Inggrisnya benar-benar kuat. Satu episode saja sih.

Contoh lainnya adalah informasi jam kedatangan ini.

heathrow3

Tujuan Shino selanjutnya adalah stasiun kereta Paddington. 30 menit perjalanan dari Heathrow. Tentu saja harus melewati pusat kota London. Dan pastinya nggak afdol kalau belum lihat Big Ben!

bigben1

Menara jam yang menjadi bagian dari gedung parliamen Westminster Palace ini sudah sering tampil dalam anime. Tapi biarlah kita ulas lagi. Lokasi Big Ben ini berdekatan dengan beberapa objek menarik lainnya. Berdiri didekat sungai Thames, diseberangnya ada kincir ria raksasa London Eye. Dari sekitar sini juga ada stasiun kereta Waterloo dan bioskop IMAX BFI. Sayangnya atraksi-atraksi ini tak ditampilkan di anime KinMosa. Ah, tapi di Eiga K-ON! Yui dkk sempat mencoba naik London Eye.

bigben2

Ini Big Ben aslinya, lengkap dengan Westminster Palace.

piccadilly1

Selanjutnya Shino pergi ke Piccadilly Circus, sebuah ruang publik yang menghubungkan Regent Street dengan Piccadilly. Piccadilly Circus terkenal dengan papan iklan elektroniknya. Ibaratnya seperti Times Square dalam skala yang lebih kecil. Lokasinya tak jauh, hanya 4-10 menit dari Big Ben.

piccadilly2

Sejak tahun 1990, gedung-gedung di Piccadilly Circus sudah dipenuhi berbagai macam papan reklame yang bersinar terang. Awalnya pakai lampu bohlam, lalu seiring teknologi berkembang lampu bohlam diganti dengan lampu neon, dan akhirnya berubah sepenuhnya menjadi layar LED. Sekarang sih hanya ada satu gedung yang masih memasang reklame LED tersebut.

piccadilly3

Foto panorama Piccadilly Circus di tahun 2007. Kalau sekarang sih, reklame Sanyo dibawah sudah diganti dengan Hyundai.

bondst1

Also, disini ada sedikit implikasi kalau Shino pergi ke stasiun Paddington lewat jalur London Underground. Kelihatannya Shino naik dari stasiun Bond Street. Tapi untuk apa Shino pergi ke Bond Street dari Piccadilly jika di sana ada stasiun juga?

bondst2

Stasiun Bond Street.

paddington1

Anyways, akhirnya Shino tiba di stasiun Paddington. Sebuah stasiun transit untuk beberapa kereta dan jalur London Underground. Ini adalah salah satu stasiun kereta tua yang berdiri sejak tahun 1854.

paddington2

Gambar diatas adalah pintu masuk stasiun lewat Praed Street. Gerbang ini mempertahankan gaya Victorian yang ikonik. Sayangnya di Street View, saya tak bisa bergerak lebih maju.

paddington3

Close-upnya kira-kira seperti ini.

paddington4
paddington5

Dan ini adalah bagian dalam peronnya.

trains

Untuk mencapai Wiltshire, Shino mengambil jalur kereta Swansea-London Paddington ke arah Swansea. Nantinya, Shino akan turun di stasiun Chippenham yang posisinya cukup dekat dengan Castle Combe. Waktu tercepat yang Shino habiskan sekitar 1 jam 16 menit. Oh ya, kereta biru dengan pintu merah dan bagian muka kuning itu bernama First Great Western.


This concludes the first part. Di bagian kedua nanti, kita akan pergi ke Castle Combe, melihat-lihat rumah Alice, dan juga bermain ke Bibury.

Referensi

In Case You Missed It...