September 10, 2014 — 4204 views

[Trending] Jafunisun, Band Sunda beraliran Japanese Rock

Hallo All! bertemu lagi dengan saya Fan24 di my.JOI. Untuk Artikel kali ini, saya akan sedikit membahas sebuah Band Sunda tapi beraliran genre musik Japanese Rock. Penasaran? mari disimak di bawah ini

Untuk yang mungkin weekend lalu ada yang datang ke acara Comic Frontier 4 di Gelanggang Remaja Otista, Jakarta Timur, mungkin sekilas mendengar lagu background music Saint Seiya berjudul Pegasus Fantasy yang disetel oleh Panitia. Tapi nyatanya, kok liriknya terasa berbeda dan begitupun nadanya. Lagu yang dikiranya Pegasus Fantasy yang disetel oleh Panitia tersebut ternyata adalah lagu yang dibawakan oleh Band bernama Jafunisun berjudul Tahu Sumedang. Loh kok judulnya Tahu Sumedang ya? Sebelum membahas lagu tersebut, saya akan menjelaskan siapa sih sebenarnya Band Jafunisun ini.

Mungkin beberapa ada yang sudah tahu tentang Jafunisun itu sendiri. Jafunisun adalah salah satu band yang menganut aliran Japanese Rock/Pop di Indonesia. Menggunakan bahasa sunda yang kemudian menjadi ciri khas keunikan dari Jafunisun yakni band sunda beraliran japanese atau band beraliran japanese dengan lirik bahasa sunda. Mulai dibentuk dari seonggok niat dan setumpuk (biar terkesan banyak) materi lagu yang dikarang oleh seorang pemuda bernama Agung yang kemudian mengajak temannya bernama Kashogie yang sudah lebih dulu berkarir sebagai personil band dari sebuah band beraliran metal cadas untuk membuat versi band dari lagu-lagu karangan Agung.

Lalu kemudian, diajaklah teman-teman dari band cadas Kashogie, yakni Bagas, Alit, dan Sigit. Dengan bergabungnya 3 orang lagi pada tahun 2011 maka dibentuklah sebuah band yang awalnya bernama Japanisun tapi kemudian tanpa ada pemberitahuan sebelumnya kepada para fans (saat itu belum ada), band ini mengganti namanya menjadi Jafunisun.

Band ini sempat membuat 2 video clip untuk 2 single mereka yang berjudul Ti Soreang Ka Kopo dan Kuring Bogoh Kamanehna yang kemudian hasilnya di unggah ke Youtube. Video klip nya bisa di check dibawah ini

Lalu pada tanggal 13 bulan Juli tahun 2011 secara meyakinkan Jafunisun merilis album pertama mereka yang berjudul Kahiji. Album yang berisi 9 track ini hanya dijual secara online, tidak dijual di distro atau toko kaset seperti band semestinya, ditambah lagi album perdana band yang kini beranggotakan 4 orang ini hanya dibanderol seharga Rp. 10.000,- (Sepuluh Ribu Rupiah) waktu itu.

Track list Album Kahiji :

  1. Abdi oge diantosan.
  2. Hatena.
  3. Kamana atuh gaya?
  4. Kunti.
  5. Ti Soreang ka Kopo
  6. Kuring bogoh ka manehna.
  7. Saingan.
  8. Sono ka imah.
  9. Sometimes silent is not gold.

nah lalu kenapa lagu Tahu Sumedang tidak masuk ke dalam Album tersebut? Ternyata lagu itu hanya sebatas lagu Parodi dari lagu Pegasus Fantasy oleh Make Up, sound track Saint Seiya. Lagu ini ternyata banyak disukai oleh beberapa kalangan khususnya kalangan penyuka lagu Japanese karena liriknya yang lucu dan memakai lirik bahasa Sunda. Lagu dan Video Klip nya bisa di check di Youtube berikut ini.

Oke jadi itulah sekelebat Info tentang Band Jafunisun. Apakah kalian tertarik mencoba membeli Album nya? xD

Official Website : jafunisun.com

Official Facebook Fanpage : Jafunisun

Official Twitter : @jafunisun

===================================================

Sumber : Chandra Dwi Putra Blogspot, Abumie WordPress

See you next time, Jaa-Nee~