August 26, 2014 — 5521 views

Mhmmm… MANDOM

Anak kecil kadang senang meniru hal-hal yang menurutnya menarik. Dan ketika seorang anak SD bernama Kotoishi Naru menonton satu iklan jadul ini, dia tiba-tiba terinspirasi untuk belajar mengeja huruf katakana sembari memasang ekspresi maskulin.

mandom

One liner yang muncul di anime Barakamon ini bukan sebuah one liner asal. Ini merupakan sebuah parodi dari iklan produk perawatan tubuh pria Mandom yang tayang tahun 1970.

parfum
Mandom merupakan rangkaian produk parfum, lotion serta tonic rambut khusus pria yang dikeluarkan oleh Mandom Corporation. Mungkin kalian mengenalnya sebagai produsen produk Gatsby, Pixy, Pucelle, Spalding, Johnny Andrean, dll.

Parfum Mandom diluncurkan pertama kali tahun 1970. Dengan filosofi “human freedom” (makanya diberi nama Mandom), Mandom ternyata sukses di pasaran. Ini tak lain dan tak bukan adalah berkat strategi marketing yang pintar dengan menggandeng bintang Hollywood, Charles Bronson.

Dalam iklan Mandom, Bronson memperlihatkan apa yang biasanya laki-laki maskulin lakukan. Beliau pulang ke apartemennya setelah mendengarkan musik di kafe, merokok lewat pipa, lalu membuka pakaiannya untuk membubuhkan parfum Mandom disekujur tubuhnya.

Bayangan-bayangan fantasi Bronson pun muncul dimana dia melompat sembari menembak pistol dan menunggang kuda. Lalu one liner yang legendaris itu pun muncul.

Mhmmm… Mandom.

bronson
Kesuksesan Mandom ini pun menjadi tren dimana produk lain mulai menggunakan jasa bintang barat untuk mempromosikan barangnya. Nama Mandom kini digunakan menjadi nama Mandom Corporation (sebelumnya bernama Tancho dan Kintsuru).
Iklan Mandom versi Charles Bronson ini tak hanya ada satu jenis saja. Sejauh pencarian saya terdapat dua lagi iklan Mandom yang menampilkan Bronson menunggangi kuda ditengah-tengah gurun Amerika. Sesekali dia berhenti diatas tebing dan mengagumi pemandangan alam. Beberapa kali juga dia berhenti di mata air dan menyiram wajahnya dengan air yang dia tampung di topi koboinya itu. Perbedaan hanya durasinya saja.

Saya juga mendengar masih ada dua iklan lagi dimana Bronson menangkap dengan tangan kosong serta melemparkan kartu yang BISA MENGELUARKAN SINAR LASER. Sayangnya hingga saat ini saya belum menemukannya.

Tapi mau tahu apa yang tetap sama?

Mhmmm… Mandom.

mandom1
mandom2
mandom3
mandom4
mandom5

Tak hanya populer sebagai produk kecantikan, Mandom juga punya lagu temanya sendiri! Adalah seorang Jerry Wallace, musisi country dan pop Billboard Hot 100. Lagu yang muncul dalam iklan Mandom ini berjudul Mandom~Otoko no Sekai, dan menjadi satu-satunya single best selling Jerry Wallace yang dijual eksklusif di Jepang.

Kharisma Bronson sebagai bintang iklan Mandom juga menyihir komposer Friedrich Paravicini yang menelurkan album Mr. Mandom berisi 13 score instrumental yang terinspirasi dari film-film Bronson.

* UPDATE * Grup The Bronsons juga punya cover versi mereka sendiri dengan bahasa Jepang.

Jika Mandom cukup manly untuk Bronson dan Naru, Mandom juga cukup manly untuk kalian.

Mhmmm… Mandom.

manly

Referensi

In Case You Missed It...