August 21, 2014 — 17677 views

[Nostalgia Game] Yu-Gi-Oh! Forbidden Memories


Sebuah game trading card paling menarik dan paling heboh sepanjang sejarah, gamer mana sih yang belum pernah dengar dengan judul game Yu-Gi-Oh! Shin Duel Monsters atau biasa lebih kita kenal dengan nama Yu-Gi-Oh! Forbidden Memories. Dirilis pertama kali pada 9 Desember 1999 barulah tahun 2002 dirilis untuk regional Amerika Utara dan juga Eropa, game yang dibuat dalam naungan besar developer game Konami Computer Entertainment Japan berhasil mendapatkan tempat dihati para gamer diseluruh dunia. Terbukti meski sudah hampir 1 dekade lebih game akan tetap nyaman untuk dicicipi kembali.

Plot

Diposisikan sebagai game yang diambil dari adaptasi anime dan manga Yu-Gi-Oh! dengan menjadikan Atem/Yugi Mutou sebagai protagonis utama. Meski plot cerita tidak semuanya sesuai seperti anime maupun manganya tapi hampir sebagian besar tokoh maupun kartu yang dihadirkan sesuai dengan anime maupun manganya.

Permainan dimulai di Mesir kuno, dengan Pangeran Atem yang menyelinap keluar dari istana untuk melihat teman-temannya, Jono dan Teana, yang berada di lapangan duel. Sementara di sana, mereka menyaksikan upacara yang dilakukan oleh penyihir. Setelah upacara, Atem berduel dengan salah satu imam, yang bernama Seto, dan berhasil mengalahkannya.
Ketika Atem kembali ke istana, ia dengan cepat menuju ke tempat tidur dengan Simon Muran, guru dan penasihat. Setelah Simon berjalan keluar, ia diberitahu oleh penjaga bahwa imam besar Heishin telah menyerang istana, menggunakan sihir aneh.

Muran mencari Heishin. Ketika Muran menemukan dia, Heishin mengatakan Muran bahwa ia telah menemukan Kekuatan Gelap, kemudian menggunakan Millenium Rod untuk meledakan Muran. Ketika Heishin menemukan Atem, ia mengancam untuk membunuh raja Mesir dan ratu jika ia tidak menyerahkan Millenium Puzzle. Muran muncul di belakang Heishen dan memberitahu Atem untuk menghancurkan Millenium Puzzle. Atem menyetujuinya dan Muran menyegel dirinya serta Atem dalam Millenium Puzzle dan menunggu seseorang untuk menyatukan pecahan Millenium Puzzle itu kembali.

5000 tahun berselang, Yugi Mutou berhasil menyatukan kembali Millenium Puzzle dan dari sini lah perjalanan panjang atem/Yugi Mutou dimulai.

Apa yang saya sukai dari seri game ini?

Entah karena perasaan pribadi yang sudah jadi penggemar berat anime dan juga manganya atau tidak, Yu-Gi-Oh! memang terhitung memberikan dampak yang luar biasa pada jamannya bahkan hingga saat ini jenis permainan kartu yang satu ini tetap menunjukan eksistensinya.

Seperti Yu-Gi-Oh! pada anime.

Mengembangkan sebuah game trading card pada tahun itu bukanlah sebuah perkara yang mudah dimana animo masyarakat tentang anime maupun juga manganya tersara begitu besar. Hal tersebut membuat KONAMI Japan berfikir keras apa saja yang akan ditampilkan pada game ini.

Dengan menhadirkan begitu banyak tokoh dengan beberapa tokoh yang sama seperti anime/manganya dan beberapa tokoh yang dibuat entah dari mana inspirasinya membuat duel menjadi lebih menarik.
Visual pertarungan monsterpun dibuat seperti pada animenya, kita bisa melihat monster kita menyerang monster lawan dengan menekan salah satu tombol pada stik, dan baaam.

Kombinasi kartu


Kartu-kartu pun dapat dikombinasikan dengan kartu lain untuk mendapatkan kartu dengan serangan yang lebih besar, namun dikala internet yang serba terbatas dan harga majalah yang masih sangat mahal pada waktu itu, membuat kita suka asal-asal menkombinasikan kartu, tapi disitulah hal yang saya rasa asik.

Apa yang saya benci dari game ini?

Frustasi


Kartu yang ditawarkan sangat dibawah standar, anda akan luar biasa sekali bisa menamatkan game ini tanpa bantuan Game Shark. Tanpa bantuan itu, sulit sekali rasanya untuk menamatkan game ini.

Password / Cheat Mode

Sebuah menu yang secara jelas ditampilkan dan hanya terdapaat pada game-game klasik juga menjadi salah satu fitur yang dapat anda temukan pada game ini.
Dengan cara memasukan password anda akan dengan mudah mendapatkan kartu yang anda inginkan, tetapi anda harus mengobarkan starchip yang sudah dikumpulkan. Padahal mengumpulakn starchip saja susahnya setengah mati dan untuk Blue Eyes White Dragon anda paling tidak membutuhkan 999939 starchip, password macam apa yang harus dibayar dengan susah keras, What the hell,.

Sistem 2 Player


Entah kenapa ada fitur 2 player pada game adu kartu yang satu ini, dimana kita bisa melihat kartu lawan dengan jelas. Mungkin ini bisa disebut adu untung-untungan.

Sensasi setelah memainkan kembali.

Game klasik yang satu ini memang benar-benar seperti anggur, yang semakin tua akan semakin nikmat dan bernilai.

Game yang satu ini akan memberikan anda rasa frustasi dalam bermain, kartu lemah yang dihadirkan pada awal permainan dan susahnya mendapatkan kartu kuat membuat anda mungkin tidak akan pernah menamatkan game yang satu ini.
Namun, rasa frustasi akan game ini akan selalu dikenang oleh para gamer yang sudah pernah memaikan Yu-Gi-Oh Forbidden Memories tanpa bantuan Game Shark atau sebangsanya. Bagi anda yang belum pernah mencobanya dan penasaran dengan apa yang saya bicarakan tidak anda salhanya untuk mencoba memainkan game PS 1 berjudul Yu-Gi-Oh! Forbidden Memories, selamat mencoba. :D

sumber:
http://en.wikipedia.org/wiki/Yu-Gi-Oh!ForbiddenMemories
gambar diambil secara acak menggunakan google gambar

In Case You Missed It...