August 21, 2014 — 3313 views

[Cosplayer Spot] Sukirto, kombinasi Kirito dari Anime Sword Art Online dengan Pendekar Jawa

Halo semua! Bertemu lagi dengan saya Fan24 di my.JOI .

Mungkin beberapa dari kalian pasti sudah tahu siapa itu Kirito kan? yap, dia adalah sang Protagonis dari Anime Sword Art Online. Bernama lengkap Kirigaya Kazuto, menceritakan seorang Gameplayer yang terjebak di dalam dunia game yaitu Sword Art Online dimana jika player mati, maka dia juga akan mati di dunia nyata. Kirito berusaha bertahan hidup demi bisa keluar dari game mematikan tersebut.

Tapi disini saya tidak sedang membahas Anime tersebut, saya disini ingin memberikan pengalaman saya bertemu dengan orang bernama Sukirto. Siapa dan apa sih sebenarnya Sukirto ini? Mari silahkan membaca dibawah ini.

===============================================

Jadi pada pekan lalu, saya datang ke Event tahunan di Jakarta yaitu Anime Festival Asia Indonesia 2014. Acara ini diadakan di Jakarta Convention Centre mulai dari 15 Agustus 2014 – 17 Agustus 2014. Acara yang diadakan rutin setiap tahunnya mulai dari tahun 2012 ini menyuguhkan banyak sekali yang berhubungan dengan Jepang. Seperti banyaknya pernak-pernik Official asli dari Jepang, adanya Guest Cosplayer Internasional yang datang dan sebagainya.

Kebetulan pada saat disana, saya bertemu dengan salah satu Cosplayer yang menurut saya unik dan menarik. Saya melihat cosplayer tersebut meng-cosplaykan karakter Kirito dari Sword Art Online tetapi dalam kostumnya ada unsur motif batiknya. Sontak, karena saya penasaran saya langsung interview sedikit mengenai beliau

===============================================

Sukirto, begitulah panggilan yang biasa diucapkan ketika bertemu dengan Cosplayer Kirito versi batik ini. Karakter ini diCosplay-kan sendiri oleh sang creatornya, David Widyatmojo. Beliau berasal dari luar Jakarta yaitu Surakarta, Solo, Jawa Tengah.

Karakter Sukirto ini sendiri asalnya adalah dari sebuah Kombinasi antara Kirito asli dari Sword Art Online dengan seorang Pendekar Jawa. Beliau mengungkapkan Konsep dasar dan tujuannya sendiri adalah untuk mencoba memadukan budaya Lokal dengan Anime itu sendiri.

Konsep Desain Sukirto BBO

Photo by Tako Photo Collection

Lantas, kenapa beliau ingin Cosplay menjadi Sukirto ini? Beliau berkata bahwa beliau pada awalnya ingin sekali Cosplay menjadi Kirito, tetapi beliau melihat bahwa di setiap Acara Japan Fest dimanapun pasti beberapa ada yang Cosplay menjadi Kirito, kadang cuman 1 bisa juga banyak. Istilahnya terkesan biasa saja atau Mainstream di mata orang lain.

Karena melihat banyak nya Cosplayer Kirito yang terkesan Mainstream, beliau inisiatif ingin membuat Cosplay Kirito lain dari yang lain dengan mencoba memadukan budaya Indonesia ke dalam unsur Cosplay nya, maka lahirlah Sukirto

Lalu bagaimana tanggapan dan reaksi orang-orang begitu melihat adanya Sukirto ini? Beliau mengatakan beberapa orang banyak mengatakan kalau aksi beliau cukup kreatif dan berani seperti mengubah pedangnya menjadi Keris, Jubah nya dimasukkan unsur batik dan sebagainya.

Disamping itu, beliau juga mengatakan bahwa beberapa orang masih menganggap Sukirto ini merusak karakter asli dari Kirito itu sendiri, dan beberapa orang juga banyak mencemooh beliau. Banyak yang menganggap bahwa ide nya cukup terkesan “gila” karena membuat Cosplay yang mainstream jadi Anti-Mainstream. Tetapi disamping itu, dukungan terhadap Sukirto ini mendapat banyak apresiasi dan kesan positif mulai dari kalangan penyuka jepang hingga Cosplayer lokal dan mancanegara.

Beliau juga berkata bahwa membuat karakter Sukirto ini adalah membuat sesuatu yang out of the box serta juga membuat gebrakan baru untuk Cosplay Indonesia karena jarang ada yang membuat cosplay versi jawa.

Lalu di akhir sesi interview, beliau memberikan pesan :
ingat siapa jati diri kalian, kalian adalah orang Indonesia mempertahankan budaya juga penting tidak hanya sekedar cosplay ala luar negeri, berbanggalah dengan budaya leluhur kalian, buat mereka bangga dengan mempertahankan warisan mereka

Check his awesome Cosplay on :

Facebook : David Widyatmojo

WorldCosplay : DaveMeong

===============================================

Jadi itulah sesi Interview saya dengan mas David alias Sukirto. Tidak masalah seberapa anda cintanya dengan budaya negara lain tetapi jangan melupakan budaya sendiri dan identitas diri bangsa kita sendiri.

See you next time again, Jaa-nee ~

In Case You Missed It...