August 8, 2014 — 5143 views

9 Musisi Korea Yang Menghiasi Theme Song Anime

ao-ex

Ada yang bilang orang Korea Selatan itu nonexistant di Jepang. Tak bisa dipungkiri jika sentimen masa lalu membuat masyarakat kedua negara belum bisa benar-benar akur. Tapi tidak di dunia anime! Seperti yang kita tahu, Park Romi itu blasteran Korea, “Winter Sonata” punya animenya juga, dan ada banyak serial anime-manga yang diadaptasi kedalam bentuk drama Korea. Beberapa diantaranya bagus, dan ada juga yang benar-benar “beda” (ehem, “City Hunter”?).

Dari segi anisong, bersyukurlah karena batasan-batasan yang menghalangi goodwil kedua negara itu hampir tidak ada. Memang benar musik adalah bahasa universal! Berikut ini adalah 9 musisi Korea (lebih tepatnya K-Pop sih) yang mengisi opening, ending, ataupun soundtrack anime.

Clazziquai Project

clazzi
Members: Kim Sunghoon/DJ Clazzi (DJ, synth, programming), Horan (vocal), Alex Chu (vocal), Christina Chu (vocal, uncredited)

Kita mulai dulu dari yang cukup “indie” meskipun sebenarnya nama mereka sudah cukup besar. Clazziquai Project, merupakan project musik eksperimental dari DJ Clazzi yang awalnya dimulai bersama dua sahabatnya, kakak beradik Alex dan Christina. Belakangan mendekati debutnya di tahun 2004, Christina mulai sibuk dengan pekerjaannya di Kanada sehingga menjadi anggota nonaktif. Posisinya lalu diisi oleh vokalis lainnya, Horan.

Memiliki basis musik elektronik, DJ Clazzi menyuguhkan sebuah fusi antara musik acid jazz, soul, pop, house dan tentu saja electronica. Popularitasnya di Korea juga terbawa ke Jepang, dimana nama Clazziquai disetarakan dengan musisi elektronik kawakan seperti Yasutaka Nakata, Fantastic Plastic Machine dan Shinichi Osawa. Mereka juga punya gamenya sendiri loh!

Anyway, keterlibatan mereka di ranah anisong ternyata terpisah-pisah. DJ Clazzi sendiri diminta menciptakan lagu untuk Asami Izawa. “Battlefield of Love” pun hadir sebagai lagu opening ketiga anime “Angel Heart”.

Alex berkolaborasi bersama m-flo dalam lagu “Love Me After 12AM”, soundtrack film anime “Appleseed Ex-Machina”.

Sayangnya Horan belum kebagian peran, tapi untunglah Clazziquai besama-sama lagi di “The Wizard of OZ”, lagu tie-in dari film anime “Summer Wars”.

ESTi

esti

Musisi freelance dan anggota grup soundTEMP bernama asli Park Jinbae ini sudah menciptakan banyak sekali lagu untuk berbagai video game. Awalnya ESTi membuat musik di game-game lokal dan online seperti Ragnarok Online, EZ2DJ, DJMAX, PangYa, Granado Espada, Tales Weaver, Magna Carta, dll. Kemudian ESTi menjadi bagian dari komposer-komposer game Namco. Sejauh ini ESTi berpartisipasi di game Ridge Racer dan THE iDOLM@STER.

Saya pribadi menyukai lagunya yang berjudul “Ladymade Star” dari DJMAX. Ini adalah lagu pop manis hasil kolaborasi dengan vokalis Sanch dan mangaka Tiv. Sampai sekarang saya masih berharap Tiv membuat manganya. I just can’t get enough of Sera and Nina Klatt’s cute antics.

Ngomong-ngomong soal Sanch, keduanya juga membuat soundtrack untuk serial “Twinkle Crusader”.

Ehm, kembali ke Anisong. Karena iDOLM@STER mendapatkan adaptasi anime, tentunya ada beberapa lagu yang ditampilkan disana. Beruntungnya, lagu ESTi pun ikut tampil. “Little Match Girl” merupakan lagu maut dari Hagiwara Yukiho yang mendapatkan rasa percaya dirinya. Lebih maut lagi di M@STER VERSION karena Yukiho berduet dengan Kisaragi Chihaya.

Menariknya, versi demo “Little Match Girl” dengan vokal Sanch muncul di akun Soundcloud milik sang vokalis. Yang satu ini terasa lebih imut.

FTISLAND

ftisland
Members: Choi Jonghoon (guitar, keyboard), Lee Hongki (lead vocal), Lee Jaejin (bass, vocal), Song Seunghyun (guitar, vocal), Choi Minhwan (drum)

Band bergenre pop-rock yang diorbitkan sebagai boyband? Ha! Memang cukup bingung juga apa harus mengkategorikan musik mereka sebagai musik pop rock atau tipikal K-Pop, but that’s how it is. Fans menyanjung mereka tak hanya karena wajah yang rupawan, tapi skill bermusik yang juga oke.

Merupakan singkatan dari “Five Treasure Island”, mereka pertama kali debut di Korea tahun 2007, lalu debut Jepang tahun 2008. Tapi di tahun 2011 lah mereka terpilih mengisi ending anime “Toriko” dengan lagu “Satisfaction”.

Di tahun 2012, mereka kembali mengisi opening anime. Kali ini adalah anime-nya Leiji Matsumoto, “Ozma” dengan lagu “Neverland”.

MBLAQ

mblaq
Members: Yang Seungho, Jung Byunghee/G.O, Lee Changsun/Lee Joon, Park Sanghyun/Cheondung, Bang Cheolyong/Mir

Nah, kita mulai masuk ke ranah boyband/girlband murni lewat MBLAQ – alias Music Boys Live in Absolute Quality. Mereka debut pertama kali di tahun 2009 dalam salah satu konser Rain. Masuk akal, karena MBLAQ dibentuk atas prakarsa penyanyi R&B, aktor dan produser terkenal itu.

Sepengetahuan saya baru ada satu lagu MBLAQ yang muncul dalam anime, yaitu “Baby U!” di anime “Beelzebub”.

PURETTY

puretty
Members: Yoo Hyein, Cho Siyoon, Yoon Chaekyung, Jeon Somin, Jeon Jaeeun

Mungkin kalian berpikir, ini kan karakter-karakter dari anime “Pretty Rhythm”! Memang benar kok, tapi PURETTY juga merupakan girlband asli yang memang benar-benar dibentuk oleh DSP Media sebagai “adik” dari KARA. Pure dan Pretty, itulah PURETTY.

puretty2

Mereka debut di anime “Pretty Rhythm: Dear My Future” dengan dua lagu: “Cheki Love” dan “Shuwa Shuwa Baby”. Jika lagunya dinyanyikan oleh kelima anggota original, suara mereka ketika berdialog menggunakan seiyuu asli Jepang. Kanae Ito sebagai Hyein, Miyake Marie sebagai Somin, Kane Kaori sebagai Shiyoon, Akesaka Satomi sebagai Chaekyung, dan Yonezawa Madoka sebagai Jaeeun.

Nama PURETTY sepertinya akan tetap abadi dalam dunia “Pretty Rhythm” karena grup aslinya baru saja bubar tahun ini, dan sebagian anggotanya diikutkan kedalam “Kara Project”. Beberapa diantaranya memutuskan untuk melanjutkan sekolah.

KARA

kara
Members: Park Gyuri, Han Seungyeon Goo Hara Jung Nicole, Kang Jiyoung

Yang satu ini juga sudah punya animenya sendiri. KARA saat ini terdiri dari Gyuri, Seungyeon dan Hara, sementara Nicole dan Jiyoung telah mengundurkan diri. Sayang sekali padahal. But anyway, kalian yang pernah main DJMAX atau Pump it Up pasti tahu mereka. Atau ada yang kenal mereka lewat goyang pinggul di lagu “Mister”?

kara2

Mereka hadir di anime mereka sendiri, “KARA The Animation”. ONA yang terdiri dari 5 episode ini menampilkan kelima anggotanya dalam setting ala Barbie yang mencoba berbagai profesi berbeda, seperti polisi atau astronot. Tentu saja mereka mengisi dua lagu temanya, “Beautiful Night” dan “Love Letter”.

2PM

2pm
Members: Kim Minjun/Junsu, Nichkhun Buck Horvejkul, Ok Taecyeon, Jang Wooyoung, Lee Junho, Hwang Chansung

Ah, teringat kembali masa-masa pertama mendengar lagu K-Pop di anime. 2PM adalah boyband yang memiliki kesan powerful, gahar serta hot. Lewat performance yang cepat, mengkombinasikan K-Pop dengan rap dan dansa b-boy membuat 2PM terlihat kontras dengan grup saudaranya yang merupakan spesialis lagu ballad, 2AM. Also, 2PM berada dibawah naungan taipan musik Park Jinyoung. Jadi jangan kaget jika dalam beberapa lagu mereka akan terdengar suara laki-laki yang mengucapkan inisial namanya sembari mendesah. JYP~

Lagu anime mereka baru ada 1, yaitu “Take Off” sebagai ending pertama anime “Ao no Exorcist”. Lagu ini segera menjadi hit karena basically ini adalah lagu fanservice. Tak lupa juga dengan karakter-karakter anime yang memparodikan koreografi dansa “Take Off”! Sebuah start yang bagus dalam debut di pasar musik Jepang.

TVXQ!

tvxq
Members: Jung Yunho/U-Know, Shim Changmin/Max
JYJ: Kim Jaejoong/Hero, Park Yoochun/Micky, Kim Junsu/Xiah

Hooo, sudah masuk ranah dedengkot rupanya. TVXQ!, atau Tong Vfang Xien Qi, atau DBSK, atau Dong Bang Shin Ki, atau Tohoshinki, atau Rising Gods of the East, atau terserah apapun kalian mau memanggilnya… merupakan salah satu boyband K-Pop angkatan tua yang saat ini masih aktif. But not really “active” though, karena saat ini TVXQ! terpecah menjadi dua karena sengketa kontrak dengan agensi mereka, SM Entertainment. Yunho dan Changmin memutuskan untuk tetap di TVXQ!, sementara Jaejoong, Yoochun dan Junsu yang tak puas dengan kontrak tersebut memilih berpisah dan membentuk JYJ.

But back in the day, mereka benar-benar digilai. Baik di Korea, Jepang, bahkan Tiongkok. TVXQ! mengisi lagu untuk serial “One Piece”. Single mereka berjudul “Share the World / We Are!” bahkan dilabeli sebagai “Single One Piece” karena seluruh lagunya muncul di anime itu.

So let’s talk about that, shall we? Didalamnya terdapat lagu “Asu wa Kuru Kara” dan “Share the World”, mansing-masing hadir di anime “One Piece” tahun 2006 dan 2009.

Sementara itu “We Are!” adalah cover dari opening sebelumnya yang dibawakan oleh Kitadani Hiroshi.

BoA

boa

Aw yeah, ratu K-Pop Kwon Boa juga tak mau ketinggalan! Telah hadir sejak tahun 2001, BoA sudah mengguncang industri musik Korea dan Jepang, hingga namanya sangat akrab di kedua negara. Di titik ini saya sendiri bahkan bingung apakah BoA sebenarnya penyanyi J-Pop atau K-Pop.

Ada tiga anime yang pernah menampilkan BoA. Pertama, masih ingat anime “Inuyasha”? BoA hadir dengan lagu “Every Heart ~Minna no Kimochi~” sebagai lagu ending ke-4.

Selanjutnya adalah “Beside You ~Boku wo Yobu Koe~” di anime “Monkey Typhoon”.

Ada pause yang cukup lama hingga single BoA yang paling baru, “Masayume Chasing” hadir sebagai opening anime “Fairy Tail” terbaru.

Ada Lagi?

Not actually. Saya hanya sekedar “ngarep” dan kecewa karena anime “Blade & Soul” tidak menghadirkan lagu tema gamenya, “Find Your Soul” dari SNSD. Because, come on! It’s Girls’ Generation!

Lalu sebagai info, lagu “i am”-nya hitomi yang jadi opening anime “Inuyasha” punya versi Koreanya yang dinyanyikan Choi Sooyoung, salah satu anggota SNSD.

Saya agak heran juga kenapa sampai sekarang mereka belum hadir dalam opening/ending anime. Insert song lah minimalnya. Mungkin karena jual mahal? Atau lagi-lagi saya yang terlalu “ngarep”?

Referensi

  • Wikipedia
  • Last.fm
  • VGMdb

In Case You Missed It...