August 6, 2014 — 2176 views

Berapa Keuntungan Penerbit Indonesia Bila Pembaca Mangascan Membeli Edisi Resmi?

Jika sebelumnya saya pernah menulis sebuah artikel tentang asumsi pendapatan Hajime Isayama dari Shingeki no Kyojin kali ini saya akan kembali membuat artikel yang berkaitan dengan keuntungan dan komik, kali ini saya akan mencoba mengasumsikan “Berapa keuntungan penerbit apabila pembaca sebuah situs mangascan di Indonesia mau membeli komik resmi setiap bulannya, minimal satu”

Seperti biasa semua angka dibawah adalah asumsi saya belaka, saya usahakan semua asumsi saya berdasarkan sumber yang ada, tapi harap dimaklumi kalau ada beberapa yang benar-benar nebak dan pastinya angka ini akan berbeda dengan aslinya :)

Diantara kalian pasti ada yang pernah membaca artikel di JOI mengenai proses lisensi manga dan light novel, kalau artikel tersebut memang benar berarti beberapa faktor yang dapat mempengaruhi keuntungan penerbit adalah, pasar jumlah pembaca yang ada, royalti yang harus dibayarkan ke penerbit dan pengarang asli, pajak dari setiap buku yang dijual, biaya produksi mulai dari percetakan, penerjemah dan sebagainya, selain itu ada juga diskon dari toko buku dimana komik tersebut dijual. Saya coba uraikan satu persatu.

Pembaca Mangascan di Indonesia

Untuk mengetahui jumlah pembaca mangascan di Indonesia saya mengambil data sebuah situs dari website similarweb.com (namun karena peraturan di my.JOI saya tidak bisa memberitahu nama situs yang dimaksud). Berdasarkan data di situs tersebut diketahui pengunjung sebuah situs mangascan di Indonesia adalah 3,8 juta orang dengan 80%nya berada di Indonesia, sehingga saya asumsikan ada sekitar 3 Juta pengunjung situs tersebut yang tinggal di Indonesia.

Harga Komik di Indonesia

Saat ini harga komik di Indonesia sekitar Rp 18.500 per jilid, namun itu adalah harga setelah pajak. dengan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) 10% berarti harga buku sebelum pajak adalah sekitar Rp 16.820 (pembulatan keatas)

Royalti yang harus dibayarkan

Disebutkan bahwa royalti yang harus dibayarkan bervariasi tergantung judul dan penerbit, tapi kembali saya menggunakan royalti yang pernah disebutkan di artikel saya sebelumnya yaitu 10% dari harga buku.

Estimasi Biaya Produksi

Biaya produksi ditentukan oleh biaya percetakan, penerjemah dan lain-lain. Hanya saja karena saya tidak memiliki data lengkap mengenai ini, saya perkirakan biaya produksi buku adalah sekitar 20% dari harga jual.

Diskon Toko Buku

Disebutkan bahwa salah satu toko buku di Indonesia meminta potongan sebesar 55% dari harga buku.

Dari data-data diatas berikut adalah hasil estimasi keuntungan setiap bulannya yang didapatkan sebuah penerbit apabila setiap pembaca situs mangascan di Indonesia memutuskan untuk membeli satu jilid komik resmi setiap bulannya.

Estimasi pengunjung situs 3.800.000
Estimasi pengunjung dari Indonesia (80%) 3.040.000
Harga buku sebelum pajak Rp 16.820
Pendapatan kotor Rp 51.132.800.000
Estimasi diskon toko buku Rp 28.123.040.000
Estimasi royalti Rp 5.113.280.000
Estimasi biaya produksi (20% harga jual) Rp 10.226.560.000
Estimasi biaya keseluruhan Rp 43.462.880.000
Estimasi keuntungan Rp 7.669.920.000

Sekitar 7,6 Milyar Rupiah per bulan. Jika hal tersebut terus terjadi sepanjang tahun, bisa diperkirakan bahwa sebuah penerbit akan mendapatkan keuntungan sekitar 92 Milyar Rupiah per tahun, tentu saja kembali saya ingatkan angka tersebut hanyalah asumsi semata, selain itu saya juga membuat asumsi diatas tanpa memperhitungkan biaya lainnya seperti pegawai, pajak perusahaan, dan biaya lainnya.

Seperti biasa kalau ada perbaikan dari hitungan saya dan komentar silahkan ditulis di kolom komentar dibawah :D

sumber: JOI, Hubpages, Similarweb, wikipedia

In Case You Missed It...